Lifestyle

5 Manfaat Merendam Kaki dengan Air Garam, Salah Satunya Bisa Mengatasi Insomnia Lho

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Merendam kaki dengan air hangat dan garam bisa membantu kamu yang miliki masalah insomnia. Terapi menggunakan air hangat ini sering disebut dengan istilah hidroterpi. Hidroterapi ini sebenarnya ada tiga jenis, yaitu dengan berendam, mengompres, dan merendam kaki dengan air hangat.

Terapi ini memang sudah lama dilakukan sejah Zaman Yunani. Namun, belum lama ini teknik terapi ini ditambah dengan garam untuk mendapatkan manfaat lebih banyak. Kandungan garam pada air mengandung antiseptik yang baik untuk kesehatan kaki. Berikut akan dijelaskan apa saja manfaat merendam kaki dengan menggunakan air hangat dan garam.

1. Redakan Insomnia
Merendam kaki dengan air hangat dan campuran garam bisa membantu membuat tubuh rileks. Otot-otot yang tegang setelah beraktivitas seharian bisa menjadi lebih tenang. Dengan begitu tubuh akan terasa nyaman untuk mulai beristirahat. Kondisi tubuh yang rileks akan membuatmu lebih mudah untuk istirahat dan tidur lebih lelap.

2. Hilangkan Bau Kaki
Apakah kamu ada yang memiliki masalah bau kaki? Masalah bau kaki tentu akan membuat diri sendiri dan orang di sekitar menjadi tidak nyaman. Ada cara yang bisa kamu lakukan yaitu menggunakan air hangat dan campuran garam.

Kamu cukup merendam kaki dengan campuran setengah sendok garam. Lakukan selama 10 hingga 20 menit sekali dalam sehari. Cara ini bisa membantu membersihkan kaki, dan mencegah bakteri penyebab bau kaki berkembang biak.

3. Atasi Infeksi Jamur Kaki
Selain hilangkan bakteri pada kaki, kamu bisa menggunakan air hangat dan garam untuk hilangkan jamur pada kaki. Untuk melakukannya, kamu bisa melarutkan garam pada air hangat lalu merendam kaki selama 20 menit. Lakukan cara ini sehari dua kali agar infeksi dari jamur bisa cepat mengering.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Merendam kaki dengan menggunakan air hangat bisa membantu meningkatkan respon sel darah putih dalam tubuh. Dengan respon sel darah putih yang baik, daya tahan tubuh akan lebih meningkat. Sel darah putih merupakan bagian darah yang memiliki peranan dalam menghasilkan antibodi.

5. Atasi Lecet
Kaki lecet bisa terjadi jika kamu menggunakan sepatu dengan ukuran yang tidak sesuai. Lecet pada kaki bisa juga disebabkan karena berjalan tanpa alas kaki. Untuk mengatasi lecet, kamu bisa menggunakan air hangat dengan campuran garam.

Garam memiliki kandungan antiseptik yang bisa membantu meredakan nyeri pada kulit. Terapi menggunakan air hangat dan garam bisa menenangkan dan melembutkan kulit. Luka lecet pun bisa lebih cepat sembuh.

6. Atasi Nyeri dan Bengkak
Cedera pada kaki atau pada sendi bisa menyebabkan kaki membengkak. Kondisi ini juga akan menyebabkan nyeri pada kaki. Untuk mengatasi kaki bengkak dan nyari, kamu bisa merendam dengan air garam. Gunakan setengah sendok teh garam dan campurkan pada air hangat. Rendam kaki selama beberapa menit di dalam air.

Seperti dijelaskan sebelumnya pada garam terdapat kandungan magnesium yang tinggi sehingga dapat meredakan impuls nyeri. Selain itu air garam juga memiliki sifat anti radang yang bisa meredakan pembengkakan pada kaki.

Nah, itu tadi manfaat dari merendam kaki dengan menggunakan air garam. Kamu bisa mencoba cara ini bila memiliki gangguan tidur. Atau lakukan teknik ini saat kaki lecet atau cedera. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

5 Fakta Menarik Detak Jantung Manusia, Ternyata Berdetak Sebanyak 100.000 Kali Sehari Lho!

admin

Sedang Anyang-Anyangan? Ini 10 Tips Mudah yang Bisa Kamu Coba Untuk Mengatasinya

admin

Tanda Hubunganmu Hanya Menguras Emosi, Salah Satunya Tak Bisa Jadi Diri Sendiri

admin