Kuliner Lifestyle

Resep Membuat Tahu Crispy Anti Gagal, Dijamin Kriuk Tahan Lama

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Tahu jadi salah satu bahan makanan sejuta umat. Selain mudah diolah menjadi berbagai jenis masakan, tahu memiliki tekstur yang mudah menyerap bumbu sehingga mau dimasak jadi apa saja tetap lezat. Salah satu olahan tahu yang bisa jadi kudapan dan lauk makan nasi adalah tahu crispy. Teksturnya yang lembut di dalam dan kriuk diluar membuat siapa saja nggak bisa menolak kelezatan gorengan satu ini.

Siapa nih yang suka jajan tahu crispy di pedagang gorengan pinggir jalan? Kriuknya itu, lo yang bikin nagih. Ternyata cara membuat tahu crispy ada triknya, lo! Nggak bisa asal masuk tepung dan goreng lalu jadi crispy. Yuk coba simak cara membuat tahu crispy anti gagal berikut. Dijamin kriuknya tahan lama!

1. Gunakan tahu putih yang dipotong dadu atau melebar tipis-tipis
Cara membuat tahu crispy ini menggunakan tahu putih, karena teksturnya yang lembut dan padat bisa mengembang sempurna dan mudah menyerap bumbu daripada tahu berkulit. Siapkan tahu putih yang sudah dicuci bersih lebih dulu, kemudian potong dadu atau potong melebar tipis-tipis dengan ukuran sesuai selera.

2. Rendam tahu dengan air garam supaya lebih renyah selama 30 hingga 1 jam
Setelah dipotong, rendam tahu dengan air garam. Selain untuk menambah rasa, garam juga berfungsi untuk menambah kerenyahan tahu. Supaya asinnya pas, coba koreksi rasa setelah tahu direndam dan ditiriskan. Jika terlalu asin, cuci tahu lebih dulu sebelum proses selanjutnya. Jika kurang asin, bisa tambahkan garam pada bumbu.

3. Siapkan bumbu-bumbu yang akan dicampurkan ke dalam tepung
Bumbu yang digunakan meliputi bawang putih dan merica yang dihaluskan dan kaldu bubuk sesuai selera. Selain memakai bumbu yang dibuat sendiri, kamu juga bisa menggunakan bumbu instan. Bisa pilih sesuai selera, ya.

4. Buat adonan tepung dari campuran terigu, tepung beras, dan tapioka
Cara membuat tahu crispy yang renyah dan tahan menggunakan campuran tiga tepung yakni tepung terigu protein sedang, tepung beras, dan tepung tapioka dengan perbandingan 3:2:1. Kemudian masukan bumbu dan tambahkan air es, lalu aduk rata. Trik supaya tepung bisa tepung bisa renyah, jangan buat adonan terlalu kental. Biarkan sedikit encer supaya nggak terlalu tebal dan tahu bisa mengembang.

5. Tambahkan baking powder supaya tepung bisa mengembang saat digoreng
Supaya hasilnya lebih maksimal, tambahkan seperempat sendok teh baking powder ke dalam adonan tepung. Diamkan 10 menit supaya adonan mengembang. Namun, jika kamu ingin cara membuat tahu crispy tanpa baking powder, langkah ini bisa dilewati. Tapi, pastikan lapisan tepung pada tahu jangan terlalu tebal.

6. Celupkan tahu ke dalam tepung sesaat sebelum sebelum digoreng
Setelah adonan tepung berbumbu sudah siap, selanjutnya celupkan tahu ke dalam tepung. Trik supaya tahu bisa mengembang, jangan rendam tahu di dalam adonan tepung. Cukup celupkan 2 kali, kemudian masukan ke dalam wajan yang sudah berisi minyak panas. Merendam tahu di dalam adonan tepung akan membuat tahu menyerap air, sehingga bisa mengurangi kerenyahannya.

7. Goreng dengan teknik deep frying supaya tepung mengembang dan lebih crispy
Pastikan untuk menggunakan teknik deep frying untuk mengggoreng tahu crispy. Tahu harus tenggelam dalam minyak panas agar hasilnya bisa renyah dan nggak terlalu menyerap minyak. Gunakan api besar hingga tahu setengah matang. Kemudian kecilkan api untuk melanjutkan penggorengan hingga tahu berwarna cokelat keemasan. Setelah matang, angkat dan tiriskan.

Nah, supaya makin mirip dengan jajanan tahu crispy kekinian di pinggir jalan, coba praktikkan cara membuat tahu crispy balado pedas dengan menambahkan bumbu dan cabai bubuk setelah tahu selesai digoreng. Cara membuat tahu crispy seperti ini juga bisa untuk ide jualan lho, selamat mencoba! (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Menurut Studi, Mengelus Anjing Ternyata Bermanfaat bagi Kesehatan Otak

admin

Dukung Terwujudnya Sistem Kependudukan Akurat, Disdukcapil Kota Denpasar Lakukan Jemput Bola Perekaman e-KTP

admin

Gandeng Komunitas, Dinas PUPR Kota Denpasar Terus Gencarkan Aksi Bersih Sungai

admin