Health Kuliner Lifestyle

Selain Digunakan Sebagai Penyedap Makanan, Ini 7 Manfaat Rebusan Daun Salam bagi Kesehatan

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Daun salam biasa kita temui di dapur untuk digunakan sebagai bahan penyedap makanan. Namun, ternyata daun salam juga bisa memberikan manfaat lain selain untuk keperluan dapur. Daun salam dipercaya dapat mengatasi beberapa masalah pada tubuh.

Daun salam memiliki sifat antioksidan, antiseptik, dan antikanker, sehingga dapat berguna bagi kesehatan tubuh. Anda bisa membuat ramuan alami berupa rebusan air dari daun salam ini untuk mendapatkan khasiat dari daun salam.

Berikut ini manfaat daun salam bagi kesehatan tubuh. Dalam merebusnya, perlu diperhatikan untuk selalu mencuci daun salam ini terlebih dahulu dan rebus daun ini sampai benar-benar matang.

1. Mengatasi Masalah Rambut
Manfaat rebusan daun salam yang pertama adalah untuk mengatasi masalah rambut. Daun salam dikenal dapat mengatasi ketombe yang membandel. Selain itu, daun salam juga berguna untuk mengurangi kerontokan rambut.

Caranya dengan merebus daun salam dengan air secukupnya. Kemudian, setelah dingin, gosokkan pada kulit kepala yang telah dibersihkan. Rebusan daun salam tersebut akan membantu mengatasi masalah rambut seperti kerontokan hingga ketombe.

2. Menurunkan Berat Badan
Manfaat rebusan daun salam yang kedua yaitu dapat membantu menurunkan berat badan. Rebusan daun salam ini cocok bagi Anda yang sedang melakukan program diet.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa meminum rebusan daun salam ini. Caranya dengan merebus 1 liter air dengan 1 sendok makan kayu manis, 6 lembar daun salam, dan 1 sendok makan madu murni. Minum air rebusan ini di pagi hari saat perut masih kosong.

3. Meredakan Batuk
Manfaat rebusan daun salam yang ketiga adalah dapat meredakan batuk. Jika Anda atau anggota keluarga sedang terkena batuk, bisa menjadikan daun salam sebagai obat alami untuk meredakan batuk.

Untuk mendapatkan manfaatnya, cukup dengan merebus 3 lembar daun salam, kemudian diamkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, rendam kain dalam rebusan tersebut dan usapkan di bagian dada. Cara ini dapat Anda coba untuk membantu meredakan flu dan batuk.

4. Mengatasi Asam Urat
Manfaat rebusan daun salam yang keempat yaitu dapat digunakan untuk mengatasi asam urat. Asam urat adalah kondisi nyeri dan pembengkakan yang terjadi pada area sendi. Anda bisa menjadikan daun salam sebagai cara alami untuk mengatasi penyakit ini.

Caranya yaitu dengan merebus daun salam dengan 10 gelas air. Tunggu hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Minumlah air rebusan daun salam ini dua kali sehari. Jika membuatnya dengan takaran yang tepat, Anda akan merasakan manfaatnya.

5. Mencegah Batu Ginjal
Manfaat rebusan daun salam yang kelima yaitu dapat mengatasi penyakit batu ginjal. Penyakit ini biasanya muncul akibat tubuh kekurangan asupan air putih, sehingga terjadi penumpukan zat kapur.

Anda bisa melakukan tindakan pencegahan untuk penyakit ini dengan mengonsumsi daun salam. Caranya dengan merebus beberapa lembar daun salam hingga mendidih, kemudian minum selagi hangat sebanyak 2 kali sehari.

6. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Manfaat rebusan daun salam yang selanjutnya adalah untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Daun salam memiliki kandungan senyawa flavonoid, sehingga dengan mengonsumsi air rebusan daun salam dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda dapat meminum air rebusan dari daun salam ini. Caranya dengan merebus 8-10 daun, dan meminum air rebusan tersebut satu kali dalam sehari.

7. Mencegah Penyakit Jantung
Manfaat rebusan daun salam yang terakhir adalah untuk mencegah penyakit jantung. Daun salam memiliki kandungan berupa zat polifenol, yang mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah, sehingga dapat mencegah komplikasi penyakit jantung.

Anda bisa mencoba merebus 10 lembar daun salam dengan 3 gelas air untuk disaring, kemudian diminum dalam keadaan hangat secara rutin. Kandungan daun salam seperti asam caffeic, fitonutrien, dan senyawa salisilat diyakini juga bisa membantu mencegah stroke.
Bahkan kandungan flavonoidnya bisa membantu menstabilkan tekanan darah yang merupakan pemicu penyakit jantung. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Carilah Pasangan yang Enak Diajak Berbagi Cerita, Ini Alasannya

admin

5 Kebiasaan Kecil yang Bisa Tingkatkan Kualitas Diri, Yuk Terapkan!

admin

Resep Jus Nanas Wortel Jahe, Minuman Segar yang Menyehatkan

admin