Lifestyle

Bosan dengan Suasana Kamar dan Berniat Mengecat Dinding Kamar Sendiri? Coba Simak Tipsnya Berikut Ini

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Kamarmu terlihat membosankan? Atau sebenarnya, kamu sudah bosan dengan suasana kamar? Mungkin, kamu perlu mengganti warna cat ruanganmu menjadi yang baru! Faktanya, mengganti warna kamar dengan warna yang trendi adalah salah satu cara tercepat untuk memperbarui ruangan yang terkesan muram.

Menariknya, kamu bisa melakukan ini sendiri, alias nggak perlu menyewa jasa tukang cat. Namun, memang membutuhkan sedikit tips agar pekerjaan mengecat ini berjalan mulus dan memberikan hasil yang rapi. Mulai dari mengenal jenis cat yang akan kamu pakai, menggunakan kuas yang tepat, dan persiapan yang matang. Lalu bagaimana caranya? Simak tipsnya berikut ini!

1. Sebelum mengecat tembok rumah, persiapkan alat-alatnya biar proses mengecat makin mulus
Mengecat tembok rumah bukan perkara mulai cepat-cepat biar segera selesai. Kamu harus memastikan semua alat dan bahan sudah siap. Supaya proses mengecat nggak terhambat. Pastikan tembok sudah bersih dan bebas kotoran. Jika ada bagian tembok yang rusak atau retak, ratakan dulu agar hasil cat tetap rapi. Kamu bisa menggunakan semen untuk menambalnya, lalu menghaluskan permukaannya dengan amplas.

Tutup bagian tembok yang tidak ingin dicat seperti gagang pintu dan bingkai jendela. Gunakan lakban atau tape untuk menutupinya. Selanjutnya, siapkan alat dan bahan mengecat seperti kuas, tangga, roller, air, paint remover, atau alat lain. Sesuaikan saja alatnya dengan cara mengecat dan motif yang kamu pilih. Pasalnya, beda cara mengecat, beda pula alat cat yang dipakai.

2. Ini panduan dasar mengaduk cat dan proporsinya
Agar cat tidak menggumpal dan hasil cat optimal, aduk cat dengan sempurna. Pastikan tidak ada lagi gumpalan-gumpalan di dalamnya. Atur proporsi cat dan air supaya adonan cat tidak encer dan tidak kental. Takaran airnya sekitar 10 % dari jumlah cat yang digunakan.

Lapisi permukaan tembok dengan water base atau solvent. Tujuannya, agar cat mudah dioleskan di atas permukaan tembok. Selain sapuan kuas akan terasa halus, cat tidak mudah terkelupas. Kamu pengin cat lebih mengilap, merata, dan bertahan lama? Oleskan dulu warna cat dasar dengan kandungan acrylic emulsion, ya.

3. Kalau bujet mengecat terbatas, gunakan teknik W agar lebih efisien
Teknik W ini bisa menekan jumlah cat yang digunakan. Jadi, kamu nggak perlu menghabiskan banyak cat. Pertama, mulai mengecat dari sudut tembok dengan menggunakan roller. Kemudian gerakkan roller naik-turun sampai membentuk huruf W. Tanpa mengangkat roller, cat bagian yang sisi secara horizontal. Lakukan terus sampai tembok dilapisi cat secara menyeluruh.

4. Saat mengecat tembok, terapkan rumus satu arah biar hasilnya nggak berantakan
Sapuan kuas atau roller sangat menentukan hasil cat rumah. Selama ini, banyak orang masih asal menggoreskan kuas. Yang terpenting adalah meratakan cat. Padahal sapuan yang tidak teratur malah menyebabkan cat rumah jadi jelek. Pilih dan tetapkan satu sapuan saja. Kalau dari awal menyapukan kuas secara vertikal, jangan tiba-tiba mengubahnya jadi sapuan horizontal.

