Bali Denpasar

Walikota Jaya Negara Hadiri Pujawali di Pura Dangkhyangan Payogan Agung Segara Rupek.

DenpasarViral.com - ist

DENPASARVIRAL.COM, Denpasar – Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menghadiri Pujawali di Pura Dangkahyangan Payogan Agung dan Pura Beji Segara Rupek yang berlokasi di Kawasan Taman Nasional Bali Barat, Buleleng, bertepatan dengan Tilem Sasih Sadha, Kamis, (6/6). Dalam kesempatan tersebut, Walikota Jaya Negara yang didampingi Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana ini turut mengikuti rangkaian upacara sejak awal dan turut serta ngayah mundut Ida Bhatara.

Rangkaian upacara berlangsung khidmat yang dimulai dari Ngias Ida Bhatara, Melasti, Puncak Pujawali dan Meecan-ecan. Diiringi suara kidung dan gambelan Bali, rangkaian upacara juga turut dipentaskan Tari Rejang Dewa, Tari Topeng Wali, dan Topeng Sidakarya. Seluruh rangkaian pujawali di akhiri dengan persembahyangan bersama yang dipuput Ida Pedanda Siwa Budha.

Klian Desa Adat Sumber Klampok, I Putu Artana selaku pengempon pura mengatakan, Pujawali di Pura Payogan Agung dan Pura Beji Segara Rupek jatuh setiap tahun sekali bertepatan dengan Tilem Sadha. Dimana, rangkaian upacara telah dimulai sejak Rabu (5/6) malam yang diawali dengan Ngiad Ida Bhatara. Sedangkan Puncak Pujawali berlangsung pada Kamis (6/6) bertepatan dengan Tilem Sadha.

Dikatakannya, selama rangkaian pujawali, Ida Bhatara Nyejer selama tiga hari yang setiap harinya dilaksanakan Bhakti Penganyar. Sedangkan Penyineban akan dilaksanakan pada Redite Paing Wuku Ugu pada 9 Juni mendatang.

“Semoga dengan pelaksanaan Pujawali ini dapat memberikan kesejahteraan bagi seluruh umat manusia serta semua umat dalam lindungan Ida Sang Hyang Widi Wasa,” ujarnya

Related posts

Asam Lambung Sering Naik di Malam Hari? Yuk Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya!

admin

5 Cara Alami Mengatasi Kulit Wajah Kusam Agar Tetap Terlihat Sehat dan Glowing

admin

Agar Luka Cepat Sembuh, Sebaiknya Luka Ditutup atau Dibiarkan Terbuka Ya?

admin