Bali Denpasar

KPK RI Adopsi Aplikasi “SIMATA” Pemprov Bali untuk Rekrutmen JPT di Lingkungan KPK

DenpasarViral.com - ist

DENPASARVIRAL.COM, Denpasar – Sekretaris Daerah (Sekda) Prov Bali Dewa Made Indra menyatakan kebanggaannya karena aplikasi Sistem Informasi Manajemen Talenta (SIMATA) Pemprov Bali menjadi salah satu rujukan Aplikasi Manajemen Talenta oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI dalam rekrutmen Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) di lingkungan KPK RI.

Hal tersebut disampaikannya saat memberikan sambutan pada acara “Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Aplikasi Sistem Manajemen Talenta” antara KPK RI dan Pemprov Bali bertempat di Hotel Arya Duta, Kuta, Badung, pada Rabu (5/6).

“Dengan segala kerendahan hati, ini merupakan sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi kami, aplikasi yang baru dikembangkan bisa menjadi rujukan dan bahkan diadopsi oleh KPK RI dalam rekrutmen JPT di lingkungan KPK,” ujarnya pada kesempatan pagi itu, sembari menambahkan jika KPK RI tentu bisa menyempurnakan aplikasi tersebut jika diterapkan di lingkungan KPK.

Ia pun mengatakan bahwa aplikasi SIMATA sampai digunakan di Bali juga berkat dorongan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk menerapkan sistem Manajemen Talenta dalam perekrutan JPT di Pemprov Bali, sehingga sistem seleksi lebih transparan dan JPT diisi oleh ASN berkompeten di bidangnya. “Ini tentu melalui proses yang cukup panjang dalam pengembangan aplikasi tersebut, hingga bisa diterapkan di OPD,” ujarnya.

Namun, birokrat asal Buleleng tersebut melanjutkan, jika pengalaman Pemprov Bali meraih peringkat pertama MCP KPK, yaitu sebuah upaya pencegahan korupsi secara preventif, selama dua kali berturut-turut menyulut semangat jajaran Pemprov Bali untuk menjalankan aplikasi SIMATA ini. “Dalam MCP Korsupgah (Pencegahan Korupsi Terintegrasi,-red), dijabarkan tujuh area intervensi, salah satunya manajemen Aparatur Sipil Negara yang mengatur rekrutmen ASN baru maupun JPT. Untuk itulah, kami bekerja keras menyempurnakan aplikasi ini,” imbuhnya.

Related posts

Pemkot Denpasar Siap Dukung “Lomba Mancing Air Deras” Desa Padangsambian Klod

admin

5 Cara Elegan Menghadapi Orang yang Bermuka Dua, Tetap Kendalikan Emosi!

admin

Dari Studi Komparasi Pokja Bunda PAUD Kota Denpasar Ke Pemkot Malang Gali Ilmu Dan Strategi Untuk Capai PAUD HI Berkualitas

admin