Lifestyle

5 Alasan Sesekali Harus Lakukan ‘Deep Talk’ Bersama Pasangan

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Coba diingat-ingat lagi, kapan terakhir kali Anda melakukan percakapan mendalam dengan pasangan? Minggu lalu, bulan lalu, atau bahkan belum pernah sama sekali? Manfaat deep talk sebenarnya amat penting dalam menjaga keharmonisan dan keintiman pasangan.

Yang dimaksud deep talk di sini bukan cuma percakapan sehari-hari, tapi obrolan dengan topik mendalam dan bersifat pribadi. Aktivitas ini pada umumnya hanya melibatkan dua orang. Selain dengan pasangan, Anda bisa melakukannya dengan ibu, ayah, anak, atau bahkan sahabat.

Dengan obrolan mendalam ini, Anda bisa mengetahui perasaan terjujur pasangan, cita-cita, visi hidup, serta hal-hal yang sedang mengganggu pikirannya. Anda berdua pun dapat membangun fondasi yang lebih kuat di masa depan.

Hal senada juga diungkap psikolog Ikhsan Bella Persada, M. Psi. Dia menjelaskan, ada beberapa alasan mengapa pasangan penting melakukan deep talk, yakni:

1. Hubungan Menjadi Lebih Intim dan Kenal secara Emosional
Ketika melakukan deep talk kepada pasangan, akan ada perasaan bahwa kedua belah pihak memiliki pemikiran yang sama satu sama lain. “Hal ini membuat hubungan yang dijalani lebih intim dan lebih dekat secara emosional,” ujar Ikhsan. Anda pun menjadi mengetahui apa saja hal yang disukai dan tidak disukai oleh pasangan.

2. Menjadi Lebih Bahagia
Psikolog Ikhsan mengatakan ketika melakukan deep talk dengan pasangan, Anda akan merasa lebih Bahagia. “Anda bisa lebih bahagia karena dapat mengungkapkan apa yang sebenarnya dirasakan,” katanya.

Sebuah penelitian yang diterbitkan Psychological Science menunjukkan, kebahagiaan akan terlihat saat melakukan deep talk. Penelitian dilakukan pada beberapa mahasiswa yang terlibat dalam percakapan ringan dan substantif. Hasilnya, orang yang paling bahagia dalam penelitian ini memiliki percakapan substantif dua kali lebih banyak dari peserta lainnya.  Sekitar 46 persen peserta yang mengalami percakapan substantif bahagia dalam menjalani harinya.

3. Melatih Mendengarkan Pasangan
Saat melakukan deep talk, Anda akan belajar untuk mendengarkan apa yang dirasakan pasangan. “Pasangan dan diri kita pun akan merasakan dukungan emosional secara utuh. Bisa jadi selama ini, hal tersebut dibutuhkan tapi tidak pernah diutarakan,” jelas psikolog tersebut.

4. Menentukan Tujuan dari Hubungan yang dijalani
Deep talk juga akan sangat baik bagi beberapa pasangan untuk menentukan tujuan dari hubungan yang dijalani. “Deep talk juga bisa membantu pasangan menemukan makna hidup dari masing-masing individu,” ujar Ikhsan.

5. Membuat Pasangan Lebih Membuka Diri
Banyak orang yang menutup diri ketika mengalami kesakitan atau kekecewaan. Terkadang, kita sering berasumsi sendiri dan menyalahkan pasangan jika tidak mengetahui cerita lengkapnya.  Nah, dengan terbiasa deep talk, Anda atau pasangan akan lebih berani membuka diri dan bercerita seputar masalah dan kesedihan yang dialami. Mungkin saja pasangan membutuhkan dukungan Anda untuk solusi atau bantuan di saat-saat yang paling mereka butuhkan.

Itulah beberapa manfaat deep talk yang sayang untuk dilewatkan. Yuk, rekatkan hubungan dengan pasangan dengan meluangkan beberapa dengan saling berbincang secara mendalam.  (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Alami Nyeri Punggung? Ini Posisi Tidur yang Paling Dianjurkan

admin

Tingkatkan Kualitas SDM, Pemkot Denpasar Jalin Kerjasama dengan Universitas Mahasaraswati

admin

5 Manfaat Tersembunyi dari Teh Selain Untuk Diminum

admin