Bali Budaya Denpasar

Makna Hari Siwaratri, Malam Perenungan Suci bagi Umat Hindu

DenpasarViral.com - Ilustrasi Dewa Siwa

DenpasarViral.com, Denpasar – Selain hari raya Galungan, Kuningan, dan juga Nyepi, umat Hindu di Bali juga mengenal hari Suci Siwaratri.

Hari Suci Siwaratri jatuh setiap 1 tahun sekali berdasarkan kalender Isaka yaitu pada purwaning Tilem atau panglong ping 14 sasih Kepitu (bulan ke tujuh) dalam perhitungan kalender bali sebelum bulan mati (tilem), dalam kalender Masehi jatuh setiap bulan Januari.

Setiap pelaksanaan hari suci tentunya dimaksudkan dengan tujuan-tujuan tertentu dan makna-makna khusus. Siwaratri merupakan hari suci yang disakralkan oleh umat Hindu dengan melaksanakan pemujaan terhadap Ida Sang Hyang Widi Wasa dalam manifestasinya sebagai Sang Hyang Siwa.

Hari Siwaratri menjadi hari baik bagi umat Hindu untuk melakukan brata semadi serta kegiatan penyucian dan perenungan diri juga melakukan pemujaan kepada Sang Hyang Siwa, karena dipercaya pada saat tersebutlah Hyang Siwa beryoga.

Siwaratri terdiri dari 2 kata yaitu “SIWA” dan “RATRI”. Dalam bahasa Sansekerta Siwa berarti baik hati, memberikan harapan, membahagiakan dan suka memaafkan, Siwa juga adalah sebuah nama kehormatan manifestasi Tuhan yaitu Dewa Siwa yang berfungsi sebagai pelebur atau pemrelina. Sedangkan Ratri berarti malam atau kegelapan.

Related posts

Biar Nggak Diremehkan Melulu, Ini 5 Alasan Kenapa Sesekali Membanggakan Diri Sendiri itu Perlu

admin

Instagram Minta pengguna Verifikasi Akun Lewat Video Selfie, Untuk Apa?

admin

Gelar Budaya Jayaning Nusantara Lepas Matahari 2023 di Kota Denpasar Walikota Jaya Negara: Kita Sambut Optimisme Kejayaan di Tahun 2024, Fokus Tuntaskan Program Kerja

admin