Lifestyle

Kata “WKWK” Jadi Simbol Ketawa Netizen Indonesia, Darimana Sih Asal Usulnya?

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Indonesia memiliki kata yang cukup unik untuk mengekspresikan tertawa di internet. Netizen Indonesia sering kali menggunakan kata “wkwk” untuk ekspresi kala gembira, senang, dan geli tersebut.

Penggunaan kata “wkwk” di Indonesia bisa dikatakan sangat unik. Warga dunia biasanya memilih istilah “laugh out loud”, yang sering kali disingkat lol, atau “haha” untuk menggambarkan situasi tertawa. Adapun “wkwk” hanya digunakan orang Indonesia.

Lantas, dari mana kata “wkwk” itu berasal? Pertanyaan tersebut muncul di situs tanya jawab Quora. Para anggota Quora asal Indonesia pun berlomba-lomba menjawab pertanyaan tersebut.
Salah satunya pengguna Quora bernama Dio Wijayanto Nugroho. Ia menuturkan bahwa kata “wkwk” sebenarnya lahir di komunitas online game.

Awalnya, menurut Dio, para pemain lebih gemar menggunakan kata “gua” sebagai pengganti “saya”. Lambat laun, kata tersebut pun berganti menjadi “gw” karena lebih mudah untuk diketik, pemain hanya perlu mengetikkan dua huruf.

Perubahan juga terjadi di ekspresi tertawa. Penggunaan kata “haha” dianggap sangat formal di dunia game. Pemain lebih memilih untuk menggunakan kata “huehue” dan “huahua” untuk ekspresi tertawa.

Nah, sama seperti “gua” menjadi “gw”, huruf “u” yang ada di “huehue” dan “huahua” diubah menjadi “w”. Hasilnya, pemain memilih menggunakan kata “hwhwhw”.

Kemudian, kata itu berubah lagi menjadi “wkwk” dengan alasan lebih mudah diketik dibandingkan “haha”. Pemain online game bisa mengetikkan huruf “w” tanpa menggerakkan tangan kiri. Sementara itu, huruf “k” bisa diketik tanpa menggerakkan tangan kanan. Itulah asal mula kata “wkwk”.

Johannes Sulistyo, pengguna Quora lainnya, menambahkan bahwa para pemain online game di zaman itu juga gemar menuliskan kata “ka-ka-ka” sebagai ekspresi tertawa sarkastik. Penggunaan kata itu diambil dari “ngakak”.

Lebih lanjut, penggunaan kata “wakaka” digunakan sebagai pengganti “ka-ka-ka” tersebut. Kemudian, untuk membuatnya semakin sederhana, dibuatkan kata “wkwk”. Dari situ lah lalu muncul asal mula ‘wkwk’. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Kenapa Banyak Orang Memilih Bertahan pada Hubungan yang Tak Bahagia? 6 Hal Ini Mungkin Jadi Alasannya

admin

8 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Tetap Merasa Baik dalam Situasi Tidak Baik, Simak Yuk!

admin

Dari Studi Komparasi Pokja Bunda PAUD Kota Denpasar Ke Pemkot Malang Gali Ilmu Dan Strategi Untuk Capai PAUD HI Berkualitas

admin