Lifestyle Uncategorised

Sering Dibuang, Bagian Putih Semangka Ternyata Miliki Banyak Manfaat Untuk Kesehatan, Apa Saja?

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Semangka sering dijadikan sebagai buah favorit oleh banyak kalangan. Buah berkulit hijau ini memiliki daging yang merah, dengan rasa manis dan segar yang khas sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi kala siang hari.

Bagi yang sangat hobi makan semangka, pernahkah Anda berpikir untuk mengonsumsi bagian putih yang menjadi pembatas antara kulit luar dan daging di dalam? Daging putih semangka memang memiliki rasa hambar dan tekstur yang keras, sehingga sering diabaikan atau dibuang begitu saja. Padahal, bagian tersebut menyimpan banyak gizi yang bisa mengundang banyak manfaat kesehatan, lho!

Menurut dr. Devia Irine Putri, bagian putih semangka sebenarnya bertugas untuk mengunci air sehingga daging bagian dalam yang berwarna merah akan terjaga kesegarannya. Tidak hanya itu, daging putih semangka juga ternyata dikonsumsi dan mengundang beragam manfaat sehat sebagai berikut ini.

1. Mengoptimalkan Kejantanan Pria
Berdasarkan salah satu penelitian yang terbit dalam jurnal National Library of Medicine, daging putih semangka memiliki kandungan L-citrulline yang disinyalir bisa membantu mengatasi disfungsi ereksi derajat ringan hingga sedang. Tidak hanya itu, daging putih semangka juga bisa membantu mengoptimalkan gairah seksual berkat kandungan asam citrullin yang tinggi.

2. Menjaga Kestabilan Tekanan Darah
Senyawa citrulline yang ada di daging putih semangka juga bisa membantu memperlancar aliran darah sehingga membuat tubuh terasa lebih segar dan bertenaga. “Selain itu, senyawa tersebut juga bisa menjaga tekanan darah tetap stabil,” ungkap dr. Devia.

3. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan
Punya masalah konstipasi atau sembelit? Cobalah untuk mengonsumsi daging putih semangka secara rutin dan teratur. Berdasarkan dr. Devia, bagian yang sering dianggap limbah ternyata memiliki kandungan serat yang bisa membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.“Daging putih semangka bisa membantu melancarkan buang air besar, menjaga kadar gula darah dan berat badan tetap stabil,” tutur dr. Devia.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Daging putih semangka memiliki kandungan vitamin A, C, potasium, dan antioksidan. Senyawa tersebut dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah dampak buruk radikal bebas. Dengan mengonsumsi daging putih semangka secara rutin dan teratur, risiko Anda untuk terkena penyakit infeksi bisa lebih diminimalkan.

5. Menjaga Kesehatan Kulit
Ingin kulit yang sehat dan tampak awet muda? Cobalah untuk mengonsumsi daging putih semangka secara rutin dan teratur. “Kandungan vitamin dan antioksidan yang ada di dalam bagian putih semangka juga bisa menjaga kesehatan kulit,” jelas dr. Devia.

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menikmati daging putih semangka. Beberapa di antaranya, yaitu menjadikannya campuran jus, mengolahnya menjadi manisan atau acar, dan ditumis untuk dijadikan lauk saat menyantap nasi putih.

Kendati demikian, Anda tetap harus berhati-hati saat mengonsumsi daging putih semangka. Anda disarankan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Faktanya, kebanyakan mengonsumsi daging putih semangka bisa memicu munculnya efek samping merugikan. “Efek sampingnya jika dikonsumsi berlebihan biasanya berhubungan dengan masalah di saluran pencernaan. Misalnya, diare, mual atau muntah,” ujar dr. Devia.

“Hati-hati juga kalau punya kondisi hipertensi dan harus rutin mengonsumsi obat tekanan darah tinggi. Takutnya daging putih semangka bisa menimbulkan efek hipotensi atau tekanan darah sangat rendah,” sambungnya.

Tertarik dengan manfaat daging putih semangka bagi kesehatan? Tetap ingat untuk membatasi porsi saat mengonsumsinya, supaya tidak muncul efek samping yang merugikan kesehatan, ya! (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

5 Resep Racikan Anti Gemuk dari Jahe dan Jeruk Nipis, Yuk Coba!

admin

5 Resep Bolu Coklat Kukus Buat Teman Ngeteh, Enak dan Empuk!

admin

Tiba-Tiba Jadi Pilek Saat Makan Makanan Pedas, Apa Ya Penyebabnya?

admin