Life Style

Arti Tulisan Quartz yang Ada di Jam Tangan, Ternyata Bukan Merk

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Apakah kamu termasuk orang yang suka memakai jam tangan? Kalau iya, coba perhatikan di antara angka-angka pada jam, maka kita akan melihat adanya tulisan quartz yang tertera di sana.

Tulisan quartz ini ternyata bukan hanya ada di jam tangan yang kita pakai, lo.
Tapi juga ada di jam meja, hingga jam dinding yang berukuran besar maupun kecil.

Meski kita dapat menemukan tulisan quartz di jam, sebenarnya tulisan ini bukanlah merk jam yang dipakai. O iya, ternyata tidak semua jam memiliki tulisan quartz di bagian tengah jam. Sebenarnya apa arti kata quartz pada jam dan apa bedanya jam dengan tulisan quartz dengan yang tidak memiliki tulisan ini, ya?

Tulisan quartz pada jam biasanya terletak di atas angka 6 atau di bawah angka 12 pada jam analog. Nah, tulisan ini bukanlah merk jam, melainkan teknologi yang digunakan pada jam, yaitu menunjukkan bahwa jam ini menggunakan mesin yang berbasis elektronik.

Ini artinya, jam yang sudah menggunakan teknologi quartz tidak lagi berbasis mekanik, seperti mengandalkan gerak pendulum untuk membuat penunjuk waktu pada jam terus berputar. Arti kata quartz pada jam ini sebenarnya diambil dari jenis mineral yang jumlahnya paling banyak di Bumi, yaitu kristal kuarsa.

Bagaimana Cara Kerja Jam dengan Teknologi Quartz?
Pada jam yang menggunakan teknologi quartz, kristal kuarsa akan diletakkan pada mesin jam yang juga dilengkapi dengan sebuah micro chip. Nah, agar mesin elektronik pada jam bisa bergerak dan menjadi penunjuk waktu, maka diperlukan baterai.

Arus listrik dari baterai yang dipasang pada jam ini akan memberikan daya ke kristal kuarsa di dalam mesin penggerak jarum jam. Akibat dari daya ini adalah bergetarnya kristal kuarsa pada mesin penggerak dan bisa menggerakkan motor penggerak, yang membuat jarum penunjuk jam berputar.

Tidak Semua Jam Menggunakan Teknologi Quartz
Jika diperhatikan, memang banyak jam yang bertuliskan quartz di bagian penunjuk waktunya, baik itu jam tangan, jam dinding, bahkan menara jam. Teknologi quartz banyak dipilih untuk mesin jam karena dengan memakai teknologi ini, jam bisa menunjukkan waktu dengan lebih tepat atau akurat. Selain itu, harga jam yang menggunakan teknologi kristal kuarsa akan menjadi lebih murah.

Namun ternyata tidak semua jam memakai teknologi quartz, lho. Masih ada jam yang memakai teknologi mekanik pada mesinnya yang menimbulkan beberapa perbedaan dengan jam berteknologi quartz.

Karena jam dengan teknologi mekanik tidak menggunakan kristal kuarsa yang akan bergertar saat menerima daya listrik dari baterai, maka mesin mekanis terdiri dari komponen kecil yang rumit. Komponen ini akan saling bekerja sama untuk memberikan daya pada jam agar bisa menunjukkan waktu dengan tepat.
Perbedaan yang bisa kita lihat adalah pada pergerakan jarum jamnya.

Pada jam dengan teknologi quartz, jarum jam akan bergerak dengan cukup kaku dan bergerak tepat satu kali per detik. Sedangkan jam yang menggunakan teknologi mekanis akan bergerak dengan lebih halus.

Meskipun saat ini jam dengan teknologi quartz banyak digunakan, jam dengan teknologi mekanik tetap masih diminati.
Terutama untuk jam berharga mahal, karena gerakannya yang halus dan pembuatannya yang dianggap berseni. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

7 Alternatif Obat untuk Meredakan Gigi Ngilu yang Mudah dan Bisa Ditemukan di Rumah

admin

Hati-hati 6 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kulkas Cepat Rusak

admin

Mitos atau Fakta, Benarkah Tidur di Lantai Bikin Paru-paru Basah?

admin