Lifestyle

Tubuh Mudah Lelah Padahal Tidak Beraktivitas Berat, 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Tubuh mudah lelah dapat disebabkan oleh berbagai macam kebiasaan buruk dan kondisi kesehatan yang terganggu. Namun, penyebab tubuh mudah lelah bisa terjadi karena penyakit tertentu yang menyerang tubuh.

Cara mengatasi tubuh mudah lelah bukan hanya beristirahat, melainkan harus didukung dengan penanganan berdasarkan penyebabnya. Berikut ini beberapa penyebab tubuh mudah lelah dan badan cepat capek, pusing, serta mengantuk.

1. Malas gerak
Kalau selama ini kamu menganggap kebiasaan mager bisa menghemat energi, ternyata kamu keliru. Justru kurangnya aktivitas fisik merupakan salah satu penyebab tubuh mudah lelah. Berdasarkan sebuah penelitian, orang yang rutin berolahraga memiliki lebih banyak tenaga. Maka dari itu penting untuk melakukan olahraga dan memperbanyak aktivitas fisik setiap harinya.

2. Kurang tidur
Penyebab tubuh cepat lelah yang paling utama adalah karena kurang tidur. Kurang tidur membuat proses regenerasi sel-sel tubuh menjadi terhambat. Enggak heran jika keesokan harinya tubuh menjadi tidak prima untuk beraktivitas. Untuk mengatasinya, pastikan kamu tidur selama 7 hingga 9 jam per hari.

3. Anemia
Anemia atau kekurangan sel darah merah juga menjadi penyebab badan gampang capek. Ketika mengalami anemia, pembuluh darah tidak mampu mendistribusikan oksigen serta makanan ke sel-sel tubuh. Akibatnya, sel-sel tubuh tidak bisa memproduksi energi untuk melakukan aktivitas. Cara mengatasinya adalah dengan mengonsumi makanan yang mengandung zat besi seperti seafood, sayuran hijau, dan daging merah.

4. Dehidrasi
Mudah lelah ternyata bisa disebabkan oleh kekurangan cairan atau dehidrasi. Dehidrasi biasanya terjadi karena kurang minum, keringat berlebih, banyak kencing, diare, dan muntah. Saat dehidrasi, keseimbangan zat gula dan garam jadi terganggu, sehingga tubuh tidak dapat berfungsi normal. Itulah sebabnya, minum air putih minimal 8 gelas sehari sangat dianjurkan.

5. Stres
Stres dan depresi tanpa disadari juga membuat tubuh mudah lelah. Sebab, gangguan kesehatan mental tersebut membuat tubuh kehabisan energi. Selain itu, stres juga merangsang produksi hormon adrenalin yang membuat tubuh selalu terjaga. Pada akhirnya stres memicu masalah tidur dan perubahan pola makan sehingga memperparah kelelahan.

Nah, itulah penyebab tubuh mudah lelah yang sering dialami banyak orang meski tidak beraktivitas berat. Semoga bermanfaat! (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Mulut Terasa ‘Bau Naga’ Saat Bangun Tidur? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

admin

5 Kebiasaan yang Bikin Hilang Fokus Beserta Cara Untuk Mengatasinya, Simak Yuk!

admin

Parum Bendesa Se-Kota Denpasar Sepakati Pembuatan dan Pengarakan Ogoh-ogoh Wajib Terapkan Prokes

admin