Lifestyle

Merasa Sedih Karena Tak Dihargai? Lakukan 7 Hal Ini Agar Tetap Semangat

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Bayangkan apa rasanya jika semua usaha yang telah dilakukan tidak membuahkan reaksi orang sesuai ekspektasi? Sangat mungkin muncul kekecewaan ketika tak dihargai. Namun, atasi hal ini dengan belajar memegang kendali dan nilai diri di luar penilaian orang lain.

Merasa tidak dianggap ini bisa jadi menyakitkan karena datangnya dari reaksi orang-orang terdekat atau familiar. Ada rasa dikhianati. Cara pertama untuk lepas dari pikiran negatif ini adalah dengan menghapus pikiran bahwa selama ini belum melakukan hal yang tepat.

Merasa tidak dihargai adalah hal yang sangat manusiawi. Namun, jangan patah semangat. Ada beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk membuat suasana hati menjadi lebih nyaman, seperti:

1. Hargai diri sendiri
Menghargai diri sendiri akan membuat Anda merasa bahagia. Orang pertama yang bisa menghargai Anda adalah diri sendiri. Terapkan prinsip ini dalam melakukan hal apapun. Beri apresiasi atas apa yang dilakukan dan jangan ukur keberhasilan dari bagaimana reaksi orang lain.

Terlebih pada dasarnya, cara orang mengekspresikan rasa terima kasih mereka berbeda-beda. Ada yang bisa mengungkapkannya secara meluap-luap. Di sisi lain, ada juga yang tidak mengucapkan apapun. Namun, hal semacam ini tidak akan lagi menjadi masalah ketika apresiasi datang dari diri sendiri.

2. Tetap percaya diri
Sangat berkaitan dengan strategi pertama, pupuk rasa percaya diri sebaik mungkin. Jangan sampai ketika tak dihargai justru membuat Anda merasa kecil. Bahkan, tidak menutup kemungkinan perasaan ini menimbulkan rasa ingin menutup diri dari orang sekitar.

Sikap menutup diri justru salah dan menyedihkan. Sebaliknya, tetaplah percaya diri dan anggap diri sendiri sebagai sosok yang penting. Apapun reaksi orang terhadap yang Anda lakukan sebaiknya tidak menjadi penentu bagaimana semangat Anda melakukan berbagai hal.

3. Ubah pola pikir
Saat merasa tidak dihargai, pasti akan muncul banyak sekali pikiran negatif. Bukan tidak mungkin, pikiran ini akan menjadi kian liar seiring layaknya bola salju yang menggelinding.

Jangan beri ruang bagi pola pikir negatif ini menjadi bahan bakar yang membuat perasaan semakin tidak nyaman. Ganti dengan positive self-talk serta pikiran positif sehingga bisa merasa jauh lebih baik.

4. Fokus pada apa yang diperoleh
Setelah melakukan sesuatu, jangan hanya mengukur kesuksesan dari bagaimana respons orang lain. Justru, fokuslah pada apa yang diperoleh setelah melakukannya. Semua hal baik pasti akan memberikan manfaat. Cara ini juga akan membuat seseorang menjadi lebih bersyukur terhadap apa yang sudah dimiliki selama ini.

5. Belajar memegang kendali
Persepsi orang lain tentang diri kita belum tentu sama dengan bagaimana sosok Anda sesungguhnya. Untuk itu, jangan biarkan reaksi orang menentukan kebahagiaan Anda. Pegang kendali perasaan ketika harus berinteraksi dengan orang lain.

Ingat, bereaksi berlebihan seperti marah hingga menolak berinteraksi dengan orang itu justru memperkeruh suasana. Bahkan ketika situasi sudah berada dalam kendali Anda, masalah semacam ini bisa dikomunikasikan secara terbuka dengan kepala dingin.

6. Pahami bahwa tiap orang berbeda
Dalam setiap hubungan, individu yang ada di dalamnya tentu berbeda-beda. Termasuk cara mereka berterima kasih atau menunjukkan apresiasi. Pahami dinamika ini agar tidak mudah merasa down saat merasa tak dihargai. Tak perlu terlalu lama terpaku dengan bagaimana reaksi orang lain karena justru akan menghabiskan tenaga.

Lain halnya apabila reaksi ini datang dari pasangan yang berinteraksi setiap harinya. Tak ada salahnya mengomunikasikan apa harapan Anda. Beri ruang untuk mendengarkan apa alasan mereka bersikap demikian, bisa jadi belum pernah terpikirkan oleh Anda sebelumnya.

7. Hargai orang lain
Terbiasa menghargai orang lain tanpa mengharapkan balasan. Berbuat baik akan membuat perasaan jauh lebih bahagia. Termasuk dengan menghargai orang lain, apapun bentuknya. Tersenyum atau berterima kasih kepada petugas penjaga lift, sedikit menundukkan badan saat melewati petugas penyapu jalan, dan hal-hal sederhana lainnya akan membentuk kepuasan dan rasa nyaman di hati.

Tidak menutup kemungkinan, bersikap baik dengan memberikan apresiasi akan berdampak besar pada hari seseorang. Jadi, ketika merasa tak dihargai, jangan menutup diri dan berubah menjadi sosok yang pahit memandang kehidupan. Sebaliknya, jadilah sosok yang baik dan menghargai orang lain terlepas dari status sosial mereka. (DH/WS/DV).

Artikel asli

Related posts

DLHK Denpasar Intensifkan Perompesan Antisipasi Pohon Tumbang

admin

Mudah dan Menyenangkan, Ini 8 Tips Jitu Belajar Bahasa Inggris Sambil Menonton Film

admin

WhatsApp Mulai Uji Coba Fitur Avatar, Serupa dengan Facebook dan Instagram

admin