Lifestyle

8 Manfaat Jumping Jack bagi Tubuh, Olahraga Mudah yang Bisa Sehatkan Jantung

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Jumping jacks adalah latihan yang melibatkan seluruh tubuh, yang efisien dan dapat Anda lakukan hampir di mana saja. Latihan ini adalah bagian dari apa yang disebut sebagai plyometric, atau pelatihan lompat. Plyometric adalah kombinasi dari latihan aerobik dan kerja resistensi.

Latihan plyometric, seperti jumping jacks, berguna untuk membantu seseorang meningkatkan kecepatan lari dan kemampuan melompat lebih tinggi. Itu karena plyometrics bekerja dengan meregangkan otot secara cepat (fase eksentrik) dan kemudian dengan cepat memperpendeknya (fase konsentris).

Jumping jack adalah olahraga sederhana dan menyenangkan. Latihan ini biasa dilakukan sebagai pemanasan atau sebagai bagian dari gerakan senam. Latihan ini juga akan membantu melatih bagian jantung, paru-paru, dan otot Anda secara bersamaan.

Mudah untuk melakukan gerakan jumping jack. Terlebih ada manfaat yang ditawarkan dari gerakan ini yang dapat berguna bagi tubuh. Dilansir dari laman stylecraze.com, berikut adalah manfaat jumping jack bagi tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung
Manfaat jumping jack yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Jumping jack adalah latihan kardio aerobik, artinya, Anda menggunakan oksigen untuk memenuhi kebutuhan energi dan merangsang otot jantung. Jantung harus bekerja ekstra keras untuk memompa cukup darah beroksigen dan juga membawa kembali darah yang mengandung karbon dioksida dari sel. Pada gilirannya, ini akan membantu melatih otot jantung dan organ lain seperti paru-paru.

Membantu Menurunkan Berat Badan
Manfaat jumping jack yang kedua adalah untuk membantu menurunkan berat badan. Latihan jumping jack juga dikenal dapat membantu menurunkan berat badan. Latihan ini membantu Anda membakar kalori berlebih, sehingga menciptakan keseimbangan energi negatif dalam tubuh. Ini berarti Anda telah mengeluarkan lebih banyak energi daripada jumlah kalori yang Anda konsumsi. Dan ini adalah rumus utama dalam penurunan berat badan. Lakukan 3 set dengan 50 repetisi, dan Anda akan merasakan jantung Anda terpompa.

Meningkatkan Koordinasi
Manfaat jumping jack yang ketiga yaitu membantu meningkatkan koordinasi. Jumping jack adalah tentang mengoordinasikan gerakan anggota tubuh Anda dengan lompatan. Ya, latihan ini akan membantu meningkatkan koordinasi antara anggota badan dan otak Anda. Anda akan merasakan perasaan yang lebih baik tentang ritme, keseimbangan, dan postur.

Menghilangkan Stres
Manfaat jumping jack keempat yakni untuk membantu menghilangkan stres. Melakukan jumping jacks dapat membantu menghilangkan stres. Ketika Anda melompat dan menggerakkan tangan ke atas dan ke bawah, otak Anda merangsang pelepasan serotonin atau hormon “bahagia”. Pelepasan adrenalin juga memberi Anda rasa kegembiraan. Bersama-sama, hormon-hormon ini bertanggung jawab untuk membuat Anda merasa bahagia dan menurunkan tingkat stres.

Mengencangkan Otot
Manfaat jumping jack yang kelima adalah untuk membantu mengencangkan otot. Kehilangan otot dapat membuat tubuh Anda terlihat kendur dan kekurangan gizi. Melakukan jumping jacks secara teratur dapat membantu meluruhkan lemak. Melakukan jumping jacks dengan intensitas tinggi juga dapat membantu meningkatkan tonus otot, sehingga membentuk paha, bokong, betis, bahu, dan lengan Anda.

Meningkatkan Stamina dan Stabilitas
Melompat dan mendarat dengan lembut dengan waktu dan ketenangan yang sempurna akan meningkatkan keseimbangan dan stabilitas Anda. Selain itu, jika Anda melakukan lebih banyak repetisi per set dan meningkatkan jumlah set yang Anda lakukan, Anda dapat meningkatkan stamina Anda.

Membuat Tulang Lebih Kuat
Berolahraga secara teratur memiliki banyak manfaat kesehatan, dan salah satunya untuk memperkuat tubuh secara fisik dan mental. Latihan jumping jack akan meningkatkan kepadatan mineral tulang, dan Anda akan merasa lebih baik, lebih sehat, dan lebih kuat.

Latihan Pemanasan yang Baik
Manfaat jumping jack yang terakhir yaitu menjadi pemanasan yang baik sebelum berolahraga. Anda harus selalu melakukan pemanasan sebelum memulai rutinitas latihan Anda yang sebenarnya.

Selain peregangan, melakukan jumping jack juga akan membantu mengendurkan otot-otot di tungkai, inti, pinggul, punggung, dan wajah Anda. Setelah menyelesaikan satu set dengan 30 repetisi, Anda akan siap untuk latihan pemanasan berikutnya. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Dapat 2 Tawaran Pekerjaan dalam Waktu Bersamaan? Biar Nggak Galau, Pertimbangkan Dulu 4 Hal Ini Ya!

admin

5 Cara Bijak Mengatasi Mood Swing, Cocok Buatmu yang Moody-an!

admin

Atasi Masalah Sampah TP PKK Dan Kaling Kayumas Kelod Bentuk Bank Sampah Kayumas Bersemi

admin