Lifestyle Tekno

Instagram Akan Wajibkan Pengguna Konfirmasi Tanggal Ulang Tahun, Untuk Apa Ya?

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Instagram akan memulai menanyai penggunanya informasi tanggal lahir/ulang tahun mereka. Akan ada kolom informasi tanggal ulang tahun yang wajib diisi oleh seluruh pengguna Instagram.

Hal itu dilakukan sebagai bagian dari upaya Instagram dalam melindungi privasi dan keamanan pengguna di platformnya. Vice President of Youth Product Instagram, Pavni Diwanji mengatakan, persyaratan mengisi tanggal ulang tahun ini berguna untuk membantu Instagram menyajikan pengalaman yang sesuai dengan usia penggunanya.

Terlebih, pengguna remaja saat ini masih menjadi perhatian khusus Instagram. Pada Juli 2021 lalu misalnya, pengguna baru Instagram yang berusia di bawah 16 tahun atau 18 tahun akan mendapati akun mereka dikunci (private) secara default. Sementara, bagi pengguna remaja yang telah mendaftar dari lama, dan terlanjur mengatur akunnya secara publik, Instagram akan mendorong mereka untuk menjadikan akunnya sebagai akun privat.

Menurut Diwanji, informasi tanggal ulang tahun ini juga diperlukan Instagram untuk mempersonalisasi pengalaman pengguna, termasuk dalam hal memunculkan konten iklan yang lebih relevan. “Informasi ini (tanggal lahir) memungkinkan kami untuk membuat fitur keselamatan baru bagi kalangan remaja. Hal ini juga membantu kami sehingga dapat memberikan pengalaman yang tepat yang sesuai dengan usia mereka,” kata Diwanji dalam sebuah posting blog.

Sebagaimana dihimpun dari Blog Instagram, ada dua skema yang akan dilakukan Instagram untuk meminta pengguna memasukkan tanggal ulang tahun mereka.

Pertama, Instagram akan memunculkan pemberitahuan yang menanyakan tanggal ulang tahun, ketika pengguna pertama kali membuka aplikasi. Pemberitahuan tersebut akan dimunculkan secara berkala, hingga pengguna benar-benar mengisi informasi tanggal lahir/ulang tahunnya.

Kedua, Instagram akan menyodorkan sebuah “peringatan” jika pengguna sedang melihat postingan tertentu. Peringatan berupa pertanyaan tentang tanggal ulang tahun itu akan muncul sebelum pengguna membuka postingan tersebut.

“Kami (Instagram) juga akan menanyakan ulang tahun Anda sebelum Anda dapat melihat postingan itu,” kata Instagram. Pemberitahuan berupa pertanyaan ini hanya akan dimunculkan bagi pengguna Instagram yang belum memasukkan tanggal ulang tahun mereka.

Jika pengguna telah menautkan akun Instagram mereka ke akun Facebook, maka aplikasi akan secara otomatis menambahkan tanggal lahir yang tercantum di akun Facebook.

Sebelumnya, peringatan semacam ini sudah ditampilkan Instagram untuk konten-konten yang dianggap sensitif atau vulgar. Hanya saja, peringatan itu tidak menanyakan pengguna terkait tanggal ulang tahun mereka.

Lebih lanjut, Instagram menambahkan bahwa, pihaknya juga akan mengandalkan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk memprediksi berapa usia penggunanya yang mengacu pada unggahan terkait hari ulang tahun. “Kami menyadari bahwa beberapa orang mungkin mencantumkan tanggal lahir yang salah. Oleh karena itu, kami sedang mengembangkan sistem baru untuk mengatasi hal tersebut,” jelas Instagram. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Wajib Dicoba, Berikut 8 Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket dan Meletup-Letup

admin

Resmi Dibuka, Art Moments Jakarta 3 di gelar secara hybrid

admin

Tak Hanya Sebagai Bumbu Masakan, Ini 10 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh

admin