Life Style

10 Cara Menyembuhkan Ambeien secara Alami, Aman dan Efektif

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Ambeien tak hanya menimbulkan peradangan para pembuluh darah di sekitar anus, namun juga menyebabkan benjolan yang bisa berdarah ketika buang air besar.

Tak perlu langsung mengonsumsi obat ambeien, karena kamu bisa mencoba sejumlah cara mengobati ambeien secara alami dan permanen.

Ada beberapa cara mengobati ambeien yang bisa kamu lakukan dengan mudah menggunakan bahan-bahan alami. Berikut diantaranya :

1. Oleskan gel lidah buaya
Lidah buaya atau aloe vera ternyata tak hanya bermanfaat untuk kulit, namun juga dapat digunakan sebagai obat ambeien alami. Tanaman lidah buaya menghasilkan gel yang bersifat anti-inflamasi, sehingga bisa mengurangi peradangan akibat ambeien. Lidah buaya juga dapat mengatasi rasa gatal dan iritasi pada bagian anus. Cara menggunakan lidah buaya untuk menyembuhkan ambeien yaitu:
* Potong lidah buaya, keluarkan gelnya
* Oleskan lidah buaya pada bagian anus yang bengkak
* Lakukan 2-3 kali sehari

2. Lumuri minyak kelapa
Sama seperti lidah buaya, minyak kelapa juga memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu mengurangi pembengkakan dan mengobati ambeien. Selain itu, minyak kelapa juga mengandung analgesik yang mampu menghilangkan nyeri akibat wasir. Minyak kelapa berperan penting untuk melembapkan area anus, sehingga meringankan sembelit dan mengejan saat buang air besar. Agar hasilnya maksimal, pilihlah minyak kelapa asli daripada krim atau lotion yang mengandung minyak kelapa.
* Campurkan minyak kelapa dengan bubuk kunyit, aduk rata
* Celupkan bola kapas atau tisu ke larutan minyak kelapa
* Oleskan pada bagian anus

3. Gunakan witch hazel
Witch hazel merupakan tanaman herbal yang berkhasiat untuk meredakan nyeri, gatal, dan bengkak pada anus akibat ambeien. Bukan itu saja, witch hazel juga memiliki sifat hemostatik, yang dapat menghentikan pendarahan jika ambeien terlalu parah.

Cara mengobati ambeien berdarah dengan witch hazel adalah sebagai berikut:
* Sediakan ekstrak witch hazel dalam bentuk krim atau salep
* Tuangkan ekstrak witch hazel pada handuk kecil
* Oleskan pada area anus yang ambeien selama beberapa menit

4. Berendam air cuka hangat
Berendam menggunakan air hangat bermanfaat untuk mengurangi iritasi pada ambeien. Tak hanya itu, berendam air hangat juga dapat meredakan pembengkakan dan mengempiskan ambeien. Agar hasilnya maksimal, tambahkan cuka apel untuk meminimalisir rasa gatal dan nyeri pada anus.

Berikut ini cara mengobati ambeien luar dengan berendam air hangat:
* Sediakan air hangat pada bak mandi
* Campurkan dengan tetesan cuka apel
* Aduk merata lalu rendam bokong dengan larutan cuka

5. Kompres dengan es batu 
Mengompres dengan es batu termasuk cara menghilangkan benjolan ambeien yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Sensasi dingin pada es batu membantu meringankan bengkak dan rasa nyeri pada anus.

Cara menggunakannya juga sangat mudah, yakni sebagai berikut:
* Ambil beberapa es batu lalu bungkus dengan kain atau handuk
* Kompres pada area wasir selama 15 menit
* Ulangi hingga ambeien mengempis

6. Konsumsi makanan berserat
Penyebab ambeien yang paling utama adalah kurangnya asupan serat yang kamu konsumsi sehari-hari. Padahal serat berperan penting dalam melancarkan gerakan usus selama mencerna makanan, sehingga tinja yang dihasilkan tidak mengeras. Maka dari itu, konsumsilah suplemen serat bila perlu atau makan makanan berserat tinggi berikut ini:
* Jagung
* Alpukat
* Apel
* Pepaya
* Brokoli
* Tomat
* Beras merah

7. Perbanyak minum air putih
Selain mengonsumsi makanan tinggi serat, kamu juga sangat disarankan untuk banyak minum air putih untuk mengobati ambeien. Air putih memiliki kemampuan untuk melancarkan sistem pencernaan sekaligus melunakkan feses. Jadi, minumlah minimal 8 gelas setiap hari atau konsumsi buah dengan kandungan air yang tinggi, agar tubuh selalu terhidrasi.

8. Rutin olahraga
Rutin berolahraga juga termasuk cara mengobati ambeien secara alami yang terbukti ampuh. Sebab, olahraga membantu pergerakan usus, sehingga makanan lebih mudah dicerna.
Dengan demikian, feses akan menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan. Olahraga yang disarankan yaitu jalan kaki sekitar 20-30 menit, beberapa kali dalam seminggu.

9. Jangan duduk terlalu lama
Duduk terlalu lama dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah dan arteri di sekitar anus.Hal ini tentu memperburuk kondisi ambeien bahkan menyebabkan wasir bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Oleh karena itu, usahakan untuk berdiri setiap 1-2 jam sekali, selama 5 menit. Gunakan pula tambahan bantal jika duduk di permukaan yang keras untuk mengurangi pembengkakan.

10. Hindari menahan buang air besar
Kebiasaan sering menahan buang air besar (BAB) ternyata dapat menyebabkan susah buang air besar yang berujung ambeien. Sebab, makin lama menahan BAB, usus akan menyerap cairan pada feses, sehingga feses menjadi keras dan kering. Ketika feses mengeras, maka kamu perlu mengejan lebih kuat yang berisiko melukai jaringan anal. Oleh karena itu, cara mengobati ambeien adalah dengan tidak menunda-nunda buang air besar.

Itulah cara mengobati ambeien atau wasir secara alami. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya! (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Merasa Bosan Hidup ‘Gitu-Gitu Aja’? Cobain 3 Hal Baru Ini Yuk!

admin

6 Cara Mengatasi Tidur Mangap, Cegah Gangguan Kesehatan

admin