Fakta dan Mitos Lifestyle

Mitos Atau Fakta, Benarkah Minum Air Kelapa Saat Hamil Bisa Buat Kulit Bayi Putih dan Bersih?

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Sejak dulu, air kelapa dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, tak terkecuali untuk ibu hamil.  Ibu hamil sering dinasihati untuk minum air kelapa, karena disebut-sebut bisa membuat kulit bayi jadi putih. Bagaimanakah fakta medisnya? Benarkah minum air kelapa membuat kulit bayi jadi putih?

Air kelapa memang kaya akan berbagai nutrien atau zat gizi. Air kelapa diketahui mengandung vitamin C yang tinggi
Vitamin C memang baik untuk kulit, di antaranya dapat membentuk kolagen dan membuat kulit lebih kenyal dan sehat.

Akan tetapi, bukan berarti minum air kelapa saat hamil dapat mengubah pigmentasi atau warna kulit bayi agar jadi lebih putih. Faktanya, warna kulit seseorang, termasuk bayi, ditentukan oleh kadar melanin (pigmen kulit) dan dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Jadi, dapat disimpulkan bahwa anggapan minum air kelapa saat hamil bikin bayi putih jelas adalah mitos belaka.

Meski tidak terbukti membuat kulit bayi jadi putih, bukan berarti ibu hamil tak boleh atau tak dianjurkan minum air kelapa. Ada beberapa manfaat air kelapa untuk ibu hamil, di antaranya sebagai berikut:

1. Memenuhi Asupan Cairan Tubuh (Hidrasi) 
Air kelapa dapat membantu memenuhi asupan cairan ibu setiap hari. Ibu hamil bisa  terhindar dari dehidrasi yang dapat membahayakan kondisi kehamilan.

2. Menjaga Keseimbangan Elektrolit 
Pada usia kehamilan trimester pertama, ibu kerap mengalami mual dan muntah serta penurunan nafsu makan. Kondisi ini membuat ibu hamil rentan kehilangan zat elektrolit dalam tubuh. Padahal elektrolit amat penting untuk berbagai proses metabolisme tubuh. Minum air kelapa dapat membantu mengembalikan elektrolit yang hilang sehingga menjaga keseimbangan zat tersebut di dalam tubuh

3. Mengurangi Gejala Refluks Asam Lambung 
Ibu hamil rentan mengalami refluks asam lambung. Kondisi ini terjadi saat asam lambung naik ke tenggorokan. Saat hamil, refluks asam lambung dapat terjadi akibat gerakan saluran pencernaan yang berubah serta tekanan dari rahim yang membesar. Minum air kelapa dapat membantu mengatasi gejala ini sehingga mengurangi ketidaknyamanan akibat refluks asam lambung.

4. Mengandung Banyak Mikronutrien 
Air kelapa mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti kalsium, magnesium, kalium. Anda dapat membantu memenuhi kebutuhan mikronutrien dengan minum air kelapa. Tentunya, hal ini harus diseimbangkan dengan mengonsumsi makanan sehat serta suplemen kehamilan sesuai anjuran dokter.

Lantas, adakah cara atau asupan khusus untuk ibu hamil agar kulit bayi putih?Sampai saat ini, belum ditemukan adanya makanan atau minuman yang bisa bikin kulit bayi putih.  Hal yang paling penting dilakukan ibu saat hamil adalah makan makanan bergizi lengkap dan seimbang.

Pada trimester pertama, asupan asam folat merupakan salah satu yang terpenting untuk mencegah terjadinya kelainan bawaan seperti defek tuba neuralis (neural tube defect).

Pada kehamilan trimester kedua dan ketiga, asupan zat besi adalah salah satu yang harus dipenuhi guna mencegah terjadinya anemia atau kekurangan sel darah merah yang kerap dialami ibu hamil. Selain itu, mikronutrien lain pun harus dipastikan terpenuhi.

Dengan mengonsumsi makanan yang bergizi lengkap dan seimbang serta suplemen sesuai anjuran dokter, kehamilan akan lancar dan bayi pun lahir sehat. (DH/WS/DV).

 

Artikel asliC

Related posts

Ketombe Membandel Padahal Sudah Pakai Sampo Anti Ketombe? Mungkin 8 Hal Ini Jadi Penyebabnya!

admin

Kaki Kram Bikin Tak Nyaman, Ketahui Penyebab dan Cara Menanganinya Yuk!

admin

8 Manfaat Lain Kapur Tulis yang Kini Sudah Jarang Digunakan, Apa Saja Ya?

admin