5. Trik mengecat dengan teknik zig-zag yang paling umum dipakai tukang
Metode zig-zag cukup familier di telinga orang. Meski bukan tukang, orang biasanya menggunakan teknik ini agar hasil cat rumah merata. Teknik ini cukup simpel, yakni menggoreskan kuas secara zig-zag dari atas menuju bawah. Lakukan berkali-kali sampai cat menutupi tembok secara sempurna. Selain kuas, kamu bisa memakai roller cat bila permukaan tembok lumayan tinggi dan luas.

6. Pakai masking tape untuk menyiasati kesulitanmu mengecat dengan rapi
Masking tape adalah pilhan tepat untukmu yang kesusahan mengecat dengan rapi. Masking tape difungsikan sebagai pembatas. Cukup dengan menempelkannya di tembok, kamu sudah bisa mengecat tanpa takut cat akan meluber ke mana-mana.

7. Pengin motif cat tembok dengan kesan berbeda? Coba pakai gulungan kain untuk hasil corak yang abstrak
Trik ini nggak membutuhkan kuas atau roller. Gunakan kanebo, lap meja, kaos, kain tak terpakai yang masih bersih. Gulung-gulung kainnya dan celupkan bagian permukaannya ke dalam cairan cat. Setelah itu lapiskan ke tembok. Lakukan tahapan itu sampai corak abstrak memenuhi tembok sesuai keinginan. Gampang kan?

8. Ternyata, sapu ijuk bisa jadi alat mengecat tembok yang hasilnya keren
Tanpa tukang, tembok rumahmu bisa terlihat bak karya seni. Pola garis-garis tipis nggak perlu dibentuk dengan alat yang mahal dan susah didapatkan. Kamu cukup memakai sapu ijuk saja. Setelah melapisi tembok dengan cat dan masih basah, rentangkan sapu ijuk. Lalu sapukan sapu ke tembok untuk membentuk corak garis.

9. Totol-totolkan spons mandi atau cuci piring untuk hasil cat yang unik dan nyentrik
Buatmu yang punya karakter unik, sepertinya cocok dengan cara mengecat tembok ini. Kamu bisa menuangkan ide dan kreativitas lewat spons mandi atau cuci piring. Kalau mau membentuk corak bata, celupkan spons ke dalam air. Selagi cat masih basah, langsung tempelkan spons. Lakukan sampai membentuk deretan yang memanjang dan tinggi menyerupai susunan bata.

10. Tembok estetik dengan corak garis-garis berwarna-warni ini cuma pakai alat suntik bekas
Membentuk corak garis-garis vertikal pada tembok ternyata mudah. Dengan alat suntik bekas yang diisi cairan cat, kamu bisa membuat tembok tampak estetik. Apalagi bila kamu memakain berbagai warna cat. Tembok yang polos jadi terlihat berwarna dan meriah. Cocok nih untuk kamu yang suka ruangan dengan warna cerah.

Caranya simpel, sedot cairan cat dengan alat suntik bekas. Lalu teteskan dari atas agar cat turun ke bawah. Lakukan secara berulang dengan warna cat yang beda-beda. Rampungkan usai cat memenuhi seluruh permukaan tembok.

Daripada mengeluarkan uang lagi dan lagi untuk perawatan rumah, 10 hacks mengecat rumah sendiri bisa jadi pilihan. Selain menghemat bujet karena nggak perlu pakai tukang cat, kamu bisa mengekspresikan kreativitasmu. Rumahmu pun terasa lebih nyaman karena mencerminkan gayamu yang khas dan  otentik. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Sering Gonta-ganti Sampo? Awas, Ini 5 Dampak Buruknya Buat Rambut!

admin

Wali Kota Jaya Negara Lantik Empat Perbekel Terpilih Tahun 2022-2028 Dimenangkan Semua Petahana

admin

4 Manfaat Tak Terduga Dari Kegiatan Memasak

admin