Lifestyle

Patut Dicoba, Ini 5 Cara Agar Tidur Lebih Nyenyak dan Berkualitas

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Tidur punya peran yang krusial terhadap kesehatan tubuh kita secara keseluruhan, tingkat energi, dan kemampuan fungsi tubuh kita bekerja dengan optimal. Kebanyakan orang dewasa pada umumnya memerlukan tidur tujuh hingga delapan jam setiap malamnya agar merasa berenergi di pagi hari.

Jika mengalami susah tidur nyenyak secara berulang, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengamati kembali pola tidur kita. Catat berapa lama durasi tidur kita setiap malamnya, kenali penyebab susah tidur yang kita alami, serta catat bagaimana perasaan dan energi kita di pagi hari.

Setelah itu, cobalah beberapa strategi berikut sebagai cara untuk memperbaiki kualitas tidur kita. Teruslah berusaha melakukan perubahan sehingga kebiasaan tidur buruk di waktu sebelumnya bisa berkurang dan hilang.
Berikut cara tidur nyenyak yang dapat kita coba praktikkan di rumah:

1. Mengurangi cahaya dan suara
Dua faktor ini dapat berdampak terhadap kualitas dan kuantitas tidur kita. Kegelapan menyebabkan otak kita melepaskan hormon melatonin sehingga kita merasa tenang dan mengantuk. Itulah mengapa, penting untuk mengurangi paparan cahaya sebelum waktu tidur, tak hanya dari lampu kamar tetapi juga dari gawai yang kita gunakan.

Jika memungkinkan, taruh gawai jauh dari tempat tidur atau luar kamar tidur. Jika masih kurang gelap, kita juga bisa menggunakan masker mata. Selain itu, penting pula untuk menciptakan ruangan yang hening dan kondusif. Periksalah jika kipas angin yang kita gunakan atau benda lainnya di kamar tidur mengeluarkan suara bising yang tidak diinginkan.

2. Membangun rutinitas
Seperti pada anak, membangun rutinitas tidur juga penting bagi orang dewasa untuk bisa tidur nyenyak. Tidur di waktu yang sama dan membangun kebiasaan yang sama setiap malamnya bisa membantu tubuh untuk beristirahat dan mengondisikan otak untuk tidur. Pastikan patuh dengan rutinitas tersebut, termasuk melakukan aktivitas yang menenangkan, seperti peregangan ringan, menulis jurnal, membaca buku, atau melakukan meditasi.

3. Mengelola stres
Bagaimana cara kita mengelola stres bisa memengaruhi kualitas tidur kita. Sebab, stres dapat menyebabkan kecemasan dan kekhawatiran yang membuat otak terus sibuk berpikir di malam hari. Untuk mengatasinya, cobalah temukan penyebab stres yang dirasakan dan carilah solusinya. Lakukan pula teknik manajemen stres sebelum tidur. Misalnya, menyalakan aromaterapi, mempraktikkan pernapasan dalam, hingga melakukan meditasi.

4. Bangkit dari tempat tidur
Jika kita merasakan stres saat berbaring di tempat tidur sehingga susah tidur, segeralah bangkit dan melakukan sesuatu yang menenangkan. Aktivitas menenangkan yang efektif bisa berbeda pada setiap orang. Jika sudah mulai mengantuk, kembalilah ke tempat tidur.

5. Jadikan tidur prioritas
Sekalipun kita sudah mulai bisa tidur nyenyak, cara ini akan tetap membantu. Tapi, jika kita susah tidur nyenyak atau sering kurang tidur, lakukan beberapa praktik berikut hingga mendapatkan kualitas tidur yang diinginkan:
* Menuliskan jadwal tidur dalam seminggu.
* Mematikan alat elektronik, termasuk ponsel dan televisi, setidaknya satu jam sebelum tidur.
* Lakukan peregangan ringan sebelum tidur untuk membantu rileks. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Resep Kue Sus Buah, Camilan Manis yang Enak dan Bernutrisi

admin

Merasa Takut Ditinggal Pasangan Karena Insecure? Lakukan 5 Cara Ini untuk Mengatasinya

admin

7 Resep Minuman Segar ala Korea yang Enak dan Mudah Dibuat, No Alcohol!

admin