Lifestyle

7 Bahan yang Dapat Kamu Tambahkan Saat Memasak Nasi, Biar Aromanya Makin Nikmat

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Meski sudah jadi makanan pokok sehari-hari, terkadang bosan juga sih makan nasi putih biasa. Apalagi kalau lagi nggak nafsu makan. Nah, kalau lagi di situasi kayak begini, cobalah untuk menambahkan aroma wangi pada nasi dengan bahan-bahan tertentu. Dijamin nafsu makanmu bakal naik lagi. Sebagai referensimu, berikut beberapa bahan penambah aroma wangi pada nasi yang bisa kamu masukkan serta saat menanak nasi.

1. Cara tradisional paling sering dipakai untuk memberi aroma nasi adalah menambahkan daun pandan
Daun pandan nggak hanya digunakan untuk menambah aroma pada kue dan minuman saja, tapi cocok untuk nasi juga. Nasi uduk dan nasi liwet contohnya, bakal makin nikmat aromanya saat ditambahkan daun pandan. Caranya mudah, kamu tinggal masukkan selembar daun pandan yang diikat atau dipotong-potong jadi beberapa bagian ke dalam beras yang ditanak. Setelah matang, daun pandannya bisa kamu sisihkan.

2. Sebelum disantap, kamu bisa menambahkan satu sendok makan mentega selagi nasi masih panas lalu aduk rata
Salah satu cara yang mudah dan praktis untuk menambah kenikmatan aroma nasi adalah dengan menambahkan mentega. Nggak cuma menambah aromanya, mentega juga memberikan rasa gurih pada nasi. Kombinasi rasa dan aroma nasi putih hangat dengan mentega ini cocok buat anak yang susah makan biar nafsu makannya bertambah.

3. Sering digunakan sebagai penambah aroma pada berbagai hidangan oriental, masukkan serai saat menanak nasi
Sebelum dicampurkan ke dalam beras yang ditanak, geprek serai terlebih dahulu untuk mengeluarkan aromanya. Setelah matang, daun serai bisa dibuang. Tak hanya wangi, nasi yang dibubuhi serai juga akan berasa sedikit gurih.

4. Selain jadi salah satu bahan yang digunakan pada resep masakan khas Indonesia, daun jeruk juga bisa bikin aroma nasi makin sedap
Daun jeruk seringnya digunakan pada berbagai resep masakan Indonesia, seperti soto, pepes, atau bahkan campuran sambal. Tapi juga bisa memberi aroma segar pada nasi. Caranya sedikit iris daun jeruk nipis, lalu masukkan dalam beras yang akan ditanak. Selain memberikan aroma segar, nasi juga jadi lebih awet.

5. Bawang merah dan bawang putih yang kerap jadi bumbu masakan juga bisa dijadikan penambah aroma nikmat pada nasi
Kamu bisa langsung memasukan irisan kedua bawang tersebut pada beras dan air sebelum ditanak. Cara lainnya, tumis bawang sebentar dengan sedikit minyak untuk mengeluarkan aroma bawang yang lebih kuat lagi. Setelah itu masukan pada beras yang akan akan ditanak.

6. Kayu manis selain bikin aroma minuman jadi lebih wangi, juga menimbulkan efek segar dan harum pada nasi
Caranya mudah, masukkan kayu manis sepanjang 4-5 cm ke dalam air dan beras yang akan dimasak. Gunakan kayu manis asli ketimbang kayu manis bubuk agar aromanya pas dengan nasi. Aroma yang kuat pada kayu manis bubuk lebih pas digunakan untuk kue.

7. Jangan salah, keju pun bisa menambah lezat nasi dengan aroma khasnya gurih-manis-asam
Caranya mudah, keju yang sudah diparut bisa langsung dimasukan pada nasi yang ditanak atau dimasukkan terakhir saat nasi baru matang. Jangan lupa untuk diaduk juga ya supaya kejunya merata.

Sesekali cobalah memasak nasi dengan membubuhkan bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas untuk menambah aroma dan rasanya. Dijamin, selera makanmu dan keluarga bakal meningkat lagi. Nggak ada lagi nasi sisa. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Jangan Buru-buru Resign! Ini Dia 7 Cara Elegan untuk Menghadapi Atasan yang Toxic

admin

Jaya Negara Serahkan Bingkisan Kepada LVRI Kota Denpasar

admin

WhatsApp Uji Coba Fitur “Expiring Groups”, Keluar Grup Whatsapp bakal Bisa Pakai Jadwal

admin