Health Life Style

5 Manfaat Minum Racikan Lemon dan Jahe sebelum Tidur, Atasi Gangguan Pencernaan Hingga Peradangan

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Jika Anda salah satu orang yang mengalami kesulitan tidur, mungkin Anda bisa mencoba meminum racikan herbal lemon dan jahe. Melansir dari Healthline, minuman ini memang sangat baik diminum sebelum tidur karena bisa membantu Anda relaks dan beristirahat.

Cara membuatnya pun mundah, Anda tinggal menyeduh jahe yang sudah digeprek atau sudah dihaluskan ke dalam cangkir panas dan beri beberapa irisan lemon. Sebagai pemanis, Anda bisa menambahkan madu atau agave nektar.

Selain itu, ternyata minuman ini memiliki banyak manfaat lainnya, berikut lima manfaat minum racikan lemon dan jahe sebelum tidur yang mungkin bisa Anda jajal di rumah.

1. Menenangkan gangguan pencernaan
Jika gangguan pencernaan kronis atau makan malam yang berat membuat Anda bangun lebih lambat dari yang Anda inginkan, sebaiknya Anda meminum minuman ini. Jahe (Zingiber officinale) adalah akar yang sudah lama digunakan dalam pengobatan alternatif dan tradisional karena kemampuannya untuk meringankan pengosongan lambung yang tertunda.

Terlebih lagi, lemon (Citrus limon) mengandung senyawa tanaman yang disebut limonene yang membantu pencernaan dengan membantu memindahkan makanan di sepanjang saluran pencernaan. Dengan demikian, berpotensi mengurangi rasa tidak nyaman di perut.

2. Dapat meredakan mual
Jahe telah lama disebut-sebut karena kemampuannya untuk meredakan mual, yang dialami banyak orang selama kehamilan atau kemoterapi, dan situasi lainnya.

Menurut penelitian, mengonsumsi jahe 1-1,5 gram per hari mungkin cukup untuk mendapatkan efek anti mual. Sebuah ulasan menemukan bahwa jahe mencegah dan mengurangi mual dan muntah yang berhubungan dengan kemoterapi. Sementara para ilmuwan belum menunjukkan dengan tepat bagaimana jahe bekerja untuk mengurangi mual, mereka mengenali gingerol sebagai salah satu senyawa tanaman utama yang bertanggung jawab atas efek ini.

3. Dapat mengurangi hidung tersumbat
Uap yang dihasilkan dari air seduhan lemon dan jahe panas dapat membantu membuka rongga hidung dan membantu membersihkan hidung tersumbat. Minuman ini juga menenangkan tenggorokan yang sakit akibat penumpukan lendir.

Meskipun belum ada penelitian komprehensif mengapa ini terjadi, banyak orang yang telah melaporkan kondisi ini. Racikan lemon dan jahe memang dapat membantu hidung mampet sehingga Anda bisa bernapas lebih lega.

4. Dapat meredakan sembelit
Sembelit dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk dehidrasi dan diet rendah serat. Ketika sembelit disebabkan oleh dehidrasi, bersantai di malam hari dengan secangkir racikan jahe dan lemon yang hangat dapat membantu karena air membantu tinja melewati saluran pencernaan dengan lebih mudah. Jika merasa sembelit kronis, pastikan Anda juga minum cukup cairan sepanjang hari.

5. Dapat membantu melawan peradangan
Gingerol, salah satu senyawa tanaman yang ditemukan dalam jahe. Senyawa ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Peradangan kronis terkait dengan kondisi, seperti sindrom metabolik, kanker, penyakit Alzheimer, dan penyakit jantung. Namun, penelitian menunjukkan hasil yang beragam tentang apakah jahe memiliki efek anti-inflamasi pada manusia. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Dibikin Bakpao Hingga Kue Lumpur, Cobain 5 Resep Jajanan Berbahan Labu Kuning Berikut Ini Yuk!

admin

Jangan Sia-Siakan Oli Bekas yang Ada di Rumah, Manfaatkan Untuk 5 Hal Berikut Ini

admin

Banyak Orang Tidak Bisa Tidur Tanpa Guling, Darimanakah Asal Usul Bantal Guling?

admin