Fakta dan Mitos Lifestyle

Rambut di Ketiak dan Organ Intim Lebih Cepat Tumbuh Dibandingkan di Kepala, Benarkah Hal Tersebut?

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Selama ini, banyak dari kita yang merasa bahwa dibanding rambut di kepala, kita lebih sering mencukur rambut di ketiak dan bagian tubuh lain termasuk kemaluan. Beberapa bahkan menggunakan cara waxing untuk tidak saja memangkas rambut ini namun menghilangkannya dengan cepat.

Bahkan, terdapat banyak orang yang percaya bahwa ketika rambut telah dicukur, maka dia akan kembali lebih lebat dibanding sebelumnya. Benarkah hal ini terjadi?

Dilansir dari Channel News Asia, menurut dr. Calvin Chan dari Calvin Chan Aesthetic & Laser Clinic, seluruh rambut sebenarnya tumbuh pada kecepatan yang sama. Rambut tumbuh sekitar 0,3 mm setiap harinya.

Perbedaan antara rambut di kepala dengan bagian tubuh lainnya adalah durasi pertumbuhannya. Rambut di ketiak, kaki, dan area vital pertumbuhannya bakal berthenti setelah tiga hingga enam bulan. Bahkan jika kamu tidak pernah mencukurnya sama sekali, terdapat batas bagi pertumbuhnnya. Paling panjang, rambut ini hanya bisa berkisar antara 2,7 hingga 5,4 centimeter.

Walau begitu, pada rambut di kepala, pertumbuhannya bakal terus berlanjut hingga dua atau enam tahun sebelum berhenti, jelas dr Eileen Tan dari Mount Elizabeth Novena Hospital.

Benarkah Rambut di Bagian Lain Tumbuh Lebih Cepat?
Pertumbuhan rambut di area sekitar kepala yang tampak cepat ini sesungguhnya hanyalah anggapan kita. Hal ini bisa terjadi karena perhatian kita yang lebih besar pada bagian tersebut.

Secara umum, rambut di seluruh bagian tubuh rata-rata tumbuh sekitar 1 cm setiap bulannya baik di bagian depan, belakang, atau samping kepala. Pertumbuhan ini tetap sama walau tiap folikel rambut tumbuh secara mandiri.

“Hal ini tergantung oleh berbagai faktor mulai genetik hingga jenis rambut, hormon hingga aksi mekanikal seperti menarik rambut dan stres fisik,” jelas dr. Chan. Terkait anggapan bahwa memangkas rambut bisa membuatnya lebih panjang, dr. Tan mengatakan bahwa hal ini tidak berdasar. Hal ini hanya membantu menghilangkan rambut bermasalah di ujung dan memperpendeknya saja.

Bisakah Rambut Tumbuh Lebih Cepat dan Tebal pada Satu Sisi?
Banyak yang mengganggap bahwa tangan dominan seseorang bisa mempengaruhi pertumbuhan bagian rambut tertentu. Hal ini dianggap bisa membuat sirkulasi darah bagian tersebut lebih baik karena lebih sering bergerak, benarkah? “Tidak ada bukti ilmiah yang bisa saya temukan pada literatur kesehatan untuk membuktikan bahwa rambut pada sisi dominan tumbuh lebih cepat dan lebat. Saya juga tidak memerhatikan fenomena ini pada pasien sejauh ini,” terang dr. Tan.

“Tingkat pertumbuhan rambut mungkin disebabkan karena evolusi dan genetika,” terang dr. Tan. “Sel punca, yang tumbuh dari tingkat embrio akan mengatur siklus sel dan membalik waktu,” sambungnya.

Secara rata-rata, seseorang kehilangan 50 hingga 100 rambut setiap hari. Jumlah ini merupakan hitungan pada sebuah siklus pertumbuhan rambut yang normal. Walau begitu, terdapat sejumlah faktor yang bisa mempercepatnya. Sebagai contoh, pertumbuhan rambut pria baik di tubuh dan kepala lebih cepat dibanding wanita.

Usia juga berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut ini. Pada usia 15 hingga 30 tahun, rambut bakal tumbuh lebih cepat sebelum melambat atau bahkan berhenti tumbuh sama sekali. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Alami Nyeri Punggung? Ini Posisi Tidur yang Paling Dianjurkan

admin

Krucuk-krucuk, Apa Ya Penyebab Perut Berbunyi Keroncongan?

admin

Tak Hanya Komitmen, 10 Hal Ini Perlu Kamu Pahami Sebelum Memutuskan Menikah Dengannya!

admin