Lifestyle

Gusi Bengkak Bikin Tak Enak Makan? Coba Tips Ini Untuk Mengatasinya

DenpasarViral.com - istimewa

DenpasarViral.com, Denpasar – Masalah gusi bengkak dipastikan pernah dialami semua orang. Rasanya nggak enak banget. Apalagi saat perut lapar. Pas mau makan tapi karena gusi bengkak pasti nggak nyaman.

Umumnya gusi bengkak disebabkan iritasi, hormon, obat tertentu, kalkulus dan kekurangan vitamin C. Nah berikut ini beberapa tips yang bias kamu lakukan sebagai cara mengobati gusi bengkak.

1. Kompres dengan es atau air hangat
Gusi bengkak seringkali menyebabkan kondisi tidak nyaman dalam berbagai situasi karena menyebabkan munculnya darah dan bau mulut. Terlebih lagi kondisi ini dapat disertai dengan rasa nyeri yang sangat dahsyat.  Karena itu, mengobati masalah gusi bengkak dengan mengompres adalah salah satu cara yang bisa dilakukan.

Pasalnya batu es dinilai bisa mengurangi  rasa nyeri dan pembengkakan gusi.  Tapi sebaiknya sih mengompres gusi bengkak dengan air hangat apabila disertai dengan nyeri berdenyut.  Hal ini bertujuan untuk meringankan rasa sakit yang bisa semakin bertambah ketika terkena suhu dingin.

2. Berkumur dengan air garam
Masalah gusi bengkak juga bisa diatasi dengan berkumur menggunakan air garam. Hal ini karena garam yang telah larut dalam air mengandung senyawa yang mampu mencegah pertumbuhan bakteri dan mengatasi peradangan. Kamu perlu melarutkan garam pada sedikit air untuk berkumur. Lakukan beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang optimal.

3. Berkumur dengan air lemon
Selanjutnya, kamu juga bisa memanfaatkan air lemon untuk mengatasi masalah gusi bengkak. Kandungan asam dalam buah lemon yang dilarutkan pada sedikit air berfungsi sebagai alkali alami untuk menyeimbangkan kadar pH mulut. Untuk hasil maksimal, kamu bisa memanfaatkan air hangat dengan berkumur sebanyak 3 kali dalam sehari.

4. Oleskan bahan alami pada gusi
Mengobati masalah gusi bengkak dapat dilakukan dengan memanfaatkan beberapa bahan alami untuk dioleskan pada gusi yang bermasalah. Misalnya kamu bisa memanfaatkan belimbing wuluh karena terbukti efektif untuk membasmi bakteri pada mulut. Gunakan belimbing yang belum matang untuk ditumbuk hingga halus lalu dioleskan.

Bahan alami lain yang juga bisa dimanfaatkan adalah merica. Kandungan zat inflamasi dan analgesik yang terdapat pada merica terbukti mampu mengatasi gusi bengkak dan rasa nyeri yang ditimbulkan. Kamu bisa membuat campuran merica, garam, dan sedikit air agar membentuk pasta dan dioleskan pada gusi yang bengkak.

5. Hindari penyebab iritasi
Untuk mengatasi masalah gusi bengkak, alangkah baiknya jika hal-hal yang menyebabkan iritasi dan memicu pembengkakan gusi perlu dihindari. Beberapa kebiasaan buruk seperti mengkonsumsi minuman beralkohol maupun merokok perlu dihentikan agar iritasi pada gusi bisa segera disembuhkan.

6. Lakukan kebiasaan baik dengan menyikat gigi
Selain itu, kebiasaan baik dengan menyikat gigi juga perlu dipraktikkan setiap hari demi menjaga kesehatan mulut. Kamu dapat menyikat gigi setidaknya 2 kali dalam sehari untuk mengatasi masalah itu. Tentu saja, penggunaan sikat gigi dan pasta gigi juga perlu diperhatikan dengan baik.

Meskipun terlihat sepele, kesehatan gigi dan mulut wajib diperhatikan. Pasalnya, masalah ringan hingga parah seringkali mudah terjadi pada mulut karena mudah terkontaminasi bakteri. (DH/WS/DV).

 

Artikel asli

Related posts

Hadiri Pelantikan Kepengurusan DPC GERKATIN Kota Denpasar Wawali Arya Wibawa: Tingkatkan Kompetensi, Wujudkan Kesejahteraan Disabilitas

admin

5 Variasi Resep Kue Dorayaki yang Empuk dan Lembut, Cocok untuk Camilan

admin

Rasanya Seperti Digerayangi Semut, Apa Sebenarnya Penyebab Kesemutan Ya?

admin