Lifestyle

10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah yang Sayang untuk Dilewatkan Beserta Cara Penggunaannya

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Manfaat minyak zaitun untuk wajah telah dikenal sejak ribuan tahun lamanya. Minyak asli mediterania ini dibuat dari penggilingan tanaman zaitun dengan kandungan nutrisi dan antioksidan yang cukup tinggi.

Manfaat minyak zaitun untuk wajah sangat aman digunakan. Sebab bahan alami dan kandungan vitamin E, K, zat besi dan sumber polifenolnya baik bagi kulit dalam melindungi sel-sel dari kerusakan.

Demi memperoleh kesehatan dan kecantikan alami, terapkan cara pakai dengan tepat. Sekaligus mencegah berbagai masalah kulit wajah dan kerusakan oleh radikal bebas. Berikut beberapa manfaat minyak zaitun untuk wajah, serta cara pemakaian yang benar.

1. Mengecilkan Pori-pori Wajah
Manfaat minyak zaitun untuk wajah pertama menjadi kegemaran sebagian besar wanita, yakni mengecilkan pori-pori. Sebab pori yang besar acap kali mengganggu penampilan dan salah satu penyebab masalah kulit wajah lain, seperti berminyak dan komedo. Guna memperoleh manfaat minyak zaitun, cukup mengoleskan pada area wajah yang berpori besar dan berminyak. Lakukan rutin setelah selesai membersihkan wajah.

2. Mengencangkan Kulit
Dilansir dari Liputan6, manfaat minyak zaitun untuk wajah bisa membuat kulit lebih kencang, karena memiliki kandungan zat linoleic acid. Selain itu, mengandung antioksidan yang tinggi ikut membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan.

Langkah mudahnya, campurkan minyak zaitun dengan madu. Aplikasikan sebagai masker dan tunggu hingga kering, baru dibilas. Serta membuat masker dengan campuran lemon. Campurkan 2 sendok makan minyak zaitun, 1 sendok makan jus lemon, dan sejumput garam. Beri pijatan wajah dan ulangi pemakaian sebanyak tiga kali seminggu.

3. Mengangkat Kotoran dan Menghapus Riasan Wajah
Manfaat minyak zaitun untuk wajah selanjutnya ialah sebagai penghapus riasan make up dengan bahan alami. Dilansir dari hellosehat, gunakanlah minyak zaitun murni setelah memakai makeup sehari-hari, cukup dioleskan dan dipijat lembut menggunakan kapas pada wajah. Setelah selesai dibersihkan dengan minyak zaitun, bilas menggunakan handuk yang telah direndam air hangat. Selain itu juga bisa menggunakan sabun yang mengandung ekstrak zaitun.

4. Menghilangkan Kutil di Wajah
Manfaat minyak zaitun untuk wajah berikutnya untuk menghilangkan kutil akibat bakteri. Kutil bisa mengiritasi dan menimbulkan gatal di kulit wajah. Cara mudahnya, bersihkan wajah dan oleskan minyak zaitun pada kutil. Lakukan tiga kali sehari setiap harinya hingga memperoleh hasil kulit wajah yang halus.

5. Menghilangkan Bekas Jerawat
Mengutip dari halodoc, manfaat minyak zaitun untuk wajah sangat baik untuk menghilangkan bekas jerawat yang menghitam. Sebab mengandung vitamin E yang tinggi. Cara mengaplikasikannya sama, cukup teratur mengoleskan minyak zaitun pada area bekas jerawat yang menghitam di kulit.

6. Melembabkan Kulit Wajah
Manfaat minyak zaitun untuk wajah selanjutnya ialah melembabkan kulit. Karena mengandung nutrisi dan antioksidan yang mampu memelihara kesehatan kulit dan membantu mengurangi keriput. Dilansir dari alodokter, sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak yang paling baik untuk menjaga kelembapan kuilt. Serta mudah meresap ke dalam lapisan-lapisan kulit.

7. Penangkal Sinar Matahari
Masih dari kutipan yang sama, zat antioksidan dan antiradang yang ada dalam minyak zaitun diduga dapat membuat kulit menjadi halus dan lebih cerah. Minyak zaitun bahkan dapat membantu melindungi dan menangkal dampak sinar matahari pada kulit wajah.

8. Mengurangi Radang Kulit Wajah
Melansir dari halaman Oregon State University, vitamin E digunakan sebagai anti inflamasi pada kulit setelah terpapar sinar matahari. Peran vitamin E dari minyak zaitun digunakan untuk mengurangi pembengkakan pada kulit yang disebabkan peradangan.

9. Menghaluskan Wajah
Manfaat minyak zaitun untuk wajah berikutnya bisa menjadi penghalus kulit alami. Hasilnya akan lebih maksimal bila dicampur dengan buah pepaya, sebab enzim papain akan membantu meregenerasi kulit. Selain itu terdapat vitamin A, C, dan E sebagai antioksidan akan turut membantu menutrisi, melembapkan kulit, dan menghaluskan wajah. Pepaya bisa menjadi sunscreen atau tabir surya alami. Gabungan dari pepaya dan minyak zaitun semakin mempercepat wajah jadi halus seketika.

Langkahnya, haluskan buah pepaya dan campurkan 2 sendok makan minyak zaitun. Oleskan pada wajah secara merata dan diamkan 30 menit. Bilas menggunakan air hangat.

10. Scrub untuk Kulit Bersisik dan Kering
Manfaat minyak zaitun selanjutnya diperuntukkan bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering. Dilansir dari hellosehat, minyak zaitun akan melembabkan dan mengatasi kulit gatal meradang tipe kulit bersisik dan kering. Sebaiknya menggunakan scrub wajah alami dengan racikan minyak zaitun dan garam laut.

Campurkan 3 sendok teh minyak zaitun murni bersama 5 sendok teh garam laut. Lalu, pijat lembut ke area sisi hidung dan bagian wajah lain yang kering. Campuran garam dan minyak akan membantu mengelupas kulit kering, serta meningkatkan kelembaban wajah Anda.

Itulah beberapa manfaat minyak zaitun untuk wajah yang patut dicoba untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Tak semua jenis kulit bisa tahan terhadap bahan kimia, sehingga bahan alami ini bisa menjadi salah satu solusi terbaik. Selamat mencoba! (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Lidah Terluka? 7 Bahan Ini Bisa Bantu Untuk Atasi Luka dan Alergi pada Lidah

admin

5 Resep Kue Cubit Kekinian yang Enak dan Lembut, Mudah Dipraktikkan Lho!

admin

Beragam Paket Pertemuan dan Acara yang Terjangkau Ditawarkan di hotel ibis Styles Bali Benoa

admin