Lifestyle Tekno

Hati-hati 6 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kulkas Cepat Rusak

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Memiliki kulkas di rumah tentunya harus paham cara merawatnya agar tidak cepat rusak. Kulkas adalah alat elektronik yang memiliki banyak manfaat untuk menyimpan berbagai bahan makanan.

Untuk membuat kulkas awet lebih lama, sebaiknya kamu tidak membiarkan bunga es terlalu lama di dalam freezer. Selain bunga es, ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan agar kulkas tidak cepat rusak. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat kulkas :

1. Tidak Membersihkan Sisa Makanan
Saat mengisi kulkas dengan beragam jenis makanan atau minuman, tidak jarang ada beberapa remah makanan yang tumpah. Apabila makanan tertinggal di pintu kulkas dalam jumlah banyak, bisa menyebabkan kerusakan pada bagian segel pintu.

Karena itu, penting untuk sering membersihkan bagian dalam kulkas, terlebih bagian tepi pintu. Selain itu, sebaiknya kamu juga menata rak kulkas dengan benar. Posisi rak kulkas yang tidak benar akan membuat bahan makanan di dalam kulkas tidak terjaga kesegarannya.

2. Membuat Kulkas Terlalu Penuh
Beberapa kulkas model terbaru, tidak akan bermasalah dengan isi kulkas yang penuh. Namun, ada beberapa jenis kulkas memiliki kipas yang kurang terlindungi. Kondisi kulkas yang penuh bisa menekan berbagai sudut kulkas dan menyebabkan kerusakan. Selain itu, kondisi kulkas yang terlalu padat akan membuat kulkas bekerja dengan ekstra.

Masalah ini harus dihindari dengan rutin melakukan pembersihan pada bagian dalam kulkas. Dengan melakukan pembersihan berkala, kamu bisa memperhatikan kualitas bahan makan di dalam kulkas. Bahan makanan yang sudah busuk bisa berbahaya dan membuat makanan lain ikut busuk.

3. Memasukan Benda Panas di Dalam Kulkas
Meletakan makanan atau minuman panas di dalam kulkas bisa menyebabkan kinerja kulkas menjadi lebih berat. Kulkas akan bekerja lebih kuat untuk mempertahankan suhu kulkas tetap dingin.

Jika kamu sering melakukan hal itu, maka kulkas tidak akan dingin lagi. Kamu sebaiknya hanya memasukan makanan atau minuman yang bersuhu ruangan atau suhu dingin. Dengan begitu kulkas tidak akan bekerja terlalu keras hingga menyebabkan kerusakan.

4. Tidak Membersihkan Bunga Es
Bunga es sering sekali menumpuk pada bagian evaporator yang berfungsi menghisap panas di dalam kulkas. Kondisi itu bisa membuat sirkulasi udara dingin terhambat. Terhambatnya udara dingin akan membuat kulkas menjadi tidak dingin dan cepat rusak. Bunga es ini bisa muncul karena kipas pada kulkas tidak berputar atau bisa juga karena pemanas tidak bekerja.

Untuk menghilangkan masalah pada freezer ini perlu dilakukan perbaikan oleh orang yang ahli. Kamu juga bisa melakukan perawatan dengan sering membersihkan bunga es agar tidak menumpuk.

5. Meletakan Benda Panas Dekat Kulkas
Posisi kulkas juga bisa mempengaruhi tingkat keawetan alat elektronik ini. Kulkas sebaiknya tidak diletakan dekat dengan benda yang bersuhu tinggi. Hindari meletakan kompor, oven, atau perlengkapan elektronik bersuhu tinggi di dekat kulkas. Panas yang dihasilkan perlengkapan dapur itu bisa membuat kulkas bekerja lebih keras dari seharusnya. Selain membuat kulkas cepat rusak, pemakaian listrik juga akan ikut meningkat.

6. Tidak Menutup Kulkas dengan Benar
Membiarkan pintu kulkas tidak tertutup dengan benar bisa menyebabkan kulkas cepat rusak, lo. Kondisi pintu kulkas yang tidak tertutup rapat akan membuat kulkas bekerja lebih keras. Kulkas akan terus berusaha menyesuaikan suhu di dalam kondisi pintu tidak tertutup rapat.

Itu tadi beberapa hal yang harus diperhatikan agar kulkas tidak cepat rusak. Kamu juga harus rajin membersihkan seluruh bagian kulkas agar tidak mudah rusak, dan makanan di dalamnya tetap aman. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Whatsapp Dikabarkan Tengah Kembangkan Fitur Baru, Pesan Suara Bakal Bisa Diubah Jadi Teks

admin

Para Delegasi G20 Mengapresiasi Revitalisasi Mangrove di Bali

admin

7 Cara Alami Menghilangkan Kantung Mata Hitam Biar Kelihatan Fresh

admin