Lifestyle

Perut Begah Bikin Resah, Coba Lakukan 6 Cara Ini Untuk Mengatasinya

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Perut termasuk anggota tubuh yang sangat peka terhadap penyakit-penyakit dalam. Biasanya perut akan terasa sakit jika seseorang memiliki masalah dalam pencernaan atau masalah asam lambung. Perut juga akan terasa nggak enak saat kita merasa sangat lapar. Singkatnya, perut adalah penanda baik buruk terhadap aktivitas organ pencernaan manusia dan memperingatkan kita saat merasa lapar.

Selain menandakan rasa lapar, perut juga bisa menandakan kelebihan makanan atau gas. Hal ini biasanya diperlihatkan dengan perut yang mulai mengembung dan terasa begah. Setiap orang pasti pernah mengalami hal ini saat perut kelebihan makanan atau banyaknya gas yang terperangkap dalam perut itu sendiri. Nah, bagaimana sih cara mengatasi perut begah dan kembung secara alami?

1. Pertolongan pertama untuk menghilangkan rasa begah dan kembung dengan sengaja kentut atau sendawa untuk mengeluarkan gas atau udara yang terperangkap
Ada banyak penyebab perut terasa begah dan kembung. Biasanya, perut terasa kembung dan begah karena terperangkapnya udara di saluran cerna. Hal ini diakibatkan dari kebiasaan makan yang cepat dan jumlahnya yang terlalu banyak. Perut terasa begah juga bisa menyebabkan sesak nafas, mual, dan susah buang air besar.

Tindakan pertolongan pertama untuk mengatasi hal ini adalah dengan sengaja kentut atau sendawa. Hal ini berguna agar angin yang terperangkap dalam perut bisa keluar. Jangan membiasakan diri untuk menahan-nahan kentut dan sendawa. Jika perut terasa begah, cobalah untuk berjongkok atau membuka mulut untuk sengaja mengeluarkan gas dengan cara kentut dan sendawa. Jika tidak berhasil, lakukan cara-cara lain seperti minum obat alami perut begah dan sesak.

2. Kompres perut menggunakan air hangat selama 10 sampai 15 menit untuk meredakan nyeri dan kram serta melebarkan pembuluh darah sampai mengendurkan otot perut
Jika kamu sudah mencoba untuk mengeluarkan gas namun nggak kunjung membaik, cobalah untuk mengompres perut menggunakan air hangat. Kamu hanya perlu menyiapkan air hangat, kain bersih atau waslap dan baskom. Rendam waslap dalam baskom berisi air hangat lalu peras. Setelah itu, tempelkan kompres hangat tersebut pada bagian perut selama 10 sampai 15 menit.

Mengompres perut menggunakan air hangat akan membantu kita meredakan nyeri dan kram yang terasa akibat perut begah. Suhu hangat juga berguna untuk membantu tubuh melebarkan pembuluh darah sehingga oksigen atau udara dapat mengalir lebih lancar. Selain itu, otot-otot perut juga akan lebih rileks yang akan mengeluarkan gas. Cara ini juga bisa dilakukan untuk mengatasi perut begah dan susah BAB pada anak.

3. Saat merasa begah karena kekenyangan, berjalan santai 10-15 menit untuk mengendurkan usus dan memperlancar pengeluaran gas
Salah satu penyebab perut begah adalah kelebihan makan. Biasanya orang yang kelebihan makan akan merasakan nyeri di perut dan nggak banyak bergerak karena kram. Padahal jika ini terjadi, cara mengatasi perut begah setelah makan atau kekenyangan adalah dengan lebih banyak bergerak.

Kalau kamu merasa begah, jangan diam dan menunggu kondisi membaik. Segera bangkit dan berjalan kaki santai kira-kira 10 sampai 15 menit. Olahraga kecil ini bisa membantu tubuh mengendurkan usus dan memperlancar pengeluaran gas. Selain membuat kamu cepat kentut, cara ini juga berguna untuk kamu yang sulit BAB. Kalau buang air lancar, otomatis gas yang ada dalam tubuh juga ikut keluar.

