Lifestyle Tekno

Lika-Liku Rumitnya para Cewek Saat Membaca Maps Lewat Ponsel, Ini Alasannya Menurut Penelitian

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Banyak anggapan yang beredar bahwa cowok lebih bagus dalam hal navigasi atau membaca peta atau maps. Meski nggak semua cewek buruk dalam membaca peta, anggapan ini cukup diperkuat dengan lebih banyaknya pengalaman cewek yang tersesat ketimbang cowok.

Fenomena unik ini pun telah menjadi sorotan sejumlah ilmuwan loh, guys. Melalui berbagai penelitian, para ilmuwan berhasil menjelaskan secara ilmiah alasan cewek memiliki kesulitan untuk membaca peta. Berikut ulasannya!

1. Kemampuan Spasial
Penelitian dari Universitas Illinois di Amerika Serikat menunjukkan bahwa cowok memiliki kemampuan spasial yang lebih bagus ketimbang cewek. Kemampuan spasial adalah kemampuan seseorang untuk memotret ruang atau tempat, termasuk warna, garis, bentuk, dan visualisasinya. Kemampuan spasial membuat kamu bisa lebih memahami hubungan antara objek dan ruang atau tempat, dengan lebih baik.

Lebih lanjut, para peneliti menemukan bahwa perbedaan kemampuan spasial antara cowok dan cewek turut dipengaruhi oleh faktor hormonal, guys. Tingkat hormon testosteron pada cowok yang lebih tinggi dibandingkan cewek, membuat cowok lebih baik dalam hal navigasi. Hipotesis ini pun telah dibuktikan dengan penelitian lanjutan. Terbukti, cewek yang diberi tambahan hormon testosteron akan meningkat pula kemampuan navigasinya.

2. Strategi Berbeda
Sementara itu, melalui jurnal penelitiannya, peneliti dari Norwegian University of Science and Technology (NTNU), Carl Pintzka, mengungkapkan bahwa cowok dan cewek memiliki strategi yang berbeda dalam hal navigasi. Cara kerja otak pada cowok lebih memfokuskan proses navigasi pada tempat tujuannya.

Dalam membaca peta, cowok melihat tempat tujuan dan menuju ke lokasi tersebut berdasarkan arah mata angin.
Sedangkan cewek melihat tempat tujuan dengan cara yang berbeda, guys. Cewek cenderung melihat dan menghafal rute untuk mencapai tujuan tersebut.

Menurut para ahli, cara cowok yang menggunakan arah mata angin sebagai pedomannya, dinilai lebih efektif dalam menavigasi. Menggunakan arah mata angin, memungkinkan kamu menempuh jalur-jalur yang lebih fleksibel, tergantung dari mana titik berangkatnya.

3. Kinerja Otak
Lebih lanjut, Pintzka mengungkapkan bahwa kinerja otak cowok dan cewek dalam hal navigasi, sama sekali berbeda, guys. Saat mencari arah, cowok lebih banyak menggunakan bagian hippocampus dari otak, yaitu bagian dari otak besar yang berperan dalam kemampuan mengingat dan navigasi ruangan.

Sementara, cewek menggunakan bagian lobus frontal, yaitu bagian otak yang mengendalikan gerakan, ucapan, perilaku, memori, emosi, dan kepribadian. Bagian otak ini juga berperan dalam fungsi intelektual, seperti proses berpikir, penalaran, pemecahan masalah, pengambilan keputusan, dan perencanaan.

Menurut Pintzka, perbedaan kinerja otak dalam hal navigasi ini membuat cewek lebih bagus dalam mengingat hal detail di area sekitarnya, sedangkan cowok lebih bagus dalam mengingat lokasi secara umum. Dengan kata lain, cewek akan lebih mudah menemukan lokasi barang yang hilang di dalam rumah, sedangkan cowok hanya akan ingat bahwa barang tersebut ada di rumah itu.

Fenomena ini konon ada hubungannya dengan teori evolusi. Pada zaman berburu dan meramu, cowok berperan sebagai pemburu bahan makanan, sedangkan cewek meramunya menjadi makanan. Hal ini mungkin berpengaruh pada perbedaan perkembangan kinerja otak cowok dan cewek. Itu kenapa secara alami, cowok memiliki pemahaman yang lebih baik pada area yang lebih luas, sedangkan cewek lebih memahami detail dari area di sekitarnya.

4. Terlatih
Selain faktor biologis, para peneliti juga menyoroti bahwa kemampuan navigasi bisa dilatih. Dengan kata lain, cewek yang sudah terbiasa menggunakan peta dan mencari arah, akan memiliki kemampuan navigasi yang nggak kalah dengan cowok. Karena itu, buat para cewek yang ingin memperbaiki kemampuan navigasinya, sering-seringlah bepergian sendiri dan mencari arah dengan bantuan peta. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Lethologica, Fenomena Ketika Lupa Suatu Kata Saat Berbicara Padahal Sudah Diujung Lidah, Pernah Mengalaminya?

admin

6 Resep Jajanan Enak yang Bisa Kamu Bikin Pakai Teflon, Tak Perlu Oven dan Mixer!

admin

Sering Terbangun Karena Mimpi Terjatuh? 4 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

admin