Lifestyle

10 Tips Sederhana Menjaga Perut Tetap Rata Meskipun Banyak Duduk

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Duduk terlalu lama dapat berdampak buruk untuk kesehatan. Kebiasaan ini bisa mengakibatkan penurunan kinerja tubuh dalam mengatur tekanan darah, menjaga kadar gula darah, hingga memproses lemak. Akibatnya, risiko berbagai macam penyakit pun muncul karena lambatnya metabolisme tubuh. Bahkan, lebih parahnya lagi, duduk terlalu lama juga berpotensi membuat badan melar karena jarang bergerak.

Sayangnya, banyak orang tak mendapat kesempatan untuk berolahraga atau bergerak sedikit pun karena terlalu sibuk. Namun tenang saja, ada trik mudah untuk menjaga agar perut tetap rata, meski hanya duduk di kursi.

1. Pasang alarm setiap 20 menit sekali
Hanya berdiri saja sebenarnya mampu mencegah berat badan meningkat, akibat duduk terus menerus. Saat kita melakukan aktivitas kecil, sebenarnya kalori yang kita lepaskan cukup banyak dan dapat membantu kita menurunkan berat badan. Misalnya, menggunakan vacuum cleaner atau berjalan ke arah dispenser untuk mengambil air minum. Jadi, kita bisa memasang alarm getar di ponsel atau gawai lainnya yang akan “memaksa” kita untuk berdiri dan berjalan di sekitar kantor.

2. Buang semua camilan “sampah”
Bersihkan meja kerjamu dari makanan manis. Saat tidak dikelilingi oleh godaan, jauh lebih mudah untuk menjauh dari makanan yang dapat menyebabkan berat badan naik.

3. Makanlah snack sehat
Agar lebih sehat, pilihlah snack yang sehat dan cukup mengenyangkan, seperti snack yang kaya serat dan protein yang akan membuat kita kenyang sementara. Jadi, simpanlah snack awet dan sehat seperti kacang yang telah diukur porsinya atau granola bar rendah gula, buncis panggang, biskuit gandum utuh, dan sebotol kecil selai kacang atau almond butter. Lalu, jika kantor memiliki lemari es, kita bisa menyimpan apel, edamame, atau yogurt rendah lemak.

4. Banyak minum infused water
Ratakan perut dengan meminum infused water setiap harinya. Rasa ekstra dari buah akan menolong kita jika bosan dengan rasa tawar air mineral. Selain itu, kombinasi antara air dan potassium dari buah, rempah, atau sayuran dapat membantu menghilangkan penyebab kembung -seperti garam, dari sistem pencernaan. “Saat seseorang terhidrasi dengan baik, ia tidak akan menganggap rasa haus sebagai rasa lapar,” ujar Lyssie Lakatos dan Tammy Lakatos Shames, RDN.

5. Minum teh saat makan siang
Teh hijau atau hitam memiliki kandungan asam amino theanine, yang membuat kita lebih tenang. Teh akan membantu meredakan kecemasan dan mencegah makan berlebihan karena stres emosional, sekaligus membuat kita menyadari pilihan makanan.

6. Olahraga di meja untuk kencangkan perut
Latih perut dengan meregangkan kuat-kuat, lalu tarik kembali ke arah tulang belakang saat kita mengeluarkan napas. Kencangkan perut dengan menggunakan otot-otot untuk membuat perut kontraksi dengan menariknya dari tengah.

Tarik perut dalam satu garis vertikal dari pusar hingga antara tulang dada, sambil menahan semuanya di dalam dan ke arah tulang belakang. Tahan gerakan ini selama 10 hitungan sambil terus menghembuskan napas. Lalu, lepaskan perlahan dan ulangi selama 10 repetisi setidaknya tiga kali. “Ini tidak hanya akan menciptakan postur yang baik, tetapi akan membangunkan otot-otot perut.” “Juga membuatnya lebih mudah untuk mempertahankan perut rata,” kata Lakatos Shames. Selain itu, saat kita fokus untuk membentuk perut rata dan kencang, kemungkinan besar kita tidak akan makan berlebih.

7. Olahraga di meja untuk membentuk paha
Membentuk paha meski hanya duduk di meja cukup mudah. Pertama, tetap duduk dengan kaki di lantai dan punggung lurus. Lalu rentangkan kaki kanan hingga sejajar dengan pinggul dan turunkan perlahan. Ulangi 10-15 kali. Lalu ganti kaki.

8. Olahraga di meja untuk memperkuat betis
Kita bisa melakukan olahraga ini saat menelepon atau melakukan sesuatu yang tak membutuhkan tulis menulis. Caranya, berdirilah di belakang kursi sambil memegang punggung kursi. Lalu, tempatkan kaki kanan di belakang kaki kiri dan buat gerakan seperti berjinjit pada kaki kiri. Setelah itu, ganti dengan kaki satunya.

9. Olahraga meja untuk mengencangkan bokong
Kencangkan otot gluteal saat duduk di kursi. Caranya, tahan selama 10 detik, lalu lakukan berulang hingga 10 kali.

10. Olahraga meja untuk sistem pencernaan
Buat perut lebih rata dengan merangsang peristaltik, kontraksi otot seperti gelombang yang menggerakkan makanan melalui saluran pencernaan. Caranya, kempiskan perut semampunya, lalu regangkan sejauh yang kita bisa. Tarik napas saat menghirup dan hembuskan napas saat kita mendorong perut keluar. Menurut Lakatos Shames, latihan kecil ini membantu lancarnya aliran darah ke perut, membantu pencernaan, dan melatih otot perut. (DH/WS/DV).

Artikel asli

Related posts

Akun Gmail Lama Tak Aktif? Siap Siap, Google Bakal Hapus Akun Gmail yang Dinilai Tidak Aktif!

admin

Tinjau Langsung Operasi Pasar Serentak Khusus LPG 3KG, Wawali Arya Wibawa: Harga Tertinggi Tetap 18 Ribu

admin

7 Ramuan Masker Rambut dari Bahan Alami, Menutrisi Rambut dan Aman Digunakan

admin