Health Lifestyle

Air Garam Hingga Makanan Pedas, 5 Bahan Alami Ini Bisa Bantu Mengusir Dahak di Tenggorokan

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Batuk berdahak bisa jadi mengganggu aktivitas harian, karena itu banyak orang akan membutuhkan pelancar dahak.

Batuk berdahak muncul karena adanya produksi dahak berlebih. Sebenarnya dahak adalah hal yang wajar muncul di tubuh manusia. Dahak memiliki fungsi melembapkan, membersihkan, dan melindungi organ di sistem pernapasan dari zat asing yang mengiritasi.

Tapi dahak ini bisa diproduksi oleh tubuh secara berlebihan saat adanya masalah di dalam tubuh. Beberapa penyakit yang menyebabkan munculnya dahak berlebih adalah pneumonia, bronkitis, dan penyakit paru-paru lainnya. Dengan menumpuknya dahak pada saluran pernapasan, membuat adanya rasa ganjalan. Rasa mengganjal tersebut yang membuat tubuh merespons dengan batuk.

Saat batuk berdahak ini terjadi, kamu bisa mengatasi dengan beberapa bahan alami berikut.

1. Air Garam
Bahan alami pertama yang kamu gunakan adalah air garam. Air garam ini bisa membantu menghilangkan dahak dengan cara berkumur.

Kamu hanya perlu menyiapkan satu cangkir air hangat dan campurkan dengan setengah sendok teh garam. Aduk garam hingga benar-benar larut dengan air, dan larutan bisa digunakan berkumur. Lalu gunakan air garam untuk berkumur selama 30 sampai 60 detik. Lakukan juga kumur bagian dalam, dengan menengadahkan kepala. Ulangi cara ini hingga kamu merasa dahak mulai berkurang.

2. Makanan Pedas
Selain air garam, kamu bisa menggunakan makanan pedas untuk mengatasi dahak pada tenggorokan.

Kamu bisa membuat mie rebus atau makanan hangat lain dan menambahkan irisan cabai. Irisan cabai dan makanan hangat akan menjadi paduan yang pas untuk usir dahak. Pada makanan pedas, terdapat kandungan capsaicin yang mampu mengeluarkan dahak.

3. Lemon dan Madu
Campuran air lemon dan madu juga bisa menjadi solusi untuk menghilangkan dahak di tenggorokan. Madu adalah cairan yang memiliki sifat anti peradangan dan anti bakteri. Karena itu, mengonsumsi madu bisa membantu mengatasi dahak di tenggorokan.

Untuk mengusir dahak, kamu bisa mencampurkan 1 hingga 2 tetesan perasan air lemon dengan 1 hingga 2 sendok teh madu. Berikan air hangat lalu aduk hingga rata. Minum campuran tersebut secara rutin dan kamu akan merasakan tenggorokan menjadi lebih baik.

4. Hirup Uap Panas
Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghirup uap panas. Selain mengencerkan dahak, uap panas bisa membantu melegakan pernapasan.

Untuk melakukannya, kamu bisa menuangkan air panas pada sebuah mangkuk, lalu mendekatkan kepala ke atas mangkuk. Bila ingin merasakan uap lebih banyak, kamu bisa menutup kepala dengan menggunakan handuk dan mengurung uap di dalam handuk.

5. Minum Banyak Air
Minum air mineral juga bisa membantu mengatasi batuk berdahak, lo.

Untuk mengatasi dahak ini, kamu sebaiknya mengonsumsi air hangat lebih banyak. Air hangat ini akan membantu mengencerkan dahak dan melancarkan saluran pernapasan. Selama mengalami batuk berdahak, kamu disarankan lebih banyak mengonsumsi air mineral dari pada minuman berwarna lainnya.

Nah, itu tadi cara menghilangkan dahak pada tenggorokan. Bila batuk berdahak masih terus terjadi walau sudah mengobati dengan cara alami, kamu sebaiknya segera periksa ke dokter. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

5 Tanda Gejala Kolesterol Tinggi yang Perlu Diwaspadai, Yuk Ketahui!

admin

Instagram Uji Coba Fitur Templates, Bikin Video Reels Jadi Makin Mudah!

admin

6 Tips Menghadapi Cowok yang Sibuk Karena Pekerjaan, Bikin Doi jadi Kangen & Perhatian Padamu!

admin