Life Style

9 Cara Ampuh Membasmi Rayap dengan Bahan Alami, Jangan Tunggu Sampai Hancur!

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Rayap merupakan hama kecil yang dapat menyebabkan kerusakan parah pada perabotan rumah yang terbuat dari kayu. Rayap juga dapat masuk lebih dalam dan menggerogoti tiang penyangga rumah berbahan kayu.

Jangan tunggu sampai rumah beserta perabotannya hancur akibat gigitan rayap. Segera basmi hama kecil ini apabila Anda menemukan tanda-tanda munculnya rayap di rumah. Ini sembilan bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk membasmi rayap sampai tuntas:

1. Asam borat
Cara membasmi rayap yang pertama adalah dengan menggunakan asam borat. Ini merupakan pestisida alami dan pengawet kayu yang secara tidak langsung dapat membasmi rayap. Ketika asam borat masuk dalam tubuh rayap, kandungan ini akan mencegah rayap menyerap nutrisi dari apa yang dimakannya. Hal ini akan membuat rayap mati secara perlahan.

Asam borat biasanya berbentuk bubuk dan dapat langsung ditaburkan pada area yang terinfeksi rayap. Cara lainnya adalah dengan mengencerkan asam borat dalam air, lalu semprotkan pada area yang terinfeksi. Lakukan metode ini secara rutin selama satu minggu dan periksa hasilnya.

2. Cabai rawit
Cabai rawit merupakan pengendali hama organik yang bagus untuk membasmi rayap. Kandungan capsaicin yang sangat panas dan pedas dalam cabai dapat membunuh rayap secara alami dengan cara merusak sistem saraf mereka.

Taburkan bubuk cabai secukupnya di area yang terinfeksi rayap dan ulangi sampai rayap benar-benar hilang. Anda juga bisa mencampurkan bubuk cabai dengan minyak sayur dan oleskan pada tempat yang terinfeksi. Lakukan cara ini selama 4—5 hari dan periksa apakah rayap telah benar-benar menghilang.

3. Nematoda
Cacing parasit ini berukuran sangat kecil dan tidak terlihat oleh mata telanjang. Cacing ini merupakan musuh berbagai jenis hama, termasuk rayap.  Nematoda menyerang dan membunuh mangsanya, yaitu rayap, dengan menyuntikkan bakteri mematikan atau memasuki inangnya. Mereka membunuh rayap hanya dalam beberapa hari setelah meracuni tubuh rayap. Kelebihan lainnya adalah nematode tidak merusak kayu dan tidak berbahaya bagi manusia atau hewan peliharaan. Nematoda akan mati usai menyelesaikan pekerjaannya.

Anda bisa mendapatkan nematoda di toko obat hama. Untuk menggunakannya, campurkan nematoda dengan air dalam wadah besar dan aduk perlahan. Tuang campuran ke dalam botol semprot dan semprotkan ke area yang terinfeksi rayap.
Air campuran ini akan meresap ke dalam kayu dan menyebarkan nematoda. Semprotkan setidaknya satu kali sehari.

4. Garam
Garam dapat digunakan sebagai cara alami membasmi rayap yang aman dan tidak berbahaya. Garam dapat membunuh rayap dengan cara membuat hama ini dehidrasi dan mati.  Anda dapat langsung menaburkan garam di area yang terdapat rayap. Cara lainnya yaitu dengan mencampur garam dan air hangat lalu semprotkan pada area yang terdapat rayap.

5. Minyak jeruk
Senyawa D-limonene dalam minyak jeruk merupakan musuh utama rayap. Senyawa ini melarutkan eksoskeleton rayap yang menyebabkan mereka kehilangan kelembapan dan protein, kemudian mati.  Semprotkan langsung minyak jeruk ke rayap atau area yang dicurigai terdapat rayap. Ulangi penyemprotan secara rutin untuk memastikan rayap hilang.

6. Minyak mimba
Neem oil atau minyak mimba telah lama digunakan sebagai obat pengendali hama selama ratusan tahun. Bahkan, penggunaannya disebut lebih baik dari minyak jeruk.  Minyak mimba dapat mengganggu siklus reproduksi serangga dengan membuatnya lupa makan dan kawin. Pada akhirnya, minyak ini akan mencegah rayap bertelur dan menghentikan penyebaran rayap. Minyak mimba juga dapat mengeluarkan aroma yang tidak disukai rayap.

Cara membasmi rayap dengan minyak mimpa cukup mudah. Campurkanlah 5 ml minyak mimba dengan 2 ml sabun cair dan 1 liter air. Tuang campuran ini dalam botol, lalu semprotkan sesuai kebutuhan.

7. Cuka
Cara membasmi rayap selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka. Cara ini merupakan metode membasmi rayap paling mudah dan sederhana. Campurkan jus dari dua buah lemon dengan setengah cangkir cuka. Tuang campuran ini ke dalam botol semprot, lalu semprotkan ke area yang terinfeksi rayap. Zat asam dari campuran cuka dan sari lemon akan membunuh rayap. Semprotkan campuran cuka lemon ini secara teratur sampai rayap benar-benar lenyap.

8. Kardus basah
Dua hal yang disukai rayap adalah air dan selulosa. Nah, Anda dapat menyiapkan jebakan  dengan menyemprotkan air ke kardus. Kemudian, tumpuk beberapa kardus basah ini sebagai umpan untuk memancing rayap keluar. Saat rayap telah berkumpul dan memakan selulosa dalam kardus, segera bakar tumpukan kardus tersebut untuk membunuh semua rayap di dalamnya.

9. Sinar matahari
Rayap sangat membenci sinar matahari. Bahkan, rayap dapat mati jika terlalu banyak terpapar sinar matahari. Jika rayap menyerang perabot rumah Anda, segera jemur perabot rumah di bawah terik sinar matahari. Ulangi cara ini selama 2—3 hari atau hingga rayap benar-benar hilang. Jika rayap menyerang struktur rumah, Anda dapat memasang lampu UV untuk menyinari area tersebut. Cara ini sama halnya dengan menjemur perabot di bawah sinar matahari.

Itulah beberapa cara membasmi rayap yang bisa Anda lakukan di rumah. Kombinasikan beberapa cara di atas untuk memastikan rayap benar-benar hilang. Beberapa cara tersebut juga dapat dilakukan untuk mencegah rayap datang kembali (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

5 Manfaat Minum Minuman Jeruk Setelah Makan Daging, Nggak Cuma Sekedar Pencuci Mulut

admin

5 Resep Camilan Goreng Berbahan Tepung Aci, Enak, Gurih dan Simpel!

admin

Jangan Dibiasakan! 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Mengacaukan Waktu Tidurmu!

admin