Life Style

Bosan Dengan Olahan Ayam yang Itu-Itu Saja? Yuk Cobain Resep Ayam Teriyaki yang Enak Berikut Ini

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Siapa yang bosan dengan olahan ayam yang itu-itu saja? Kalau nggak digoreng, ya disemur, atau paling sering dibuat ayam tepung. Padahal kan pengin sesekali makan olahan ayam yang beda dari biasanya.

Kalau kamu sudah bosan dengan olahan ayam yang mainstream itu, kini saatnya kamu mencoba resep ayam khas Jepang, yaitu ayam teriyaki. Resep ayam teriyaki ini terbilang sederhana dengan bahan-bahan lokal yang bisa kamu dapatkan di rumah. Tapi jangan salah, resepnya nggak akan kalah dengan ayam teriyaki ala Hokben atau Yoshinoya kok.

Resep yang dibutuhkan untuk membuat ayam teriyaki ala restoran ini terdiri atas bahan utama berupa ayam filet, bahan saus, dan sayuran supaya lebih lengkap. Yuk, ikuti resep ayam teriyaki rumahan ala Devina Hermawan berikut. Lengkap dengan tips-tipsnya.

1. Pertama, siapkan semua bahannya dulu supaya meringkas waktu memasakmu nanti. Jangan sampai terlewat, lo
Bahan resep ayam teriyaki simple yang pertama adalah 3 paha ayam filet. Usahakan memilih paha ayam yang ada kulitnya supaya masakan terasa lebih gurih karena ada tambahan lemak. Selanjutnya, siapkan setengah sendok makan tepung maizena, setengah sendok teh garam, dan seperempat sendok teh merica.

Sedang bahan untuk membuat sausnya antara lain:
* 1 sdm bawang putih parut yang sudah ditambahkan 2 sdm air
* 1 sdm jahe parut yang sudah ditambahkan 2 sdm air
* 60 ml kecap asin
* 5 sdm gula palem
* 120 ml air atau kaldu
* 35 ml jus apel

Untuk pelengkapnya, siapkan:
* 6 buah jagung putren
* 12 buah buncis
* 2 buah wortel
* 2 siung bawang putih potong

2. Campurkan bahan-bahan untuk membuat saus teriyaki, jangan lupa disaring, ya!
Bahan-bahan untuk membuat saus teriyaki adalah air, jus apel, kecap asin, gula palem, jahe, dan bawang putih. Masukkan semuanya ke dalam satu wadah lalu campurkan. Jangan lupa saring agar hasil sausnya tetap jernih dan rasanya lembut di lidah. Kalau nggak ada gula palem, kamu bisa menggantinya dengan madu.

3. Marinasi ayam dengan saus teriyaki, semakin lama durasi merendamnya, maka akan semakin meresap
Paha ayam filet yang sudah kamu siapkan tadi kemudian dimarinasi atau direndam dengan saus teriyaki yang sudah dibuat. Setelah itu, campurkan tepung maizena yang akan membuat ayam lebih juicy dan lembut saat dimakan. Idealnya, proses marinasi ini dilakukan dalam waktu yang lama agar saus meresap sampai dalam.

4. Siapkan sayuran pendamping dan blanching supaya lebih cantik. Jangan lupa disiram dengan air
Sambil menunggu ayam dimarinasi, kamu bisa menyiapkan sayuran pendampingnya. Pertama, potong-potong sayuran, lalu rebus sayuran mulai dari yang paling keras, yaitu wortel. Setelah 1-2 menit, masukkan semua sayuran yang lainnya.

Tips agar sayuran tetap cantik saat disajikan adalah menyiram sayuran yang sudah direbus itu dengan air. Air akan membantu menghentikan proses memasak pada sayuran lo. Kalau sudah begitu, warnanya akan menjadi lebih cantik saat disajikan bersama ayam teriyaki.

5. Tumis sayuran pakai minyak, jangan lupa masukkan air sedikit supaya bumbu menyerap
Sayuran yang sudah direbut tadi kemudian kamu tumis dengan menggunakan sedikit minyak. Masukkan bawang putih yang sudah dipotong sampai harum, baru masukkan sayurannya. Jangan lupa tambahkan sedikit air agar bumbu lebih menyerap. Sayuran ini dibumbui dengan garam, gula, dan merica secukupnya saja. Kalau kamu ingin menambahnya dengan saus kental, campurkan kaldu ayam dan larutan maizena.

6. Pan-seared ayam yang sudah dimarinasi, masak dengan api sedang sampai kecokelatan
Pan seared adalah teknik menggoreng dengan sedikit minyak. Untuk membuat ayam teriyaki ini, pan seared ayam yang sudah dimarinasi dengan cara meletakkan kulitnya di bagian bawah. Masak dengan api sedang sampai kedua permukaan ayam berwarna kecokelatan, baru tambahkan sedikit air. Setelah itu, biarkan ayam matang sambil di-steam.

7. Buat saus teriyaki yang akan disiram di atas ayam, bisa tambahkan butter supaya wangi
Untuk membuat saus teriyaki yang kental, kamu tinggal memanaskan saus teriyaki yang sudah dibuat sebelumnya. Setelah itu, larutkan maizena ke dalam air, kemudian campurkan dan masak sampai mendidih dan mengental. Untuk mendapatkan saus yang wangi, kamu bisa menambahkan butter ke dalamnya.

8. Ayam teriyaki ala restoran pun siap disajikan, jangan lupa ditata dengan cantik, ya!
Kalau semuanya sudah matang, tata ayam teriyaki ini di atas nasi dan jangan lupa letakkan sayuran di sampingnya. Siram ayam dengan saus teriyaki sesuai selera. Ayam teriyaki pun siap untuk dilahap. Selamat mencoba!

Itu dia cara membuat resep ayam teriyaki yang bisa digunakan untuk prasmanan ataupun dimakan sendiri. Kamu bisa mengkreasikannya menjadi resep ayam teriyaki pedas atau resep ayam teriyaki asam manis sesuai dengan selera. Untuk menambah cantik menu ini, kamu juga bisa menambahkan resep ayam teriyaki dengan taburan wijen di atasnya. Wah, enak sekali! (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Sedang Merasa Hilang Semangat? Coba Lakukan 7 Hal Sederhana Ini untuk Mengatasinya

admin

Rasa Malas Ternyata Juga Disebabkan Oleh Gangguan di Otak, Lakukan Ini Untuk Mengatasinya

admin

Merasa Sering Lapar Padahal Sudah Makan? 7 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

admin