Health Lifestyle

Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah secara Alami dan Dengan Obat, Ikuti 7 Tips Ini

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Tekanan darah rendah adalah kondisi saat cek tensi hasilnya 90/60 mmHg atau di bawahnya.

Melansir NHS, beberapa gejala tekanan darah rendah, antara lain:
* Pusing atau sakit kepala
* Tidak enak badan
* Pandangan kabur
* Badan terasa lemas
* Bingung

Jika tekanan darah terlalu rendah, penderita masalah kesehatan ini bisa pingsan.

Cara mengatasi tekanan darah rendah perlu disesuaikan dengan penyebab, usia, kondisi kesehatan secara keseluruhan, sampai jenis penyakit. Dilansir dari Mayo Clinic, berikut beberapa di antaranya:

1. Banyak minum air putih
Minum lebih banyak air putih dapat membantu meningkatkan volume darah dan mencegah dehidrasi. Keduanya penting untuk membantu mengatasi tekanan darah rendah.

2. Konsumsi garam lebih banyak jika memungkinkan
Apabila kondisi kesehatan memungkinkan, penderita tekanan darah rendah terkadang disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak garam dan natrium. Namun, rekomendasi ini tidak berlaku untuk kalangan lansia serta orang dewasa dengan riwayat penyakit kronis.

3. Gunakan stoking kompresi
Stoking kompresi adalah stoking elastis yang biasanya digunakan untuk membantu meredakan nyeri ketika varises bengkak. Selain itu, stoking ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan tekanan darah rendah dan melancarkan aliran darah.

4. Perhatikan posisi tubuh
Tekanan darah rendah terkadang juga bisa muncul ketika seseorang tiba-tiba beranjak dari tempat duduk atau bangun dari tempat tidur. Jika Anda merasakan gejala tekanan darah rendah ini, coba silangkan kaki. Atau, letakkan salah satu kaki di kursi lalu condongkan tubh ke depan. Gerakan ini dapat mendorong aliran darah dari kaki ke jantung dan meningkatkan tekanan darah.

5. Ubah pola makan
Untuk mencegah tekanan darah turun setelah makan, coba ubah pola makan dengan mengonsumsi asupan dalam porsi kecil beberapa kali sehari. Selain itu, batasi makanan tinggi karbohidrat seperti kentang, nasi putih, pasta, dan roti.

6. Rutin olahraga
Untuk menjaga kebugaran dan tekanan darah tetap stabil, Anda perlu olahraga rutin 30 menit minimal dua kali seminggu. Pilih jenis olahraga kardio yang dapat membantu meningkatkan detak jantung. Selain itu, pilih waktu yang tepat. Hindari olahraga saat panas dan lembap.

7. Minum obat tekanan darah rendah
Cara mengatasi tekanan darah rendah yang parah sampai mengganggu aktivitas sehari-hari biasanya memerlukan terapi obat. Jenis obat tekanan darah rendah yang diresepkan dokter ada yang bekerja dengan meningkatkan volume darah hingga mencegah pembuluh darah terlalu longgar. Sedangkan tekanan darah rendah yang menimbulkan gejala ringan biasanya tidak membutuhkan pengobatan. Penderita cukup menjalankan beberapa modifikasi gaya hidup sederhana di atas. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Bisa Mencerahkan Kulit, Ketahui 5 Manfaat Ubi Jalar untuk Kecantikan Berikut Ini Yuk!

admin

Cara Membuat Nugget Ayam ala Rumahan, Lebih Enak, Sehat, dan Disukai Anak!

admin

Bikin Semrawut, Satpol PP Denpasar Tertibkan Spanduk, Baliho, Banner Yang Kadaluarsa.

admin