4. Kamu harus mulai mengganti kebiasaan makan. Batasi porsi dan mengunyah makanan secara perlahan akan sangat membantumu terhindar dari perut kembung dan begah
Selalu hindari untuk makan dengan cepat dan berlebihan. Berhentilah makan sebelum kenyang. Membatasi porsi dalam sekali makan akan sangat membantu.

Saat makan, usahakan untuk mengunyah makanan secara perlahan sampai makanan terasa halus. Untuk melatihnya, kamu bisa menghitung kunyahan sampai 30-32 hitungan. Selain untuk menghindari perut begah, tubuh juga akan mencerna serta makanan lebih baik. Kamu juga harus menghindari makan sambil berbicara atau mengobrol.

5. Tinggalkan gaya hidup tidak sehat seperti merokok dan mengonsumsi minuman berkarbonasi. Sebagai gantinya, kamu bisa mulai minum minuman herbal dari bahan alami anti kembung dan begah seperti pepermin, kamomil, dan kunyit
Untuk kasus perut begah, cara paling umum yang bisa dipraktikkan adalah mulai mengganti gaya hidup. Jika sebelumnya kamu skeptis, mulailah untuk menyesuaikan asupan makanan yang kamu konsumsi. Cara ini bisa menghindarkan kamu dari rasa kembung dan begah setelah makan.

Selain itu, kamu juga harus mengurangi minuman bersoda. Bir, soda, dan minuman berkarbonasi bisa memperparah penumpukan gas dalam lambung dan usus. Minuman bersoda ini umumnya mengandung karbon dioksida yang bisa membuat kembung. Kamu juga harus mulai mengurangi atau bahkan berhenti merokok. Selain buruk untuk paru-paru, rokok yang dihisap juga ternyata bisa memperparah kandungan gas dalam tubuh.

Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi teh herbal yang bisa mengurangi rasa kembung seperti teh pepermin, kamomil, ketumbar, adas manis, dan kunyit. Kombinasikan bahan-bahan alami tersebut sesuka hati.

6. Cara terakhir untuk mengatasi perut begah adalah dengan menggunakan teknik pijat memutar pada bagian-bagian sekitar perut
Cara terakhir untuk mengobati perut begah adalah dengan memijat perut. Memijat perut membantu melancarkan pergerakan sistem pencernaan sekaligus menghilangkan gas dari perut. Tentu saja ada teknik tertentu untuk melakukan pemijatan perut ini.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu praktikan untuk membantu orang atau mengatasi perut begah sendiri:
* Letakkan kedua tangan tepat di atas tulang pinggul sebelah kanan
* Pijat secara perlahan dengan gerakan memutar
* Sambil pijat memutar, berikan tekanan ringan ke arah sisi kanan tulang rusuk
* Setelah itu lakukan pijatan dengan mengarah pada perut bagian atas dan lakukan hal yang sama
* Jika sudah, pindah ke bagian sisi kiri tulang rusuk dan ulangi langkah pijat memutar dan sedikit tekanan
* Setelah itu bawa pijatan tangan ke bagian bawah menuju tulang pinggul sebelah kiri
* Terakhir, ulangi langkah pemijatan tersebut seperlunya sampai perut terasa baikan.

Nah, itu dia beberapa penyebab dan cara mengatasi perut begah karena asam lambung, gas menumpuk, dan kesulitan buang angin. Gimana? Nggak sulit kan?Agar lebih sempurna, kamu bisa melakukan cara-cara di atas sembari mengonsumsi obat perut begah di apotek. Semoga kondisi kalian membaik dan mari hidup sehat! (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Perut Bunyi Padahal Baru Saja Habis Makan, Kok Bisa?

admin

Sayangi Dirimu, Lakukan 10 Tips Ini Untuk Berhenti Menjadi People Pleaser di Tempat Kerja

admin

Instagram Uji Coba Fitur Templates, Bikin Video Reels Jadi Makin Mudah!

admin