Lifestyle

Meski Enak Bagi Manusia, Cokelat Ternyata Makanan yang Berbahaya Buat Anjing, Kenapa Ya?

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Mungkin kamu bertanya-tanya kenapa anjing tidak boleh makan cokelat. Padahal cokelat merupakan makanan yang disukai sebagian besar masyarakat  di dunia.

Tak hanya buruk untuk anjing, cokelat bahkan bisa membahayakan nyawa anjing peliharaanmu. Hal ini dikarenakan cokelat mengandung theobromine, senyawa alkaloid yang ditemukan di tanaman kakao.

Meskipun manusia dapat dengan mudah mencerna senyawa ini, anjing tidak dapat mencernanya. Bahkan cokelat dalam jumlah kecil dapat menyebabkan mual dan muntah pada anjing. Tak jarang pula terjadi beberapa kasus kematian pada anjing karena makan cokelat.

Secara umum, cokelat yang lebih pekat dan pahit lebih berbahaya bagi anjing.  Keracunan cokelat dapat menimbulkan berbagai gejala, sehingga terkadang sulit untuk didiagnosis pada awalnya.

Penyebab cokelat berbahaya untuk anjing
Cokelat berasal dari biji tanaman kakao yang disangrai, yang mengandung dua komponen utama yang beracun bagi anjing: theobromine dan kafein. Ini adalah bagian dari kelompok senyawa methylxanthine yang berlimpah dalam makanan dan minuman manusia.

Senyawa ini mudah dicerna oleh manusia, dalam waktu rata-rata dua hingga tiga jam. Sedangkan pada anjing, waktu cernanya rata-rata adalah 18 jam. Waktu pemrosesan yang lama ini adalah bagian yang membuat cokelat sangat berbahaya untuk anjing, karena konsentrasi tinggi senyawa ini tetap berada dalam sistem hewan.

Theobromine dan kafein merangsang detak jantung dan sistem saraf anjing. Itulah sebabnya salah satu gejala pertama keracunan cokelat pada anjing adalah hiperaktif.

Meskipun keracunan cokelat jarang berakibat fatal, penting untuk segera mencari pertolongan medis untuk hewan peliharaanmu. Tak hanya anjing, cokelat juga beracun bagi kucing.

Efek yang dirasakan dari banyaknya yang dikonsumsi
Efek dari cokelat yang dirasakan anjing setelah mengonsumsinya tergantung dari jenis cokelat dan juga ras anjing. Anjing Chihuahua lebih banyak mengalami efek beracunnya cokelat dibandingkan anjing ras Great Dane, antara lain karena ukuran tubuhnya.

Secara umum, cokelat yang pahit, lebih gelap, akan lebih berbahaya bagi anjing, karena cokelat ini mengandung lebih banyak kakao, yang berarti juga mengandung lebih banyak teobromin dan kafein.

Menurut FDA, kandungan teobromin dalam coklat bisa bermacam-macam sebagai berikut:
* Coklat susu mengandung 44 mg theobromine per ons (704 mg / lb)
* Semi sweet chocolate chip atau cokelat chip yang agak manis setengah manis mengandung 150 mg per ons (2.400 mg / lb)
* Baking Chocolate atau cokelat pahit mengandung 390 mg theobromine per ons (6.240 mg / lb)
* Dark chocolate mengandung berbagai theobromine, dengan jumlah tinggi 450 mg per ons.
* Cokelat putih memiliki risiko keracunan yang sangat rendah, dengan hanya 0,25 mg theobromine per ons.

Secara umum, dosis theobromine yang beracun  pada anjing berkisar antara 23 hingga 35 mg theobromine per kilogram berat badan anjing. Bila anjing mengonsumsi 57 hingga 114 mg theobromine per kilogram berat badannya atau lebih, bisa saja nyawanya tak tertolong.

Jika kamu mencurigai anjing kesayanganmu memakan cokelat, mulailah memantau tingkah lakunya dengan hati-hati dan hubungi dokter hewan. Jika menunjukkan gejala tertentu, segera cari pertolongan.

Berikut gejala keracunan cokelat pada anjing:
* Muntah
* Diare
* Denyut jantung cepat
* Kegelisahan
* Hiperaktif
* Buang air kecil lebih banyak
* Kejang otot
* Kejang
* Tanda neurologis lainnya

Gejala keracunan cokelat pada anjing bisa terlihat sekitar dua jam setelah konsumsi cokelat, atau bisa juga 24 jam baru muncul gejalanya, dan yang terlama adalah tiga hari setelahnya.

Efek jangka panjang dari keracunan cokelat akan bergantung pada tingkat keparahan keracunan, namun sebagian besar kasus pada anjing bisa pulih sepenuhnya.

Namun keracunan berulang dapat menstimulasi sistem saraf pusat anjing secara berlebihan, yang berpotensi berbahaya. Selain itu kandungan lemak cokelat juga dapat menyebabkan obesitas atau pankreatitis jika anjing sering memakannya.

Pengobatan keracunan cokelat
Semakin cepat theobromine dikeluarkan dari tubuh hewan, semakin cepat sehat pula anjing kita. Di klinik, langkah pertama mungkin dekontaminasi lambung, obat diberikan biasanya untuk mengosongkan isi perut anjing dan menghentikan penyerapan theobromine dan kafein.

Selanjutnya, dokter hewan dapat memberikan sejenis arang aktif, yang merupakan bahan bubuk yang dapat mengikat senyawa beracun, serta oksigen dan cairan. Ada juga obat khusus yang dapat diberikan anjing, tergantung pada tingkat keparahan dan gejala keracunan, seperti Diazepam untuk kejang atau hipereksitabilitas, beta blocker untuk detak jantung tinggi, atau Atropin untuk detak jantung rendah.

Anjing biasanya pulih dalam tiga hari. Selain itu, kamu juga perlu membawa anjingmu jalan-jalan jika telah mengonsumsi cokelat. Hal ini untuk mendorongnya untuk buang air kecil lebih sering. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat, Pemkot Denpasar Gelar Safari Kesehatan di Banjar Kayumas Kaja

admin

Anjing Suka Memiringkan Kepalanya, Apa Ya Artinya?

admin

WhatsApp Hadirkan Dua Fitur Baru, Bikin Penggguna Lebih Mudah Atur Grup

admin