Badung Bali

Fasilitasi Pendaftaran HAKI, Sekda Dewa Made Indra Harap Terbangun Lembaga Kolaboratif

DenpasarViral.com - Istimewa

DENPASARVIRAL.COM, Badung – Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra menghadiri sekaligus memberi sambutan pada kegiatan Closing Ceremony IP Branding Project Bali di Padma Resort Legian, Kuta, Badung, Jumat (19/4).

Dalam sambutannya, Sekda Dewa Made Indra berharap melalui momen tersebut dapat semakin membuka wawasan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terkait Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI). Karena menurutnya selama ini HAKI yang lumayan banyak di Bali berjalan sendiri-sendiri tanpa proteksi, sehingga menimbulkan dampak kerugian ekonomi apabila ditiru dan dipasarkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

“Masyarakat kita kurang paham akan HAKI, sehingga tidak banyak yang mendapatkan manfaat ekonomi dari HAKI yang dimiliki. Maka melalui pertemuan ini yang diinisiasi Kemenparekraf bekerjasama Kementerian terkait, kami mewakili Pemerintah Daerah dan masyarakat Bali mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya atas kegiatan yang mendukung kemajuan masyarakat Bali,” ujar Sekda Dewa Made Indra.

Lebih jauh, menurut birokrat asal Buleleng ini, Pemprov Bali dari tahun 2019 telah berupaya menginventarisasi dan memfasilitasi masyarakat Bali dalam pengajuan pendaftaran HAKI , baik yang berasal dari personal maupun komunal.

“Dapat kami sampaikan, dari tahun 2019 Pemprov Bali telah memfasilitasi sebanyak 393 kepemilikan HAKI. 33 diantaranya untuk Kekayaan Intelektual komunal, dan sisanya sebanyak 360 yang bersifat personal. Untuk tahun 2024 kami telah menginventarisir lebih banyak. Melalui upaya sosialisasi sehingga pemahaman masyarakat lebih meningkat, animonya pun meningkat. Dengan begitu HAKI akan lebih terjaga, dan masyarakat pun mendapatkan manfaat nilai ekonomi yang lebih,” jelasnya merinci.

Selepas acara tersebut, Dewa Made Indra berharap terbangun penguatan kolaborasi kelembagaan yang lebih efektif, menghasilkan tindak lanjut di level Pemprov Bali guna penguatan langkah – langkah tindakan yang dilaksanakan dalam upaya peningkatan kepemilikan HAKI.

Related posts

Hargai Potensi Anak, Lakukan Tips Ini Untuk Tumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Serta Tetap Rendah Hati

admin

5 Resep Steak Tempe ala Rumahan, Soal Rasa Nggak Kalah Enak dengan Daging!

admin

Jokowi: Ekonomi Digital adalah Kunci Masa Depan Ekonomi Dunia

admin