Fakta dan Mitos Lifestyle

Mitos Atau Fakta, Benarkah Mencukur Justru Bikin Bulu Tumbuh Lebih Tebal?

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Terkadang, kita merasa risih dengan tumbuhnya bulu atau rambut-rambut halus di bagian tubuh tertentu, membuat mencukur menjadi pilihan utama. Kendati demikian, banyak orang mengatakan bahwa mencukur bulu atau rambut halus di sekujur tubuh akan membuat bulu tambah lebat jika telah tumbuh kembali. Namun, apakah itu benar atau hanyalah mitos? Untuk mengetahui jawabannya, simak paparan yang dilansir dari The Healthy, berikut ini.

Buat kamu yang masih merasa khawatir, tenang saja. Sebab, bulu dan rambut halus tidak akan tumbuh makin tebal.“Mencukur tidak mengubah tingkat perkembangan, warna, atau ketebalan bulu dan rambut,” ujar Annie Gonzalez, MD, dermatolog bersertifikat di Miami.

Memang, setelah mencukur folikel rambut akan terus tumbuh di bawah kulit, membuatnya mengalami iritasi, gatal, atau benjolan merah yang menyakitkan. Ada juga efek samping seperti luka, rambut tumbuh ke dalam, atau pun jerawat. “Mencukur dengan tidak benar atau luka bakar akibat pisau cukur juga dapat menyebabkan kulit gatal setelah bercukur,” ujar Gonzalez.

Rasa ketebalan yang terjadi setelah mencukur disebabkan oleh ujung tubuh atau rambut wajah yang mungkin terasa kasar, membuat rambut tampak lebih tebal dan lebih gelap.

“Memotong sebagian rambut tidak mengubah proses pertumbuhan kembali, dan tidak ada sumber ilmiah di balik rambut yang tumbuh kembali lebih tebal atau lebih gelap setelah bercukur,” ujarnya.

Sementara itu, menurut BMJ mencukur menghilangkan bagian rambut yang mati, bukan rambut hidup yang terletak di bawah permukaan kulit. Inilah sebabnya tidak ada kaitan antara mencukur dan pertumbuhan rambut.

Setelah bercukur, rambut tumbuh kembali dengan ujung yang tumpul dan biasanya terasa kasar, hal inilah yang membuatnya terkadang terlihat lebih tebal. Tak hanya itu, sinar matahari dan paparan bahan kimia lainnya belum mencerahkan rambut baru, membuatnya tampak lebih gelap atau lebih tebal.

Namun, jika ingin membuat rambut atau bulu lebih tipis, kamu bisa melakukan treatment penghilang rambut seperti laser. Ya, laser dapat membuat ketebalan rambut berkurang dan membuat folikel rambut ada dalam keadaan tidak aktif untuk waktu yang lama. Ketika rambut tumbuh kembali, rambut akan menjadi lebih tipis dan lebih halus daripada metode penghilangan rambut lainnya.

Mencukur sebaiknya dengan apa?
Semua metode mencukur memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Misalnya, ada laser hair removal yang mahal dan memakan waktu, namun bisa lebih sempurna dan menawarkan hasil yang lebih tahan lama daripada metode lain. Lalu, ada waxing, sugaring, atau epilating, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Untuk waxing, salah satu kelebihannya adalah kemungkinan iritasi bisa berkurang dan kulit lebih cerah, namun rasanya kurang nyaman. Sugaring membuat kulih lebih cerah, namun akan memakan waktu lama bagi mereka yang memiliki bulu tebal. Sedangkan epilating sangat hemat, meski sangat sakit.

Kendati demikian, metode paling aman dan umum adalah mencukur dengan pisau cukur. Metode ini tidak memerlukan uang banyak, tidak terlalu sakit, dan praktis. Kendati demikian, metode ini bisa menyebabkan luka atau rambut yang tumbuh ke dalam dan beberapa orang meyakini bahwa mencukur dengan pisau cukur menyebabkan rambut atau bulu tumbuh lebih tebal dan gelap. Namun, seperti sudah disebutkan sebelumnya, mencukur tidak akan membuat rambut lebih tebal.

Tips mencukur dari ahli
Gonzalez memberikan beberapa tips untuk mencukur bulu di kaki agar mencukur terasa lebih nyaman. Berikut tipsnya.

Pertama, mandilah dengan air yang hangat. Sebab, mandi air panas dan mencukur dapat mengurangi kelembapan kulit, membuatnya kering dan iritasi. Lalu, cukur bulu sesuai arah pertumbuhannya, di mana kulit lebih sensitif untuk menghindari iritasi dan luka.

Terakhir, saat mencukur, gunakan pelembap atau krim cukur, bilas pisau cukur dengan air setiap mencukur, dan pastikan untuk melakukan eksfoliasi di area bikini line sebelum dan sesudah mencukur. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Melalui Pasar Murah Sewaka Jaya Pemkot Denpasar Tekan Angka Inflasi

admin

5 Minuman Sehat yang Cocok Diminum Di Pagi Hari, Memulai Hari Jadi Lebih Semangat

admin

Jangan Sampai Salah Pilih, Ini 5 Tips Memilih Timun yang Tidak Pahit dan Segar untuk Lalapan

admin