Life Style

Mudah Ditemukan di Rumah, 6 Permainan Sederhana Ini Bisa Bantu Melatih Kemampuan Indra Anak

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Di era modern seperti sekarang, banyak sekali permainan anak yang mampu melatih kemampuan motorik halus maupun kasar sudah sangat “menjamur”. Namun faktanya, melatih kemampuan indra si kecil tak perlu membelikan alat yang mahal karena Moms bisa memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitar.

Anak yang cerdas adalah dambaan semua orang tua. Kecerdasan anak juga sudah bisa dilatih sejak bayi lo, Moms. Dengan melatihnya dengan permainan sederhana, tentunya akan membantu merangsang indra si kecil. Memberikan permainan untuk mengasah kemampuan indra anak tidak harus membeli barang yang mahal. Moms bisa menstimulasi indra anak dengan permainan sederhana yang mudah ditemukan di sekitar rumah.

1.Botol yang diisi dengan benda-benda kecil sehingga menimbulkan suara. Cara ini mampu melatih indra pendengaran
Anak-anak pasti akan suka dengan suara yang dihasilkan dari botol. Moms bisa memanfaatkan botol bekas yang diisi dengan benda kecil seperti batu kecil atau apa saja sehingga mampu menghasilkan suara. Cukup efektif kok Moms. Wajib dicoba.

2.Warna yang ada pada ruangan rumah. Dinding warna akan membantu menstimulasi indra penglihatannya
Salah satu alasan mengapa ruangan anak berwarna-warni adalah untuk menstimulasi indra penglihatannya. Hal ini merupakan cara paling mudah agar si kecil perlahan mulai mengenal warna yang berbeda-beda. Moms bisa juga menambahkan tempelan-tempelan warna-warni pada dinding kamar anak agar semakin menyenangkan.

3.Memanfaatkan kain jenis apa saja yang ada di rumah untuk membantu menstimulasi indra peraba si kecil
Kain bukanlah benda asing yang sulit ditemukan. Moms juga pastinya memiliki aneka jenis kain di rumah, kan? Nah..ini bisa dimanfaatkan untuk melatih kepekaan anak terhadap sentuhan. Moms bisa memulai memberikan kain lembut hingga kain yang kasar agar si kecil bisa dengan mudah merasakan perbedaannya.

4.Botol yang diisi dengan aneka wewangian yang berbeda. Aromanya mampu membantu menstimulasi indra penciuman
Moms bisa memanfaatkan botol bekas untuk melakukannya. Namun, jangan lupa untuk memastikan kebersihan botol ya Moms. Botolnya bisa diisi dengan aroma daun jeruk, bunga atau wewangian lain yang aman untuk si kecil. Ini akan membantu anak untuk membedakan aneka bau yang dicium. Jangan terlalu dekat dengan hidung ya Moms.

5.Mengajak anak menginjak rerumputan. Cara ini mampu merangsang syaraf motorik bayi sekaligus agar bayi cepat berjalan
Menurut orang tua zaman dulu, sering menginjakkan kaki bayi di rerumputan akan membuatnya cepat berjalan meski belum ada bukti ilmiahnya. Akan tetapi, menginjakkan kaki bayi di rerumputan ternyata mampu merangsang syaraf motorik bayi. Moms bisa sekaligus mengajaknya bermain.

6.Memanfaatkan air dingin, hangat dan panas untuk mengenalkan tentang perbedaan suhu pada si kecil
Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan botol atau gelas. Moms bisa mengisi air dingin terlebih dulu kemudian diletakkan pada telapak tangan si keci. Setelah itu cobalah untuk menggantinya dengan air yang lebih hangat dan panas. Cara ini mampu mengajarkan perbedaan temperatur pada si kecil.

Ternyata cara untuk melatih stimulasi indra anak tak selamanya harus membeli peralatan mahal ya Moms. Mungkin cara diatas juga bisa dicoba. Memakai cara-cara sederhana juga bukan berarti pelit pada si kecil. Kalau ada cara sederhana, mengapa harus keluar banyak uang? Yang terpenting adalah sebagaimana kreatifnya orang tua. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

5 Cara Mengatasi Rambut Rontok Menggunakan Bahan Alami

admin

Merasa Mantan Terlihat Jauh Lebih Menarik setelah Putus? Mungkin 8 Hal Ini Jadi Alasannya

admin

5 Alasan Mengapa Seseorang Tetap Bertahan dalam Hubungan Toxic Meski Terasa Menyakitkan

admin