Health Lifestyle

5 Manfaat Tersembunyi dari Teh Selain Untuk Diminum

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Bukan rahasia lagi kalau teh punya segudang manfaat untuk tubuh kita. Mengonsumsi secangkir teh dapat memberikan efek positif, salah satunya ialah merasa lebih tenang setelah meminum atau menghirup aroma teh hangat.

Selain baik untuk tubuh, teh juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Teh yang kaya akan antioksidan dan sifat anti inflamasinya mampu mempertahankan kulit yang sehat.  Dari banyaknya manfaat yang didapat serta seduhan dari teh yang beraroma khas, banyak orang menggemari teh.

Tapi tahukah kamu selain daun teh dihasilkan sebagai minuman, ternyata teh juga memiliki manfaat lain untuk kehidupan sehari-hari. Jika kita sering membuat seduhan teh dan membuangnya, sebaiknya kini cobalah untuk memanfaatkan teh kantong bekas untuk penggunaan lain. Berikut ulasannya :

1. Untuk kulit terbakar karena paparan matahari
Jika kamu suka berlibur ke pantai atau kegiatan lainnya di luar ruangan, kamu bisa mengandalkan teh celup lho. Kulit terbakar bukan hanya bikin kulit kusam, maka dari itu masukan teh chamomile ke dalam lemari es selama 30 menit dan tempelkan pada luka terbakar. Metode ini ampuh dalam mengurangi rasa perih.

2. Meredakan mata lelah
Sering punya mata panda? Eits, jangan bingung lagi. Kini lingkaran mata hitam yang sering mengganggu penampilan bisa diatasi. Caranya dengan menggunakan teh celup yang sudah disimpan di lemari es selama 24 jam. Lalu letakkan pada mata selama 10-20 menit. Cara ini bikin mata kembali bersinar.

3. Menyuburkan tanaman
Jika kamu punya teh celup bekas, jangan buru-buru dibuang. Kantong teh celup bekas bisa kamu masukkan ke dalam pot tanaman di rumah. Bahan organik dan senyawa antioksidan yang terkandung dari teh mampu membantu proses dekomposisi tanah lho. Sehingga tanaman subur serta cepat berbuah.

4. Membersihkan kaca jendela
Tidak hanya baik untuk kesehatan, rupanya teh juga bisa membersihkan kaca jendela rumah. Teh pun bisa mengangkat sisa jejak jari dan kulit yang menempel di kaca. Seduh air teh dan masukkan ke dalam spraybottle. Semprotkan teh pada kaca, kemudian gosokkan kaca dengan kain kering.

5. Menghilangkan bau tak sedap
Kulkas yang berfungsi sebagai pendingin dan mengawetkan makanan kerap kali menimbulkan bau tak sedap. Agar hal itu tak terjadi lagi, kamu dapat memanfaatkan teh celup sebagai penangkalnya.

Caranya mudah, kamu hanya perlu meletakkan teh celup di setiap sudut rak kulkas. Teh celup tadi akan menyerap bau tak sedap dari berbagai jenis makanan yang ada di dalamnya. Selain itu juga ampuh sebagai pewangi sepatu.

Nah, sudah tahu kan manfaat tersembunyi dari teh selain dikonsumsi sebagai minuman. Selamat mengaplikasikannya ya! (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Menurut Studi Memelihara Anjing Bisa Tingkatkan Perkembangan Emosional Anak Lho, Yuk Simak Penjelasannya!

admin

3 Tips dari Para Ahli Untuk Mencari Pekerjaan Baru di Tengah Pandemi, Apa Saja?

admin

9 Cara Mengatasi Trauma yang Bisa Kamu Coba, Bikin Hidup Lebih Tenang

admin