Kuliner Lifestyle

Resep Pie Susu Teflon yang Enak dan Anti Gagal, Ini Rahasianya

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Bahan pie susu teflon memang sederhana, apalagi tidak membutuhkan oven. Namun, meskipun tampak mudah, sebenarnya membuat pie susu teflon butuh beberapa trik. Senior Pastry & Bakery Cook Hotel Santika Bandung, Siti Kanari menjabarkan bagaimana cara membuat pie susu dengan teflon anti gagal, simak tipsnya berikut ini :

Bahan kulit pie:
* 150 gram terigu protein sedang
* 60 gram margarin
* 20 gram gula halus
* 1 butir telur

Bahan isi pie susu:
* 3 butir telur
* 3 saset kental manis
* 2 sendok makan tepung maizena
* 1/2 sendok teh vanilla bubuk
* 100 mililiter air

Cara membuat kulit pie susu:
1. Langkah pertama untuk membuat kulit pie susu dengan teflon adalah memasukkan semua bahan antara lain tepung terigu, telur, gula halus dan margarin dalam satu wadah. Lalu, aduk adonan sampai rata menggunakan spatula. “Jangan pakai tangan supaya nanti tidak keras”, papar Siti.

2. Selanjutnya siapkan teflon ukuran 22 cm lalu olesi teflon dengan margarin sampai rata.

3. Masukkan adonan kulit pie ke dalam teflon lalu ratakan menggunakan tangan sampai bentuknya rapih dan bagus. Bentuk bagian pinggir adonan pie menggunakan garpu. Kamu juga bisa menghiasnya dengan ujung garpu dan tekan dibagian ujung adonan, supaya terbentuk gelombang di bagian tepi adonan.

4. Tusuk-tusuk bagian tengah adonan menggunakan garpu sampai rata, agar menjadi tempat keluarnya uap panas saat masak pie.

“Adonan yang tidak ditusuk-tusuk pakai garpu bisa jadi mengembang ke atas, karena tidak ada sirkulasi udara dalam cetakan sehingga adonan mengembang ke atas dan cepat gosong,” papar Siti.
Setelah itu sisihkan dan mulai buat isian pie susu.

Cara membuat isi pie susu:
1. Cara pertama membuat isi pie susu adalah mencampurkan telur, vanilla bubuk.

2. Kocok bahan sampai rata lalu tambahkan maizena, kental manis sembari terus diaduk. Lalu masukkan air sambil diaduk hingga tercampur rata.

Proses pemanggangan:
1. Pada proses memanggang pie susu, siapkan dulu kompor lalu nyalakan dengan api kecil, jangan lupa alasi teflon menggunakan seng jangan langsung di kompor.

2. Siapkan teflon yang sudah ada adonan pienya, tuangkan isian pie ke dalam kulit pie. Langkah selanjutnya kamu bisa memanggang pie dan tutup teflonnya.
“Selama proses pemanggangan tutup teflon harus sering dibuka dan dilap supaya airnya tidak menetes ke pie-nya, kalau ada gelembung pada pie tusuk gelembung pakai tusuk gigi,” ujar Siti.

Dalam proses pemanggangan kamu harus sering mengecek pie supaya hasil akhirnya bagus, pastikan kamu tetap menggunakan api kecil hingga pie susu matang.

3. Setelah pie matang angkat dan dinginkan terlebih dahulu, pie jangan langsung dipotong saat masih panas. Sebab, pie akan mudah retak dan hancur jika dipotong pada saat masih panas, biarkan dahulu sampai pie susu dingin lalu kamu bisa memotongnya. Setelah dingin pie siap disajikan dan siap disantap. Selamat mencoba! (DH/WS/DV).

 

Artikel asliC

Related posts

Makan Larut Malam Tapi Malah Makin Lapar Saat Bangun Tidur, Kenapa Bisa Gitu Ya?

admin

Mana yang Lebih Sehat, Tidur dengan Lampu Menyala atau Mati? Ini Penjelasannya

admin

Bukannya Kelihatan Seksi, Terlalu Sering Memakai Pakaian Ketat Bisa Picu Gangguan Kesehatan Ini

admin