Life Style

Dear Parents, Berikut Tips Agar Anak Usia Remaja Mau Terbuka Kepada Orang Tua, Simak Yuk!

DenpasarViral.com - Ilustrasi

DenpasarViral.com, Life Style – Tak semua anak, khususnya remaja, mau berbagi cerita dengan orang tua. Takut dihakimi, dimarahi, dan mendapat ceramah adalah beberapa alasan yang membuat remaja enggan menceritakan kegiatan atau masalah yang dialami.

Psikolog klinis anak dan remaja, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, mengatakan sering mengajak mengobrol dan berdiskusi akan membuat anak lebih terbuka pada orang tua. Vera mengatakan sejak usia dini orang tua harus membiasakan diri untuk saling berbagi cerita. Bila tidak dilakukan, kebiasaan ini akan membuat anak tertutup di kemudian hari.

Menurutnya, cara yang paling tepat untuk membuat anak berbagi cerita dengan orang tua adalah dengan melakukan obrolan setiap hari dan belajar mendengarkan.

“Jadi, lebih sering ngobrol 5-10 menit sehari, sering punya waktu berdua dengan anak ini dan lebih belajar mendengarkan,” ujar Vera.

Ia mengatakan anak akan memiliki lebih banyak emosi saat menginjak usia remaja. Orang tua pun cenderung akan ikut terbawa emosi anak lantaran tidak dapat memahami perasaan anak. Kemarahan tersebut akan dipahami oleh anak, bahwa orang tua bukan tempat yang baik untuk bercerita.

Related posts

5 Rekomendasi Bahan Alami yang Efektif Mengatasi Perut Kembung

admin

Rasa Malas Ternyata Juga Disebabkan Oleh Gangguan di Otak, Lakukan Ini Untuk Mengatasinya

admin

Nggak Sendirian, tapi Merasa Kesepian? Mungkin 3 Hal Ini Jadi Penyebabnya

admin