Lifestyle

Hidung Tersumbat Bikin Susah Tidur dan Tak Nyaman? Coba Atasi dengan 5 Bahan Alami Berikut Ini

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Infeksi virus, flu, pilek, sinusitis, dan alergi acapkali menyebabkan gejala hidung tersumbat. Kendati hidung tersumbat biasanya bisa sembuh sendiri setelah akar penyebabnya diatasi, namun masalah kesehatan ini bikin tak nyaman.

Tak hanya membuat pernapasan tak lega, terkadang penderita hidung tersumbat sampai susah tidur di malam hari. Bagi Anda yang sedang bergelut dengan masalah ini, berikut beberapa obat hidung tersumbat alami yang bisa dijajal di rumah:

1. Uap hangat
Uap hangat dapat membantu melembapkan saluran pernapasan yang kering dan tersumbat. Melansir Patient, orang dewasa bisa menghirup uap hangat dari air panas yang dituang ke mangkuk atau baskom kecil dan diletakkan di meja.

Agar lebih nyaman di saluran pernapasan, teteskan sedikit minyak kayu putih. Hirup uap hangat tersebut selama lima sampai 10 menit, atau sampai saluran napas lebih lega.

Bagi anak-anak, metode aman menghirup uap hangat yakni di kamar mandi yang dilengkapi pemanas air. Caranya nyalakan keran air panas, lalu temani anak duduk di kamar mandi selama 10 menit sembari menghirup uap hangat.

2. Larutan garam
Semprotan larutan garam atau saline water juga dapat membantu membersihkan hidung tersumbat. Gunakan semprotan larutan garam (nasal saline spray) yang tersedia di toko obat atau apotek untuk cuci hidung. Cuci hidung secara teratur bisa membantu membersihkan saluran pernapasan dengan melunakkan kotoran yang menyumbat hidung.

3. Obat gosok atau balsam
Obat hidung tersumbat alami lainnya yakni obat gosok atau balsam. Anda bisa memilih bahan yang nyaman di kulit seperti kayu putih, mentol, peppermint, dan sebagainya. Cara mengatasi hidung tersumbat dengan obat gosok atau balsam cukup mudah. Tinggal oleskan minyak atau obat ini ke bagian dada, sehingga uapnya bisa terhirup ke hidung.

4. Air hangat
Melansir Everyday Health, minum air hangat seperti air putih hangat, teh chamomile, air perasan lemon dan madu, teh hijau, seduhan jahe, atau kuah sup bisa membantu melegakan hidung tersumbat. Kendati manfaat air hangat sebagai obat hidung tersumbat alami sebatas plasebo atau hanya membantu secara psikologis, namun banyak orang merasa hidungnya lebih nyaman setelah mengonsumsi cairan ini.

5. Bawang putih
Kandungan zat antibakteri dan antijamur dalam bawang putih juga dapat membantu mengatasi hidung tersumbat. Cara menghilangkan bawang putih untuk hidung tersumbat cukup praktis. Anda tinggal makan bawang putih. Atau, bila tidak tahan dengan rasa pedas bawang putih mentah, coba gunakan beberapa siung bawang putih sebagai bumbu masakan. Hindari menempelkan bawang putih pada hidung secara langsung karena bisa mengiritasi kulit.

Apabila beragam obat hidung tersumbat alami di atas sudah dijajal dan masalah kesehatan ini tak kunjung sembuh, pertimbangkan untuk berkonsultasi ke dokter. Terutama jika problem ini tak kunjung membaik setelah satu minggu dan Anda tidak yakin dengan penyebab mendasar hidung tersumbat. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Sering Disepelekan, 3 Perhatian Sederhana Ini Sangat Disukai Pasangan Lho!

admin

Kencing Berbau Menyengat? Yuk Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya!

admin

5 Resep Lauk Kukus yang Enak dan Mengenyangkan, Bisa Jadi Menu Sarapan Sehat Nih!

admin