Kuliner Lifestyle

Resep Membuat Churros, Jajanan Asal Spanyol yang Renyah dan Mudah Dibuat, Anti-Ribet!

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Churros adalah salah satu cemilan khas yang berasal dari Spanyol. Banyak yang mengatakan bahwa Churros adalah donat ala Spanyol. Rasanya memang mirip donat, teknik membuatnya pun sama seperti donat, yaitu dengan cara digoreng. Hanya saja, bentuk Churros lebih unik.

Tidak bulat dan berlubang pada tengahnya, melainkan panjang seperti tongkat. Topping-nya pun tidak dioles di atas permukaan seperti donat, melainkan Churros harus dicelup ke dalam cokelat leleh.

Tertarik untuk membuatnya? Berikut resep cara membuat churros anti-ribet yang wajib anda coba praktekkan.

Bahan untuk churros:
* 1 gelas air
* 6 sdm mentega
* 2 sdm gula pasir
* 1 sendok teh ekstrak vanila murni
* 1 cangkir tepung serbaguna
* 1 sendok teh garam
* 2 telur yang besar
* Minyak sayur, untuk menggoreng
* Gula kayu manis

Untuk membuat saus cokelat:
* ¾ cup keripik coklat hitam
* ¾ cup krim kental
* 1 sendok teh kayu manis giling
* 1/4 sdt garam

Langkah membuatnya:
Membuat churros:
1. Dalam panci besar di atas api sedang, tambahkan air, mentega, dan gula. Masak hingga mendidih, lalu tambahkan vanili. Matikan api dan tambahkan tepung dan garam. Aduk dengan sendok kayu hingga mengental, 30 detik. Biarkan campuran dingin selama 10 menit.

2. Untuk mendinginkan adonan, gunakan hand mixer, kocok telur satu per satu hingga tercampur. Pindahkan campuran ke dalam piping bag yang dilengkapi dengan ujung bintang besar yang terbuka.

3. Dalam panci besar di atas api sedang, tambahkan minyak secukupnya sampai setengah sisi dan panaskan hingga 375 °. Pegang kantong pemipaan beberapa inci di atas minyak, pipa churros dengan hati-hati ke dalam tali sepanjang 6 cm. Gunakan gunting dapur untuk memotong adonan dari kantong perpipaan.

4. Goreng hingga keemasan, 4 hingga 5 menit, balikkan seperlunya. Goreng 3 hingga 4 churros sekaligus dan biarkan minyak kembali ke 375 ° sebelum setiap batch. Keluarkan churros dengan sendok berlubang atau penjepit dan segera gulingkan churros dengan gula kayu manis, lalu letakkan di rak pendingin.

5. Membuat saus celup cokelat:
* Tempatkan keping cokelat dalam mangkuk tahan panas sedang. Lalu panaskan dalam panci kecil di atas api sedang, didihkan krim kental. Tuang krim panas di atas keping cokelat dan diamkan selama 2 menit. Tambahkan kayu manis dan garam, lalu aduk secara merata.

6. Sajikan churros dengan saus cokelat.

Tips: Penting untuk dicatat bahwa waktu pendinginan sekitar 10 menit sebelum menggoreng agar adonannya tidak hancur. Resep diatas dikutip dari situs delis.com. Selamat Mencoba! (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Tindak Lanjuti Arahan Pj Gubernur Bali Terkait Pengelolaan Pantai Kuta, Bupati Giri Prasta: Wajib Berbenah

admin

Pemkot Denpasar Gelar Upacara Wana Kerthi dan Nguduh Sarwa Tumuwuh Peringati Hari Tumpek Wariga

admin

Perlu Strategi! Ini 6 Kesalahan Reseller Pemula yang Bikin Bisnis Jadi Kurang Menguntungkan

admin