Lifestyle

Jangan Sampai Salah Pilih, Ini 5 Tips Memilih Timun yang Tidak Pahit dan Segar untuk Lalapan

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Timun kerap digunakan sebagai lalapan yang menyegarkan bersama sambal dan ayam atau lauk lainnya. Rasanya yang segar serta kandungan air di dalamnya cocok menjadi pelengkap hidangan berminyak dan berlemak.

Sayangnya terkadang ada timun yang daging buahnya pahit, sehingga kurang nikmat saat disantap. Berikut ini cara memilih timun segar melansir dari The Spruce Eats dan Food NDTV. Cocok untuk lalapan karena tidak pahit dan banyak airnya.

1. Teksturnya keras 
Timur segar yang bagus memiliki tekstur keras. Permukaan kulitnya pun tidak lembek dan berlubang.

2. Warnanya hijau dan tidak berbintik 
Cara memilih timun dapat dilakukan dengan mengamati warnanya. Timun yang bagus  berwarna hijau terang dan permukaan yang mulus.  Biasanya timun tersebut memiliki tekstur buah yang renyah serta rasa yang segar dan tidak pahit. Baiknya hindari memilih timun yang warnanya terlalu tua serta memiliki bintik kuning. Dua hal tersebut adalah tanda timun yang pahit dan kandungan airnya sedikit.

3. Hindari yang keriput
Timun yang disimpan terlalu lama dalam suhu tinggi akan mengerut. Permukaan luarnya pun menjadi berkeriput. Jika demikian, maka kamu harus menghindarinya. Sebab, timun dengan ciri tersebut biasanya sudah kehilangan kelembapan, sehingga kadar airnya berkurang.

4. Perhatikan kulitnya 
Ada beberapa timun di supermarket yang diberi lapisan lilin agar tampak segar. Sayangnya hal tersebut kurang sehat, terlebih jika timun disantap dalam kondisi mentah.  Untuk itu, kamu perlu memeriksa kulit timun menggunakan kukus tersebut sebelum membelinya.

5. Pilih yang ukurannya kecil
Buatmu yang merasa terganggu dengan biji timun, maka bisa memilih yang ukurannya kecil. Menurut laman Food NDTV, timun berukuran kecil memiliki jumlah biji yang lebih sedikit daripada timun besar. Selain itu, kandungan airnya juga lebih banyak dan rasanya pun segar.  (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Mementingkan Diri Sendiri, Ini 5 Tanda Kamu dan Pasangan Belum Dewasa Secara Emosional

admin

Ny. Antari Jaya Negara Buka Pelatihan dan Sosialisasi PMT Bagi Kader Posyandu di Sumerta Kauh

admin

Benarkah Mengkonsumsi Salak dapat Memperparah Sembelit? Simak Penjelasannya Berikut Ini Yuk!

admin