Health Lifestyle

5 Manfaat Minum Jamu Kunyit Asam Bagi Wanita, Bisa Redakan Nyeri Saat Menstruasi Lho!

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Jamu kunyit asam menjadi salah satu cara untuk menghilangkan kram saat menstruasi terjadi. Jamu kunyit asam sendiri sudah dipercaya sedari dulu sebagai obat herbal untuk meredakan nyeri menstruasi.

Wanita yang masih berada pada masa subur akan mengalami siklus menstruasi setiap bulannya. Sebelum dan saat periode menstruasi berlangsung, biasanya akan terjadi perubahan pada tubuh yang ditandai dengan rasa nyeri. Nyeri menstruasi ini disebut dismenore. Menurut International Association for the Study of Pain, dismenore ditandai oleh nyeri perut, nyeri panggul, mual, muntah, dan juga perubahan kebiasaan buang air besar.

Nyeri menstruasi kadang bisa sangat mengganggu hari-hari dan membuat merasa tidak nyaman saat beraktivitas. Ada berbagai cara untuk meredakan nyeri menstruasi, salah satunya dengan minum jamu kunyit asam. Cara alami ini efektif untuk mengatasi nyeri yang ada. Mengapa demikian? Ini ulasannya.

Jamu kunyit asam adalah minuman yang mudah ditemukan dan umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Minuman sehat berwarna kuning ini terbuat dari bahan dasar kunyit yang dicampur dengan asam jawa. Rasa asam manis dapat dirasakan langsung dan mampu menghangatkan tubuh secara menyeluruh.

Dilansir dari studi dalam Complementary Therapies in Medicine, para peneliti melihat curcumin, senyawa utama dalam kunyit dan pengaruhnya terhadap karakteristik emosi, fisik, dan perilaku menjelang menstruasi. Hal ini termasuk perubahan suasana hati, sakit kepala, kram, kelelahan, dan kekurangan energi. Hasilnya mencatat, bahwa setelah dikonsumsi secara rutin, curcumin mampu menurunkan gejala-gejala tersebut.

“Kunyit juga bersifat antiinflamasi yang mampu mengurangi peradangan yang tidak perlu dalam tubuh dan membantu meredakan kram saat menstruasi,” ungkap Amy Morris, ahli gizi yang menerangkan cara alami redakan nyeri menstruasi.

Selain kunyit, kandungan asam jawa dalam jamu kunyit asam tidak dapat dipisahkan begitu saja. Menurut jurnal dari Universitas Muhammadiyah Malang, asam jawa memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu kandungan pada asam jawa adalah flavonoid. Flavonoid merupakan senyawa aktif yang dapat digunakan sebagai antioksidan, antibakteri, dan antiinflamasi. Jadi, secara tidak langsung, asam jawa juga membantu memulihkan nyeri menstruasi yang dialami.

Selain bisa menghilangkan atau meredakan nyeri saat menstruasi. Berikut khasiat jamu kunyit asam yang bisa kamu rasakan ketika dikonsumsi secara rutin

1. Siklus Haid Jadi Teratur
Ketika mengonsumsi jamu kunyit asam secara rutin, hal ini akan membantu melancarkan siklus haid. Biasanya, siklus haid yang normal sekitar 28 hari. Jika siklus haid tak teratur, biasanya akan mengalami siklus lebih dari 35 hari dan mengalami rasa nyeri yang lebih sakit dari biasanya.

Tak hanya itu, aliran darah menstruasi juga terkadang bisa lebih deras atau malah lebih sedikit. Nah, dengan mengonsumsi jamu kunyit asam, siklus haid bisa diperbaiki serta nyeri hadi pun bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya. Kunyit bisa memicu siklus haid dengan aman dan alami karena dikenal sebagai sumber estrogen yang baik untuk wanita yang sedang menstruasi.

2. Mengurangi Sembelit dan Meredakan Perut Kembung
Sembelit dan perut kembung adalah combo yang biasa hadir ketika seorang perempuan sedang mengalami menstruasi. Dengan minum jamu kunyit asam, kedua hal ini bisa diredakan. Karena fungsinya yang antimikroba, antioksidan dan antiperadangan, jamu kunyit asam bisa digunakan untuk melancarkan pencernaan sehingga perut kembung ban sembelit bisa diatasi.

3. Meredakan Gejala PMS
Biasanya PMS atau sindrom pra menstruasi datang sebelum haid. Nahh, ketika PMS perempuan akan mengalami gejala yang berbeda-beda. Biasanya, gejala PMS sendiri berupa sakit kepala, lemas, pilek, hingga munculnya jerawat. Dengan mengonsumsi jamu kunyit asam secara rutin, kandungannya mampu untuk meredakan gejala PMS lho!

Sistem kekebalan tubuh yang bekerja dengan baik ampuh untuk mencegah pilek atau infeksi bakteri yang menjadi penyebab jerawat. Nah, jika mengonsumsi jamu kunyit asam dengan rutin, khasiatnya bisa memerangi rasa lemas dan juga bisa menjadi lebih bugar dan sehat.

4. Mengatasi Mood Swing saat Menstruasi
Ketika menstruasi datang, pergolakan hormon yang terjadi isa menyebabkan peruahan emosi yang cukup drastis. Jadi, sebuah hal yang wajar ketika perempuan menjadi lebih cepat marah atau sedih ketika menstruasi. Dilansir dari Psychiatry Advisor, jamu kunyit asam bisa menyeimbangkan zat kimia pada otak sehingga terhindar dari mood swing, lho!

5. Mencegah Infeksi
Tahukah kamu kalau menstruasi bisa meningkatkan terkena infeksi? Ya, berbagai jenis infeksi oleh jamur atau bakteri pada vagina bisa hadir karena menstruasi.

Kendati demikian, kamu tidak perlu khawatir. Dengan mengonsumsi jamu kunyit asam, hal tersebut bisa mencegah dan bahkan menghentikan pertumbuhan bakteri dan juga jamur di vagina. Kunyit sendiri memiliki fungsi sebagai antijamur serta antiseptik alami sehingga ampuh untuk menjaga kesehatan serta kebersihan vagina nih.

Nah itu dia manfaat mengonsumsi jamu kunyit asam secara teratur. Kalau kamu biasanya memilih untuk minum jamu kunyit asam atau obat-obatan nih? (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

5 Masalah Kulit yang Kerap Muncul di Area Mata dan Tips Mengatasinya, Simak Yuk!

admin

Dishub Denpasar Siagakan Petugas LPJU Saat Nyepi, Antisipasi Adanya Lampu Menyala

admin

Fakta Unik Tawon Saat Kawin, Tawon Jantan Rela Mati Usai Lakukan Perkawinan dengan Pasangan

admin