Lifestyle Nasional

Mengenal Hari Veteran Nasional yang Diperingati Tiap 10 Agustus

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Hari Veteran Nasional menjadi peringatan khusus untuk mengenang jasa para pahlawan di Indonesia. Peringatan ini ditetapkan melalui Keputusan Presiden (Keprres) Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Hari Veteran Nasional.

Sejatinya, Hari Veteran Nasional merupakan bentuk penghargaan Bangsa Indonesia untuk veteran yang sudah berjuang dan berkorban dalam membela serta mempertahankan kedaulatan Indonesia.

Selain itu, peringatan yang ditetapkan oleh Presiden Soekarno ini juga bertujuan untuk mengenang gencatan senjata pada 10 Agustus 1949, melalui perjanjian “Roem Van Royen”

Dikutip dari BPKP, veteran RI merupakan warga negara Indonesia yang tergabung dalam kesatuan bersenjata resmi yang diakui pemerintah.

Veteran juga bisa diartikan sebagai seseorang yang aktif berperang menghadapi negara lain dan atau gugur dalam pertempuran untuk membela kedaulatan Tanah Air.

Sejatinya, veteran di Indonesia dapat dibedakan menjadi tiga tingkatan, yang tertinggi yakni veteran perang kemerdekaan, veteran perang untuk mempertahankan kemerdekaan bangsa dari agresi luar negeri, dan veteran perang untuk membela kepentingan politik tertentu negaranya.

Veteran di Tanah Air akan mendapat tanda kehormatan dari Presiden RI sebagai penghargaan atas jasa perjuangan. Selain itu, veteran juga akan mendapatkan beberapa hak tertentu.

Berdasarkan Peraturan Presiden 79/2014 tentang Peraturan Pelaksanaan undang-Undang Nomor 15 Tahun 2012, terdapat beberapa hak yang diterima veteran. Di antaranya keringanan pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB), keringanan pembayaran biaya penggunaan transportasi jasa angkutan penumpang, jaminan pemeliharaan kesehatan, perlindungan hukum dan lainnya.

Selain mengenang jasa para pahlawan, peringatan ini juga diharapkan mampu menyalurkan semangat perjuangan para pejuang terdahulu kepada masyarakat, terutama generasi muda di Tanah Air. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

4 Hal Ini Mungkin Jadi Alasan Kenapa Cewek Suka Potong Rambut Setelah Putus Cinta

admin

10 Kebiasaan yang Bisa Bikin Kita Jadi Makin Pelupa, Yuk Diubah!

admin

Pastikan Stock dan Harga Pangan Jelang Nataru, Walikota Jaya Negara Bersama Forkopimda Gelar Inspeksi Ke Pasar Badung

admin