Lifestyle

Sering Melihat Stiker yang Menempel Pada Buah-Buahan Import? Ternyata Ada Artinya, Lho

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Saat membeli buah di supermarket, khususnya buah impor, pernahkah kamu memperhatikan bila ada stiker yang menempel di permukaan kulitnya?Biasanya, tempelan tersebut memiliki berbagai warna, dengan beberapa digit angka yang tercantum di dalamnya.

Rupanya, penempelan stiker di permukaan kulit buah tersebut juga memiliki simbol dan makna tersendiri, lho. Ya, kode-kode pada stiker tersebut sejatinya adalah PLU (price look up) code yang dikeluarkan oleh IFPS (International Federation Product Standarts) dan diperuntukkan bagi para produsen buah-buahan.

Dengan adanya kode-kode tersebut, para pemasok buah dapat melacak persediaan mereka, mengetahui harga yang dipatok oleh beberapa penjual lainnya, serta menginformasikan produk apa yang dibeli oleh para konsumen.

Selain sebagai alat bisnis, PLU code juga dapat memberikan informasi mengenai proses penanaman buah yang kita beli, apakah ditanam secara organik, atau secara tradisional. Untuk tahu lebih banyak tentang arti di balik stiker yang ditempel di buah-buahan, yuk, simak ulasannya berikut ini:

1. Stiker dengan empat angka, diawali dengan angka 3 dan 4
Dilansir Travel and Leisure, bila buah yang kamu beli memiliki tempelan stiker berisi empat digit angka dengan awalan angka 3 atau 4, berarti buah tersebut ditanam dengan teknik pertanian konvensional. Artinya, penanaman buah tersebut juga melibatkan pemberian pupuk dan pestisida. Tak perlu khawatir, meski menggunakan pestisida, namun kita tetap bisa mencegah tubuh kita agar tak terkontaminasi dengan mencuci buah tersebut hingga benar-benar bersih.

2. Stiker berisi lima angka yang dimulai dengan angka 8
Nah, lain lagi artinya bila stiker yang tertempel pada kulit buah berisi lima digit angka dan dimulai dengan angka 8. Buah yang ditempel dengan stiker tersebut berarti telah dimodifikasi secara genetik, proses manipulasi gen yang bertujuan mendapatkan bibit unggul dari suatu organisme dan mempercepat hasil panen buah.

Bila kamu adalah seseorang yang benar-benar mempedulikan kemurnian dan kandungan nutrisi dari makanan yang kamu santap, sepertinya buah dengan kode berawalan angka 8 ini harus kamu hindari. Sebab, hasil modifikasi genetika sempat menuai pro dan kontra, karena dianggap dapat mengurangi nilai gizi dan nutrisi pada makanan.

3. Stiker lima angka, dengan awalan angka 9
Buah-buahan yang kamu beli memiliki tempelan stiker yang diawali dengan angka 9? Artinya, buah tersebut ditanam secara organik. Karenanya, bila kamu adalah penggemar makanan sehat dan serba organik, jangan lupa untuk selalu memilih buah yang memiliki tempelan stiker ini, ya. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Terus Tingkatkan Kualitas PAUD di Denpasar Ny. IA. Selly Mantra serahkan Alat Permainan Edukatif

admin

Usung Tema Jayastambha, Denfest ke-16 Siap Digelar di Kawasan Catur Muka Kota Denpasar

admin

Mencerahkan Kulit Wajah dengan Pepaya, Yuk Ketahui Cara Penggunaannya!

admin