Health Kuliner Lifestyle

5 Manfaat Cincau bagi Kesehatan, Baik Untuk Pencernaan Hingga Mampu Mengatasi Sakit Tenggorokan

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Cincau merupakan satu tumbuhan yang daunnya sering diolah menjadi agar-agar. Kemudian, cincau disajikan bersama es yang berfungsi sebagai pelepas dahaga, khususnya saat cuaca sedang terik.

Cincau sendiri terbagi atas dua warna yakni hitam dan hijau. Namun, kebanyakan orang banyak memilih yang berwarna hitam karena lebih menarik. Tidak hanya sebagai pelepas dahaga, ternyata cincau juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Nah berikut ini 5 di antaranya.

1. Memelihara Sistem Pencernaan
Cincau memiliki banyak kandungan yang dapat memelihara saluran pencernaan. Pertama, ada senyawa gula yang ternyata mampu melawan bakteri penyebab sakit perut. Kemudian, kombinasi antara vitamin B dan C yang diuji dapat mengatasi diare. Ada juga kandungan serat yang bisa memperlancar sistem pencernaan serta menjauhkanmu dari sembelit atau gejala susah buang air besar.

2. Mengatasi Sakit Tenggorokan
Cincau sudah dikenal sebagai pelepas dahaga. Tidak heran jika banyak yang mengonsumsi ini saat bulan puasa, di mana tenggorokan terasa kering dan rentan sakit bagi yang belum terbiasa. Pasalnya, cincau memang memiliki kandungan vitamin, kalsium, serta fosfor, yang dipercaya mampu mengatasi sakit tenggorokan. Jadi, saat merasa nyeri di tenggorokan, kamu bisa konsumsi cincau untuk melegakannya. Dengan catatan, jangan menggunakan es.

3. Meningkatkan Sistem Imun
Cincau ternyata dapat meningkatkan sistem imun karena kandungan antioksidan di dalamnya. Saat kamu sedang tidak enak badan pun, cincau ini bisa dijadikan alternatif sebagai penyegar. Jadi, tubuh akan menjadi lebih bugar.

4. Menjaga Berat Badan
Seperti diketahui, cincau tinggi akan serat di mana kandungan ini bisa membantu proses penurunan berat badan. Pasalnya, dapat menimbulkan rasa kenyang, sehingga kamu tidak perlu lagi mengonsumsi banyak makanan.

Selain itu, cincau juga mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh, khususnya saat diet yang rentan merasa lemas. Kandungan-kandungan tersebut antara lain, vitamin A, B1, C, fosfor, kalsium, dan karbohidrat. Cincau juga rendah kalori. Jadi, ketika mengonsumsinya, jangan tambahkan pemanis apapun agar tidak meningkatkan gula darah dalam tubuh.

5. Mengobati Panas Demam
Cincau dikenal sebagai bahan alami yang baik untuk sakit tenggorokan. Penyakit ini biasanya diiringi dengan demam jika tidak langsung diobati. Nah, cincau memiliki kandungan flavonoid, tendradine, saponin, alkaloid, vitamin A dan B, cardioplegicum, serta antitoxin yang mampu mengurangi panas demam. Untuk itu, kamu bisa mengonsumsi cincau di kala demam yang juga disertai nyeri tenggorokan. Sensasi ademnya dapat membuat tubuh menjadi lebih segar dan terasa seperti kembali sehat.

Itulah kelima manfaat cincau yang ternyata sangat baik bagi kesehatan. Apakah kamu suka dengan tumbuhan satu ini? (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

WhatsApp Dikabarkan Tengah Uji Coba Fitur Baru, Bisa Kirim Voice Notes Lewat Status

admin

Wakil Walikota Arya Wibawa Resmikan Gedung Baru LPD Desa Adat Panjer.

admin

Permen Karet Menempel di Rambut? Tak Perlu Dipotong, Lakukan 7 Cara Ini untuk Mengatasinya

admin