Lifestyle

Nggak Cuma Enak dan Segar, Ini Manfaat Minum Jus Nanas untuk Redakan Batuk

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Batuk adalah gejala gangguan pernapasan yang umumnya pernah dialami semua orang. Meski tak selalu menandakan kondisi serius, batuk dapat membuat penderitanya tidak nyaman. Aktivitas sehari-hari pun dapat terhambat jika seseorang kerap mengalami batuk-batuk.

Untuk mengatasi batuk, Anda bisa mengonsumsi obat yang dijual di apotek atau toko obat. Selain itu, pengobatan alami seperti mengonsumsi jus nanas juga dipercaya dapat meredakan batuk.

Melansir Medical News Today, jus nanas mengandung zat atau agen litik yang membantu mengencerkan lendir dan memudahkan seseorang untuk bernapas saat mengalami batuk-batuk.

Menurut studi tahun 2010 yang dilakukan di India, mengonsumsi campuran jus nanas dengan garam, merica, dan madu dapat melarutkan lendir di paru-paru penderita penyakit tuberkulosis (TBC).

Jus nanas juga mengandung enzim bromelain yang memiliki sifat antiinflamasi atau antiperadangan. Bromelain diyakini dapat membantu gangguan pernapasan akibat alergi dan asma. Bromelain memiliki sifat mukolitik yang membantu mengencerkan dan mengeluarkan lendir.

Menanggapi manfaat jus nanas untuk obat batuk, dr. Reza Fahlevi, Sp. A., mengatakan, “Buah nanas punya banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Salah satu nutrisi yang paling tinggi di dalam jus nanas adalah vitamin C. Kandungan ini bagus untuk radang tentunya, termasuk radang tenggorokan.”

Kendati begitu, Anda tetap harus mengobati penyakit penyebab batuk dengan berobat ke dokter. Gangguan pernapasan yang ditandai batuk umumnya disebabkan oleh penyakit, seperti infeksi paru-paru, asma, atau alergi.

Misalnya, jika Anda menderita asma, jus nanas hanya dapat digunakan sebagai pengobatan tambahan. Anda tidak boleh berhenti mengonsumsi obat asma dan menggunakan inhaler yang diresepkan oleh dokter.

Jus nanas hanya bisa membantu meredakan gejala batuk dan bukan mengobati penyakit atau penyebab mendasari batuk. Apabila kondisi batuk sudah berlangsung lebih dari satu minggu, segeralah pergi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Untuk membuat ramuan obat batuk alami, Anda dapat menggunakan buah nanas yang sudah diolah menjadi jus, jahe, garam, dan sedikit bubuk cabai.

Kandungan zat cayenne di dalam cabai dapat membantu mengeluarkan lendir, sementara madu dan jahe bisa menenangkan tenggorokan serta menawarkan sifat antiinflamasi.

Dilansir dari Healthline, berikut adalah takaran serta bahan yang Anda perlukan untuk membuat obat batuk alami:
* 1 cangkir jus nanas tanpa gula
* 1 sendok teh jahe yang sudah dicincang kecil
* 1 sendok teh madu
* ¼ sendok teh bubuk cabe
* ½ sendok teh garam

Campur semua bahan-bahan di atas menjadi satu, lalu aduk hingga rata. Anda bisa minum ¼ cangkir jus nanas sebanyak tiga kali dalam sehari.

Meski tergolong aman, ramuan obat batuk ini tidak disarankan dikonsumsi oleh anak berusia di bawah satu tahun.

Selain itu, dr. Reza Fahlevi juga menegaskan, “Meski aman dikonsumsi, tetapi penderita batuk tidak disarankan untuk minum jus nanas terlalu banyak. Apabila dikonsumsi berlebihan, nanas bisa menyebabkan gatal akibat kandungan gula dan rasa asamnya yang cukup tinggi.” “Cukup diminum dengan porsi kecil dan tetap utamakan pengobatan medis,” tutup dr. Reza Fahlevi.

Itu dia manfaat jus nanas untuk mengatasi batuk. Semoga bermanfaat! (DH/WS/DV).

Artikel asli

Related posts

Benarkah Cabai Rawit Ampuh Sembuhkan Sariawan?

admin

Ratna Palupi, Pameran Lawatan Nusaraya Kolaborasi Pemkot Yogyakarta dan Pemkot Denpasar

admin

Anti Canggung Ketemu Teman Lama, 7 Topik Obrolan Ini Bisa Kamu Lontarkan untuk Cairkan Suasana

admin