Fakta dan Mitos Lifestyle

Mitos atau Fakta, Benarkah Cegukan Bisa Hilang karena Kaget?

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Ada beberapa cara yang disarankan dan dikatakan ampuh mengatasi cegukan. Mulai dari minum air hangat, menahan napas selama beberapa detik, sampai mengagetkan orang yang sedang cegukan. Kira-kira benar enggak, ya, kalau cegukan bisa hilang dengan dikagetkan?

Yuk, cari tahu penjelasannya serta penyebab kenapa kita bisa mengalami cegukan!

Hal utama yang menyebabkan cegukan ternyata berhubungan dengan diafragma yang ada di tubuh. Diafragma adalah otot yang ada di bagian bawah dada dan digunakan saat menghirup serta menghembuskan napas. Diafragma bekerja dengan cara tertarik ke bawah dan membantu tubuh menarik udara ke paru-paru ketika menghirup napas. Sedangkan saat menghembuskan napas, diafragma akan bergerak ke atas dan memaksa udara keluar dari paru-paru.

Nah, cegukan akan terjadi saat diafragma teriritasi, yaitu saat diafragma tersentak ke bawah dan menyebabkan kita menarik udara secara tiba-tiba ke kerongkongan. Aliran udara yang masuk secara tiba-tiba inilah yang kemudian menyebabkan pita suara jadi menutup dan menyebabkan cegukan.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan diafragma terganggu dan menimbulkan cegukan, nih. Diantaranya tertawa terlalu keras, konsumsi minuman berkarbonasi, makan atau minum terlalu cepat, maupun makan terlalu banyak.

Benarkan Salah Satu Cara Menyembuhkan Cegukan adalah dengan Mengagetkan Orangnya?
Yap, mengagetkan orang yang sedang cegukan memang dipercaya sebagai salah satu cara untuk mengatasinya. Sebenarnya belum ada bukti ilmiah yang menyatakan kalau dengan mengagetkan seseorang maka bisa menyembuhkan cegukan.

Namun ada teori yang menjelaskan mengapa mengagetkan atau mengejutkan orang yang sedang cegukan dipilih sebagai satu cara yang dianggap berhasil. Saat orang yang sedang cegukan dikejutkan secara tiba-tiba, maka hal ini akan memaksa otak mengalihkan saraf yang berkaitan dengan cegukan.

Nah, ini berarti saat seseorang yang sedang cegukan dikagetkan oleh orang lain, maka pikirannya akan teralihkan dari cegukan yang dialaminya. Dengan mengalihkan pikiran dan membuat seseorang enggak memikirkan cegukannya, membuat saraf yang berhubungan dengan cegukan jadi lebih rileks, sehingga membuat cegukan berhenti.

Sebenarnya hal ini juga bisa dilakukan dengan cara mengajak mengobrol orang yang sedang cegukan itu. Ketika sedang mengobrol hal yang menarik atau membuat mereka memikirkan hal lain, maka tanpa sadar hal ini akan mengalihkan pikirannya dari cegukan.

Kalau sudah dikagetkan oleh orang lain tapi cegukan yang dialami tidak kunjung sembuh, maka beberapa cara ini bisa dicoba.

Pertama, lakukan latihan pernapasan terukur, yaitu dengan menarik napas selama lima hitungan, kemudian hembuskan juga dalam lima hitungan.

Menahan napas selama beberapa detik juga bisa menyembuhkan cegukan. Caranya adalah dengan menarik napas dalam-dalam dan tahan selama sekitar 10 – 20 detik, lalu hembuskan dengan perlahan. Ulangi cara ini selama beberapa kali bila perlu.

Menekan beberapa titik tertentu di tubuh juga bisa menjadi cara yang tepat untuk menyembuhkan cegukan. Misalnya menekan diafragma, yang letaknya ada di antara perut dan paru-paru. Tekan diafragma secara perlahan untuk mengatasi cegukan.

Pijatan juga bisa dilakukan di dua sisi leher, di mana ada denyut nada di sisi-sisi leher. Pijat bagian denyut nada atau arteri di sisi kanan dengan gerakan memutar selama lima sampai 10 detik. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Para Delegasi G20 Mengapresiasi Revitalisasi Mangrove di Bali

admin

Menurut Penelitian, Mengasuh Cucu Menjadikan Kakek dan Nenek Jadi Lebih Sehat Lho!

admin

Messenger Luncurkan Fitur Baru, Permudah Kirim Pesan ke Grup

admin