Lifestyle

Merasa Sedih Saat Ulang Tahun Tiba? Mungkin Kamu Terkena Birthday Blues

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Hari ulang tahun tentunya menjadi momen yang membahagiakan bagi semua orang. Pada momen tersebut, sebagian orang memilih untuk menghabiskan waktu dengan bersenang-senang bersama orang-orang terdekat mereka, baik itu keluarga, pasangan, atau sahabat.

Di balik kebahagiaan tersebut, ternyata ada beberapa orang yang malah merasa sedih saat hari ulang tahun tiba. Jika Anda termasuk salah satu yang mengalaminya, kondisi ini dikenal dengan istilah birthday blues atau birthday depression.

Apa itu birthday blues?
Birthday depression atau birthday blues adalah kondisi yang terjadi saat sesorang tidak merasa senang di hari ulang tahunnya. Alih-alih menikmati hari ulang tahunnya, orang dengan kondisi ini malah merasa tertekan, cemas, dan stres.

Ada berbagai macam faktor yang jadi penyebab seseorang mengalami birthday blues. Faktor- faktor yang berpengaruh, di antaranya:

1. Bertambah tua
Ketika ulang tahun, setiap orang menyadari bahwa diri mereka semakin bertambah tua. Masalah-masalah yang muncul seiring bertambahnya usia seperti kerutan, berubahnya bentuk tubuh, hingga bertambahnya tanggung jawab dapat memicu terjadinya birthday depression.

2. Belum tercapainya harapan
Ulang tahun seringkali dijadikan momen untuk merefleksikan diri. Pada momen ini, orang-orang akan mulai mengingat satu per satu pencapaian apa sajakah yang sudah berhasil diraih. Jika pencapaian yang didapat belum sesuai dengan harapan, hal tersebut dapat menambah tekanan dan memicu stres. Ketika tidak berhasil mencapai apa yang diinginkan, timbul kekecewaan dan perasaan bahwa diri mereka tidak berharga.

3. Berekspektasi terlalu tinggi dalam hidup
Berekspektasi terlalu tinggi di hari ulang tahun bisa memicu terjadinya birthday blues. Anda mungkin mengira akan mendapatkan kejutan dari orang-orang terdekat seperti pasangan, keluarga, maupun sahabat. Saat ekspektasi tidak terpenuhi, kekecewaan dan perasaan sedih pun muncul, sehingga Anda kemudian akan merasa tidak dicintai.

Beberapa tanda mungkin ditunjukkan oleh orang-orang yang mengalami birthday blues. Tanda-tanda yang umumnya dialami oleh orang dengan kondisi ini, antara lain:
* Malas atau tidak merasa antusias jelang hari ulang tahun
* Merasa sedih jelang hari ulang tahun dan tidak menemukan cara untuk mengatasinya
* Merasa paranoid atau cemas sebelum atau tepat pada hari ulang tahun
* Kehilangan kepercayaan diri menjelang ulang tahun
* Ketidakmampuan untuk berhenti memikirkan hari ulang tahun
* Ingin menghindari kontak dan komunikasi dengan orang lain, termasuk keluarga, teman, dan pasangan di hari ulang tahun
* Kehilangan nafsu makan jelang atau saat ulang tahun
* Merasakan nyeri atau sakit secara fisik menjelang ulang tahun
* Munculnya pikiran untuk menyakiti diri sendiri atau melakukan bunuh diri jelang hari ulang tahun

Tanda-tanda yang dialami oleh masing-masing penderitanya mungkin akan berbeda satu sama lain. Oleh sebab itu, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater untuk mencari tahu kondisi apa yang mendasarinya.

Bisakah birthday blues dicegah?
Birthday blues kerap kali meninggalkan kesedihan yang mendalam di hari ulang tahun. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Berikut sejumlah cara untuk mencegah kesedihan akibat birthday depression:

1. Tidak membuat terlalu banyak rencana
Terlalu banyak rencana di hari ulang tahun hanya akan membuat Anda menjadi stres. Selain itu, hal ini juga bisa memberikan tekanan tambahan di hari ulang tahun. Anda cukup membuat rencana-rencana sederhana yang minim akan risiko terjadinya kesalahan dan kekecewaan.

2. Menurunkan ekspektasi
Berekspektasi terlalu tinggi hanya akan membuat Anda sedih dan kecewa di hari ulang tahun. Oleh sebab itu, belajarlah untuk menjadi lebih realistis untuk meminimalkan rasa kecewa ketika segala sesuatunya tidak berjalan seperti yang diharapkan.

Hargailah apa yang sudah dilakukan dan diberikan orang lain di hari spesial Anda. Terimalah semua pemberian tersebut (meskipun kecil dan tidak seberapa) dengan penuh rasa syukur serta pikiran positif.

3. Nikmati hari ulang tahun
Rayakan hari ulang tahun sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Jika ingin menghabiskan waktu bersama keluarga, ajak orangtua dan juga saudara untuk merayakan hari ulang tahun, misal dengan pergi makan bersama. Apabila hari ulang tahun tidak dirayakan sebagaimana yang diharapkan, Anda akan kesulitan untuk bersenang-senang. Kondisi ini dapat berujung pada birthday blues.

4. Berpikiran positif
Apabila Anda belum berhasil mencapai apa yang diharapkan, berhentilah menyalahkan diri sendiri dan cobalah untuk menghargai proses. Ingat juga momen ketika Anda sukses meraih capaian di tahun-tahun sebelumnya untuk memberikan lecutan semangat tambahan. Cara ini juga dapat membantu Anda untuk keluar dari kesedihan.

5. Mengingatkan orang lain tentang hari ulang tahun Anda
Jika orang-orang punya kecenderungan lupa dengan hari ulang tahun Anda, tak ada salahnya untuk mengingatkan mereka beberapa hari sebelumnya. Cara ini bertujuan supaya hari ulang tahun Anda berjalan dengan menyenangkan. Dengan begitu, risiko kesedihan akibat birthday depression pun dapat dikurangi. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

6 Cara Mudah Redakan Sakit Gigi Berlubang, Nggak Cenat Cenut Lagi!

admin

Whatsapp Rilis 3 Fitur Baru, Ada Fitur Reactions Hingga Bisa Tampung 512 Anggota Grup

admin

Makin Tua Perut Jadi Makin Buncit, Kenapa Ya?

admin