Lifestyle

Arti Deretan Angka di Gagang Kacamata, Sudah Tahu?

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Pengguna kacamata pasti sering melihat angka-angka kecil yang dicetak di bagian gagang kacamata. Bagi kita, deretan angka tersebut barangkali hanyalah kode produksi yang dicantumkan pembuat kacamata. Namun faktanya lebih dari itu.

Jika kita mengenali arti dari angka yang terdapat pada kacamata, lebih mudah untuk memutuskan kacamata yang ingin kita beli secara online.

Dokter mata Jonathan Wolfe yang berbasis di New York memberikan pemaparan terkait angka “misterius” tersebut. “Pada kacamata biasa, kita akan menemukan tiga angka pengukuran, biasanya dalam format AA-BB-CCC,” jelas dia.

Ditambahkan Wolfe, angka yang diwakili oleh format AA (angka di baris depan) mewakili ukuran mata kita, yang berkisar antara 42-58 milimeter. Semakin besar angka yang tercantum, maka ukuran bingkai atau frame kacamata akan semakin besar.

Sementara itu, angka kedua yang diwakili dalam format BB seperti dijelaskan Wolfe merupakan jarak antara lensa kanan dan kiri.

Umumnya, angka yang tercantum di baris tengah berada di kisaran 16-24 milimeter. Tiga angka terakhir di baris belakang (format CCC) adalah panjang gagang kacamata (antara 130-150 milimeter).

Jika kita memiliki kepala berukuran besar, sebaiknya pilih kacamata dengan gagang yang panjang supaya kita nyaman memakai kacamata tersebut.

Wolfe mencatat banyak orang keliru memahami informasi yang terdapat di gagang kacamata ini. “Orang sering menduga ukuran mata mereka tetap, dan jika ukuran mata pada kacamata mereka saat ini 54, maka mereka memilih kacamata baru dengan ukuran mata 54 juga,” sebutnya. “Faktanya belum tentu demikian, karena nilai AA dan BB saling berhubungan.” Satu kacamata yang cocok dipakai seseorang, belum tentu cocok bagi orang lain.

“Misalnya, kita memiliki frame persegi panjang dengan ukuran mata 56 mm, dan jarak antar lensa 16 mm.” “Jika kita ingin beralih ke kacamata bulat, bisa jadi kacamata yang cocok bagi kita memiliki frame dengan ukuran mata 50 mm dan jarak antar lensa 18 mm,” papar Wolfe.

“Itu sebabnya kita perlu mencoba kacamata secara langsung, daripada sekadar memperkirakan ukuran mata pada kacamata kita saat ini.”

Ketika mencari kacamata baru via aplikasi online, jangan terpaku pada angka. Pastikan kacamata terpasang dengan pas di wajah kita. Di sinilah kita memerlukan bantuan dari ahli kacamata. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Indosat Luncurkan ID Camp 2023 untuk Penuhi Kebutuhan Talenta Digital Indonesia

admin

Kenali Sejak Dini! 5 Hal Ini Jadi Tanda Kalau Kamu Sebenarnya Narsis

admin

Cara Membuat Recap Reels 2022 di Instagram, Bagikan Momen Menarik Tahun Ini

admin