Lifestyle

Gigi Terasa Ngilu Karena Berlubang dan Sensitif? Coba Lakukan Ini Untuk Mengatasinya

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Gigi ngilu bisa disebabkan oleh gigi berlubang, gigi sensitif, penumpukan plak, penggunaan mouthwash, makanan asam dan manis, dan kebiasaan menyikat gigi terlalu kencang. Pada umumnya gigi ngilu akan kambuh saat sedang menggosok gigi dan mengonsumsi makanan atau minuman yang manis, asam, panas, serta dingin.

Untuk mengatasi rasa denyut secara terus menerus, penting untuk mengetahui cara mengatasi gigi ngilu dengan cepat karena gigi berlubang atau gigi sensitif. Ada berbagai cara mengatasi gigi ngilu sesuai dengan penyebabnya, mulai dari perawatan sendiri hingga perawatan medis. Berikut beberapa cara mengatasi gigi ngilu dengan cepat, baik karena sensitif maupun berlubang.

1. Kumur dengan air garam
Cara mengatasi gigi ngilu dengan cepat yang bisa kamu lakukan adalah dengan berkumur dengan air garam. Garam atau natrium klorida dapat mengurangi peradangan pada gigi, meredakan ngilu, sekaligus membunuh bakteri.

Menurut British Dental Journal, air garam bekerja dengan cara membuat pH mulut menjadi basa, sehingga menghalangi perkembangan bakteri.
* Campurkan 1/2 sendok garam ke dalam segelas air hangat
* Kumur-kumur selama 30 detik lalu buang
* Ulangi beberapa kali hingga ngilu mereda

2. Pakai pasta gigi untuk gigi sensitif
Cara mengatasi gigi ngilu terus menerus adalah dengan menggosok gigi dengan pasta gigi untuk gigi sensitif. Pasta gigi ini mengandung bahan aktif yang disebut potasium nitrat, yang membantu mengurangi sensasi nyeri dari permukaan ke syaraf gigi. Pasta gigi untuk gigi sensitif biasanya menggunakan teknologi NovaMin, yang dapat membentuk lapisan mineral gigi 1,5 kali lebih kuat dibandingkan lapisan alami dentin. Sehingga, rasa ngilu akibat gigi sensitif bisa mereda secara bertahap.

3. Gunakan fluoride
Salah satu cara mengatasi gigi ngilu karena berlubang yaitu dengan penggunaan fluoride oleh dokter gigi. Kadar fluoride yang digunakan biasanya lebih banyak daripada pasta gigi fluoride, sehingga membantu memulihkan enamel gigi berlubang. Namun, cara ini hanya efektif untuk mengobati gigi berlubang dengan tingkat kerusakan ringan atau lubang yang kecil. Biasanya, dokter gigi juga akan memberikan resep penggunaan fluoride di rumah yang diaplikasikan dengan alat khusus.

4. OIeskan kunyit
Cara mengatasi gigi ngilu secara tradisional yang bisa jadi pilihan adalah dengan mengoleskan kunyit. Senyawa kurkumin pada kunyit efektif melawan bakteri yang menyebabkan peradangan. Hal ini karena kurkumin bersifat antiseptik, antibiotik, dan antiinflamasi.

Caranya sebagai berikut :
* Haluskan 1 ruas jari kunyit, campurkan dengan 1/2 sdt garam dan 1 sdm minyak kelapa
* Aduk merata hingga membentuk pasta gigi
* Oleskan pada area gigi yang ngilu

5. Kenakan pelindung gigi saat tidur
Penyebab gigi ngilu yang sering tak disadari juga bisa diakibatkan oleh kebiasaan menggertakkan gigi. Menggertakkan gigi terbukti dapat mengikis lapisan enamel sehingga gigi menjadi sensitif bahkan rapuh. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari kebiasaan menggertakkan gigi, terutama saat tidur. Bila perlu konsultasikan pada dokter gigi agar dapat menggunakan pelindung gigi (mouthguard) saat tidur.

6. Hindari makanan dan minuman manis atau asam
Agar gigi ngilu tidak muncul kembali, kamu sangat disarankan untuk menghindari makanan dan minuman yang manis dan asam. Sebab, makanan dan minuman manis atau asam dapat mengikis lapisan enamel sehingga gigi makin sensitif. Makanan dan minuman manis atau asam juga berpotensi meninggalkan bakteri yang bisa menggerogoti dentin dan area pulp yang di dalamnya terdapat pembuluh darah dan saraf. Jika kamu sudah terlanjur mengonsumsi makanan dan minuman asam, tunggulah minimal 20 menit sebelum menggosok gigi.

7. Kurangi makanan dan minuman panas atau dingin
Saat gigi terasa ngilu karena berlubang, sebaiknya kurangi makanan dan minuman dengan suhu panas atau dingin. Gigi yang sudah berlubang membuat lapisan dentin menjadi sensitif saat bereaksi dengan suhu ekstrem dari makanan dan minuman. Itulah sebabnya, membatasi asupan makanan dan minuman dengan suhu terlalu tinggi atau rendah termasuk cara mengatasi gigi ngilu terbaik.

Nah, itulah cara mengatasi gigi ngilu dengan cepat akibat berlubang atau gigi sensitif. Semoga bermanfaat! (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Dishub Denpasar Siagakan Mobil Derek Dukung Kelancaran Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Besakih

admin

Daun Sirih Ampuh Digunakan untuk Mengobati Mimisan, Benarkah?

admin

Kulit Buah Naga Ternyata Bisa Dijadikan Teh Herbal, Berikut Resepnya!

admin